19:00 . Tren Hijab Segi Empat dan Pashmina Warna Pastel Jadi Idola   |   18:00 . Peringati Hari AIDS, STIKes Rajekwesi Edukasi Masyarakat   |   17:00 . Siapkan Atlet Muda, Igornas Jatim Gelar Balap Sepeda di Bojonegoro   |   15:00 . Damisda Buat Program Pemkab Lebih Terukur   |   14:00 . Berikut Para Juara Lomba pada Gebyar PAI SMA   |   13:00 . MGMP PAI Bojonegoro Gali Minat dan Bakat Siswa Melalui Lomba   |   11:00 . SMP Negeri 1 Kapas Terapkan Program Desasari   |   08:00 . Efek Kepak Sayap Kupu-Kupu   |   17:00 . Akibat Luapan Kali Pacal, Jembatan Penghubung di Sidobandung Ambruk   |   16:00 . BKC Bersama Pemuda Tlogohaji, dan Babinsa Sinergi Perbaiki Rumah Mbah Urip   |   07:00 . Para Orang Tua Wajib Paham, Ini 4 Tanda Anak Cerdas   |   18:00 . Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas   |   17:00 . BMKG: Waspada Cuaca 3 Hari Mendatang   |   15:00 . 5 Organisasi Profesi Kesehatan Tolak RUU Kesehatan   |   13:00 . Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa   |  
Mon, 05 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sempat Terlilit Utang, Warga Kepohbaru Sukses Usaha Pembenihan Lele

blokbojonegoro.com | Tuesday, 14 December 2021 18:00

Sempat Terlilit Utang, Warga Kepohbaru Sukses Usaha Pembenihan Lele Ahmad Qomaruddin tengah memberi makan lele hasil budidayanya. (blokbojonegoro/Lizza A)

 

Reporter: Lizza Arnofia 

blokBojonegoro.com - Meski sempat jatuh bangun dan terlilit utang mencapai ratusan juta di bank, akhirnya pengusaha Ahmad Qomaruddin kini bisa bangkit. Warga asal Desa Tlogorejo, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro itu tidak berkecil hati, bahkan bangkit dengan memulai usaha di bidang budidaya pembenihan lele.

Menurutnya, setiap bulan pihaknya mampu menghasilkan 600 ribu ekor bibit lele yang didistribusikan melalui pembudidaya lele lain.

"Alhamdulillah melalui kemauan yang kuat dan ketulusan. Usaha pembenihan lele ini berkembang dan terlepas dari beban utang," tegas Udin sapaan karibnya.

Usaha yang ia geluti sejak tahun 2008 dengan fokus di pembibitan lele. Menurut Udin, kunci sukses budidaya lele harus dari turunan bibit serta pola pemeliharaan yang baik pula. Bahkan hingga kini ia masih konsen dalam hal menjaga kualitas bibit lele tersebut.

"Dengan pengalaman dan menjaga kejujuran akhirnya saya dipercaya oleh perusahaan pakan swasta sebagai mitra kerja," ungkap pria asal Tlogorejo kepada blokBojonegoro.com.

Dari kerjasama dengan perusahaan tersebut kini lokasi pembenihan miliknya sukses menjadi salah satu tempat untuk riset dan pengembangan pakan lele.

Tidak berhenti di sini, Udin juga mampu menginspirasi warga sekitar untuk turut serta memberdayakan budidaya lele. Bahkan hingga kini karyawan tetap tercatat tiga orang dan ada sebanyak 30 pembudidaya lele untuk pembesaran atau konsumsi.

"Bersyukur sekali selama 14 tahun berjalan, kini sudah menjadi lokasi riset pemberdayaan bibit lele. Serta mampu memberdayakan warga sekitar," imbuh udin.

Ia berharap, dengan adanya budidaya pembenihan lele ini. Nantinya dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. Terutama kepada para pemuda untuk turut serta bergabung, belajar dan bekerjasama.

"Saya membuka seluas-luasnya bagi siapa pun yang mau bergabung, belajar dan bekerjasama pembibitan benih lele. Dengan harapan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat," harapnya. [liz/lis]

 

 

 

 

 

Tag : Budidaya, lele, warga, benih



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat