17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul5   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemprov NTB: Pentingnya Kolaborasi untuk UMKM Naik Kelas dan Pengembangan Ekonomi

blokbojonegoro.com | Saturday, 11 December 2021 12:00

Pemprov NTB: Pentingnya Kolaborasi untuk UMKM Naik Kelas dan Pengembangan Ekonomi

 

Reporter: Nidlomatum MR

blokBojonegoro.com - Banyak pelajaran diambil dari kegiatan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Barusan Muda Wirausaha Indonesia (BMWI) menggelar Webinar Gerakan Kolaborasi Mencapai Potensi Ekonomi Global Melalui Peran Wirausaha Indonesia. 

Terlebih pembelajaran tentang peningkatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Kegiatan yang dilaksanakan melalui virtual zoom meeting kali akan dihadiri berbagai stakeholder di bidang ekonomi. Salah satunya dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berbagi program pemerintahan dalam mengelola UMKM di NTB.

Di antaranya sehubungan sinergi antara Pemprov dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk mensukseskan UMKM naik kelas. Menurutnya, pendampingan UMKM tidak hanya urusan provinsi tapi juga bersinergi dengan kabupaten kota.

"Provinsi kewenangan nya hanya pendampingan usaha menengah sementara untuk kecil dan mikro merupakan tugas Pemkab/Pemkot," ujar Asisten II Provinsi NTB, Ir. Muhammad Husni, MSi.

Selanjutnya M.Husni menegaskan bahwa tugas pemerintah tidak hanya pendampingan tapi juga bagaimana mengupayakan UMKM naik kelas. Sehingga usahanya tidak stagnan tapi berkembang. 

"Jadi, yang usaha mikro dan kecil bisa meningkat ke menengah, dan butuh sinergitas untuk terlaksananya hal itu," tandasnya

Lebih lanjut, selain hal-hal itu juga perlu peningkatan SDM para pelaku usaha dan juga kolaborasi semua pihak untuk memasarkan hasil UMKM. "Seperti kami Pemprov NTB, mewajibkan para pegawai Pemkab untuk membeli Sembako ke UMKM, sehingga memberdayakan usaha mereka. Kami juga membuka kerjasama dengan Pemprov lain untuk saling berbagi memasarkan hasil UMKM masing-masing daerah," tuturnya.

Di akhir sambutan, M.Husni berterima kasih kepada BMWI mohon untuk sentuhan lain untuk BMWI untuk Pemprov maupun kabupaten kota untuk mengembangkan UMKM yang ada di Provinsi NTB. [lis]

 

 

Tag : UMKM, BMWI, Pemprov



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat