21:00 . Empat Karyawan PT WBS Dihadirkan Sebagai Saksi   |   20:00 . Sewa Lahan PT KAI Dinilai Mahal, Ratusan Warga Pasirkambang Wadul DPRD Bojonegoro   |   19:00 . Pelamar Non Honorer Bisa Daftar Seleksi PPPK 2023, Dibuka 2.844 Formasi PPPK   |   18:00 . Kemenag Bojonegoro Beri Pembinaan dan Pembekalan 40 Peserta MTQ Kabupaten   |   17:00 . Pemkab Bojonegoro Buka 2.844 Formasi PPPK Guru, Kesehatan dan Teknis   |   16:00 . Kisah Joni, 5 Tahun Jadi Driver Bupati Anna   |   15:00 . Unugiri Bojonegoro Launching Pojok Statistik   |   14:00 . Keluarga Santri dan Alumni Langitan Sejak 2017 Buka Usaha di Kepohbaru   |   13:00 . Kurangnya Kesadaran Warga, Banyak Sampah di Bawah Jembatan Pasar Kedungadem   |   12:00 . Hingga 2023 ada 1.655 Keluarga Binaan dari Program Aku Sehat   |   23:00 . Kirab Pemilu di Kedungadem, Sosialisasikan Pemilu Tahun 2024   |   20:00 . Media Bojonegoro - Tuban Nyambangi Lapangan Banyu Urip, Update Migas Hingga Main Bola   |   18:00 . Bojonegoro Menulis 3 Jam Bersama 3 Cah Jonegoro   |   17:00 . Cerita Warkop PETHUK Bagi Penikmat Kopi Original   |   16:00 . Sepak Bola Wartawan vs EMCL, dan Forkopimcam Gayam   |  
Fri, 22 September 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Suara Community Institute: Inkubasi ‘Digital Journalism dan Content Creation’

blokbojonegoro.com | Monday, 17 January 2022 13:00

Suara Community Institute: Inkubasi ‘Digital Journalism dan Content Creation’ Para peserta Suara Community Institute sedang berpose bersama. (Istimewa)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokbojonegoro.com - Suara.com mengadakan sebuah program spesial bernama Suara Community Institute di awal tahun 2022 ini. Acara dilaksanakan secara luring dan daring dengan mengusung tema “Digital Journalism & Content Creation.” Melalui program inkubasi Suara Community Institute, para peserta akan mendapatkan pembekalan pengetahuan serta keterampilan di bidang digital journalism dan content creation secara intensif tanpa dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Program Suara Community Institute yang berdurasi 2 minggu ini, akan memuat beberapa silabus materi, seperti kelas Jurnalistik Dasar, SEO dan Kepenulisan, Fotografi Jurnalistik, hingga Video Content Creation. Pada setiap sesi pertemuan dibagi lagi dalam beberapa materi yang lebih mendetail dan tentunya sangat menarik. Menghadirkan langsung para mentor dari Suara.com yang sudah ahli di bidangnya, program dikemas dalam empat pertemuan, dimulai pada Sabtu, 15 Januari 2022 pukul 09.00 hingga 14.30 WIB di Kantor Suarajogja.id.

Pada pertemuan pertama acara Suara Community Institute ini, sesi penyampaian materi diisi oleh Rima Sekarani selaku Redaktur Senior Suara.com dan diikuti oleh 13 peserta. Dalam sesi ini dijelaskan mengenai dasar-dasar jurnalistik. Sekar, dalam pemaparannya, menjabarkan teknik-teknik dasar membuat sebuah berita, jenis-jenis berita, hingga tahapan membuat berita. 

Tak hanya mengenalkan secara teori, para peserta juga diajak oleh pemateri untuk membuat artikel singkat mengenai kegiatan Suara Community Institute pada hari pertama. Selain itu, pemateri juga menjelaskan bagaimana persiapan liputan di lapangan, tips dan trik, serta mengolah data. 

Setelah pemaparan materi Jurnalistik Dasar selesai, sesi kedua dilanjutkan dengan materi SEO dan Kepenulisan yang diisi oleh Dany Garjito, Koordinator Content Creative dan SEO Suara.com. Ia menjabarkan mengenai cara pembuatan content creative, SEO, alat-alat yang digunakan membuat artikel, hingga tips dan trik.

Di sesi kedua ini, banyak dijelaskan mengenai teknik-teknik bagaimana cara membuat konten yang diminati oleh pembaca. Para peserta juga dijelaskan bagaimana membuat artikel agar masuk di halaman pertama mesin pencarian Google, banyak diminati pembaca, dan menjangkau target. 

Tak hanya sampai di situ, pemateri juga menjelaskan bagaimana membuat artikel yang diminati pembaca, tetapi tidak click bite, membuat judul SEO friendly, mulai dari judul, badan artikel, inti, hingga penutup. 

Secara lebih dalam, pemateri menjelaskan mengenai jenis-jenis keyword, baik long tail maupun soft tail, alat yang digunakan untuk mencari kata kunci, dan cara membuatnya. Di akhir sesi, peserta diajak untuk berlatih membuat judul artikel sesuai dengan kriteria SEO yang baik dan benar.

Hari kedua acara Suara Community Institute dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Fotografi Jurnalistik dan Video Content Creation. Acara yang dihelat pada Minggu, 16 Januari 2022 ini, dihadiri oleh 12 peserta. 

Sesi pertama dari materi Fotografi Jurnalistik dan Video Content Creation diisi oleh Yulita Futty Hapsari sebagai Koordinator Video Editor Suara.com. Dalam sesi ini, para peserta banyak dijelaskan secara detail mengenai feature video, mulai dari pengertian, jenis-jenis, hingga memperlihatkan contoh dari feature video jenis human interest, jalan-jalan, biografi, dan sidebar dari YouTube Suara.com.

Pemateri juga menjelaskan beberapa karakteristik penting dari feature video, di antaranya mengulik sesuatu yang jarang diketahui orang, tidak hanya meyisipkan human interest, tetapi feature juga bisa menampilkan hiburan. Kendati berdurasi bebas, dalam produksi feature video tetap harus memperhatikan pada penting dan menariknya sebuah peristiwa. 

Kemudian, sesi kedua berlanjut dengan pemaparan materi mengenai dasar-dasar hingga lighting fotografi. Menyoal dasar-dasar fotografi, materi disampaikan oleh Fatikha Rizky Asteria N, selaku Video Editor Suara.com. Thika, pada sesinya menjelaskan berbagai teknik dalam fotografi, mulai teknik fotografi zooming, panning, foto macro, siluet, dan bulb. 

Selain itu, ia juga menjelaskan mengenai enam hal komposisi foto, yakni rule of third, foto simetris, foto repetition, frame in frame, refleksi, dan field of view. Semua dikemas dengan menampilkan berbagai hasil fotografi yang sesuai dengan teknik maupun komposisi foto.

Sesi penjelasan materi lighting fotografi dilanjutkan oleh Dewi Yulianti, Video Editor Suara.com. Saat awal pemaparannya, Dewi menekankan bahwa cahaya sangat penting atau unsur utama dalam fotografi.

Tanpa cahaya, maka fotografi tidak akan terbentuk. Di sela pemberian materi mengenai exposure dan lighting, pemateri juga meminta beberapa peserta untuk maju dan memberikan penjabaran singkat mengenai perbedaan antara exposure dan lighting. Sesi materi lighting fotografi ditutup dengan mengajak peserta berlatih mengatur lighting pada kamera di luar ruangan.

Berakhirnya materi lighting fotografi menjadi penanda dimulainya materi mengenai Video Content Creation. Video Content Creation meliputi tiga anak materi, yakni dasar-dasar videografi, pembuatan VO (Voice Over) untuk video, pasca produksi, dan proses editing. Materi dasar-dasar videografi meliputi penjelasan mengenai praproduksi hingga proses produksi, yang disampaikan oleh Galih Fajar Nurrachmat dan Praba Mustika selaku Video Editor Suara.com

Sementara itu, materi VO dijelaskan oleh Anistya Yustika P. sebagai Creative Multimedia Suara.com. Pada sesi ini, Anis menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat VO atau mengisi suara sebuah video.

Selain membutuhkan sebuah ruangan yang tenang dan kondusif, membaca dan memahami teks, pelafalan, tempo, intonasi dan penekanan, serta karakterisasai suara sangat menentukan kualitas VO itu sendiri. 

Sesi terakhir dari Video Content Creation ditutup oleh penjelasan materi pasca produksi dan proses editing, yang disampaikan oleh Eko Hendra Saputra serta Bayu Yunianto, Video Editor Suara.com. Pada sesi ini, dijelaskan mengenai berbagai hal tentang editing foto, persiapan editing foto, pengenalan tools, offline editing, online editing, dan export video.Selain diberikan pemahaman mengenai teori, para peserta juga dibiarkan berlatih hunting foto untuk pembuatan dan edit video Reels Instagram.

Final Project, menjadi kegiatan terakhir sekaligus penutup dari program Suara Community Institute yang akan digelar secara luring kembali pada Sabtu, 29 Januari 2022. Pada Final Project, acara akan diisi dengan pembuatan artikel dan video oleh para peserta.

Hal yang paling menarik dari program Suara Community Institute ialah para peserta tidak hanya mendapatkan relasi, sertifikat, dan sebuah doorprize, tetapi juga mendapatkan benefit belajar secara langsung dengan para ahli dari bidang digital journalism dan content creation, baik secara materi maupun pembuatan karya.

“Workshop ini juga bagian dari rangkaian Ulang Tahun ke-8 Suara.com #TanpaHentiMemberiArti, sejak berdiri 8 tahun lalu. Kami ingin terus berkontribusi memberi arti kepada publik, baik dalam penyampaian informasi hingga aktivitas online maupun offline. [lis]

Tag : Suara.com, ulang tahun, aktivitas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat