20:00 . Minibus Adu Banteng dengan Truk, Satu Orang Meninggal   |   19:00 . Pintu Air Waduk Pacal Macet, BPBD Terus Berkoordinasi BBWS Cegah Potensi Banjir Susulan   |   18:00 . Bupati Anna Resmikan Pasar Burung Bagi Para Bird Lovers   |   16:00 . Student Agency, Tantangan Guru Masa Kini   |   15:00 . Lagi Turun, Harga Antam Dijual Mulai Rp539.500   |   13:00 . Hujan, Ini Tips Saat Berkendara dengan Motor   |   19:00 . Viral Pengantin Nikah Saat Banjir, Netizen: Doa Mantan Terkabulkan   |   18:00 . Viral, Warga Sukosewu Langsungkan Pernikahan di Tengah Banjir   |   15:00 . Ini Tips Tetap Bugar dan Tingkatkan Imun Ala Tirta Ayu Spa   |   13:00 . Pernikahan Dini Marak, APPA dan PA Bojonegoro Bersinergi Bersama   |   11:00 . Inilah Nama Pemenang Fashion Street Fruit and Veggie Competition   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Insan UPG dari KPK   |   09:00 . Teknologi Informasi dan Komunikasi Berkembang, Jurnalis Harus Adaptasi dengan Tantangan   |   21:00 . Pengunjung BNFF Tumpah Ruah   |   18:00 . STIKES Rajekwesi Bojonegoro Borong Dua Juara   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bupati Bojonegoro Resmikan Pasar Wisata Seluas 15.335,7 Meter Persegi

blokbojonegoro.com | Friday, 07 January 2022 13:00

Bupati Bojonegoro Resmikan Pasar Wisata Seluas 15.335,7 Meter Persegi Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah saat meresmikan pasar. (blokbojonegoro.com/Lizza)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Guna mendukung perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, melaksanakan peresmian Pasar Wisata/Pasar Banjarejo II yang di bangun di atas tanah seluas 15.335,7 meter persegi.

Kepala Dinas PKP Cipta Karya Bojonegoro, Adie Witjaksono, mengatakan, LPSE Kabupaten Bojonegoro. Pembangunan Pasar Wisata dibangun melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya dengan sumber pembiayaan dari APBD Kabupaten Bojonegoro Tahun Anggaran 2021, dengan nilai pagu sebesar Rp. 73.645.752.000,00.

"Luas total bangunan yakni seluas 15.335,6 meter persegi. Terdiri dari dua bangunan yaitu Gedung A dan Gedung B masing-masing dua lantai, di dalamnya terdapat sebanyak 206 kios, 951 los basah dan 559 los kering," tegas Adie Witjaksono.

Lanjut, sejumlah fasilitas diantaranya mushala dan kamar mandi di setiap lantai. Serta fasilitas umum lain yaitu meliputi kantor pengelola pasar, lahan parkir luas yang dapat menampung sekitar 39 mobil dan 112 motor.

"Pasar wisata juga dilengkapi dengan fasilitas tempat bongkar muat barang. Fasilitas K3, seperti instalasi fire hydrant dan fire alarm sistem. Kemudian untuk pengelolaan lingkungan, Pasar Wisata dilengkapi juga dengan IPAL dan TPS," paparnya.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awannah, menyampaikan pembangunan pasar wisata adalah salah satu program yang tertuang di RPJMD. Dari tujuh belas program besar itu salah satunya yaitu modernisasi pasar-pasar tradisional.

Dijelaskan terkait konsep modernisasi pasar terdiri atas. Minimal sarana prasarana, management pasar, tata kelola. "Nama pasar wisata ini bukan tempat untuk jalan-jalan, namun di sini akan memberikan pelayanan yang seolah bukan pasar tradisional. Pembangunan juga telah diatur sedemikian rupa," sambung Bupati Anna.

Masih menurut penuturan Bupati Anna, seluruh fasilitas yang disediakan. Baik lantai bawah basah dan lantai atas kering, dibangun untuk mengantisipasi apabila di atas/basah dan dikhawatirkan bocor.

Pembangunan Pasar Modern ini sebenarnya telah direncanakan pada tahun 2019 yang lalu. Namun seiring berjalannya waktu kala itu terjadi wabah Covid-19.

"Sehingga baru terealisasi di tahun 2021 dengan biaya atau anggaran yang cukup signifikan. Dan diharapkan dapat memberikan sarana serta prasarana menyenangkan bagi penjual dan pembeli yang berkunjung," imbuhnya.

Untuk membuat pasar ramai tentu juga memiliki kekuatan. Baik antar penjual/pedagang harus bersedia toleransi, bahkan Bupati juga mengimbau kepada Sekretaris Daerah Bojonegoro agar mengajak dan mewajibkan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS), serta THL untuk berbelanja di pasar wisata agar segera ramai.

"Penjual juga harus memberikan pelayanan yang baik, di situlah pasar wisata akan ramai. Kita juga akan memberikan insentif-insentif dan menata sebaik mungkin," pungkasnya. [liz/lis]

 

Tag : Pemkab, peresmian, pasar, wisata



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat