18:00 . Rangkaian HAB Kemenag, Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat Bareng Kemenag   |   14:00 . Polres Bojonegoro Bakal Gelar Operasi Pekan Depan, Ini Sasarannya!   |   12:00 . Berjalan Alot, Rekapitulasi Suara Pemilu Tingkat Kabupaten di Bojonegoro Makan Waktu 5 Hari   |   11:00 . Operasi Keselamatan 2024, Kapolres: Patuhi Aturan Lalu Lintas   |   09:00 . Jalan Bergelombang Kota Migas Makan Korban Truk Permen   |   18:00 . Bawaslu Bojonegoro Temukan Dugaan Pergeseran Suara di 120 TPS   |   16:00 . Suara Abdullah Umar Meroket, Potensi Kembali Duduki Ketua DPRD Bojonegoro   |   13:00 . Jumat Ceria, Polsek Kedungadem Baksos Kunjungi Rumah-Rumah   |   13:00 . Jalan Gelombang, Truk Muatan Permen Terguling   |   22:00 . KPU Bojonegoro Selesaikan Rekapitulasi Suara Pemilu   |   21:00 . Buat Acara Ngak Ribet, di D'Konco Cafe Saja   |   20:00 . Mama-Mama Ceria, Arisan di D'Konco Cafe   |   18:00 . Kocak! Bawa Jimat Anti Tilang, Pemotor di Bojonegoro Tetap Ditilang Polisi   |   15:00 . Kepala dan Sekretaris BPBD Bojonegoro Dimutasi, Ini Penggantinya!   |   13:00 . 28 Pejabat Administrator di Pemkab Bojonegoro Dimutasi, Ini Daftarnya!   |  
Sat, 02 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sempat Terlilit Utang, Warga Kepohbaru Sukses Usaha Pembenihan Lele

blokbojonegoro.com | Tuesday, 14 December 2021 18:00

Sempat Terlilit Utang, Warga Kepohbaru Sukses Usaha Pembenihan Lele Ahmad Qomaruddin tengah memberi makan lele hasil budidayanya. (blokbojonegoro/Lizza A)

 

Reporter: Lizza Arnofia 

blokBojonegoro.com - Meski sempat jatuh bangun dan terlilit utang mencapai ratusan juta di bank, akhirnya pengusaha Ahmad Qomaruddin kini bisa bangkit. Warga asal Desa Tlogorejo, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro itu tidak berkecil hati, bahkan bangkit dengan memulai usaha di bidang budidaya pembenihan lele.

Menurutnya, setiap bulan pihaknya mampu menghasilkan 600 ribu ekor bibit lele yang didistribusikan melalui pembudidaya lele lain.

"Alhamdulillah melalui kemauan yang kuat dan ketulusan. Usaha pembenihan lele ini berkembang dan terlepas dari beban utang," tegas Udin sapaan karibnya.

Usaha yang ia geluti sejak tahun 2008 dengan fokus di pembibitan lele. Menurut Udin, kunci sukses budidaya lele harus dari turunan bibit serta pola pemeliharaan yang baik pula. Bahkan hingga kini ia masih konsen dalam hal menjaga kualitas bibit lele tersebut.

"Dengan pengalaman dan menjaga kejujuran akhirnya saya dipercaya oleh perusahaan pakan swasta sebagai mitra kerja," ungkap pria asal Tlogorejo kepada blokBojonegoro.com.

Dari kerjasama dengan perusahaan tersebut kini lokasi pembenihan miliknya sukses menjadi salah satu tempat untuk riset dan pengembangan pakan lele.

Tidak berhenti di sini, Udin juga mampu menginspirasi warga sekitar untuk turut serta memberdayakan budidaya lele. Bahkan hingga kini karyawan tetap tercatat tiga orang dan ada sebanyak 30 pembudidaya lele untuk pembesaran atau konsumsi.

"Bersyukur sekali selama 14 tahun berjalan, kini sudah menjadi lokasi riset pemberdayaan bibit lele. Serta mampu memberdayakan warga sekitar," imbuh udin.

Ia berharap, dengan adanya budidaya pembenihan lele ini. Nantinya dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. Terutama kepada para pemuda untuk turut serta bergabung, belajar dan bekerjasama.

"Saya membuka seluas-luasnya bagi siapa pun yang mau bergabung, belajar dan bekerjasama pembibitan benih lele. Dengan harapan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat," harapnya. [liz/lis]

 

 

 

 

 

Tag : Budidaya, lele, warga, benih



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat