17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tanah Samping Kali Avour Longsor, Ratusan Hektar Sawah Terendam

blokbojonegoro.com | Saturday, 22 January 2022 19:00

Tanah Samping Kali Avour Longsor, Ratusan Hektar Sawah Terendam

Kontributor : Moch Misbahul Munir

blokBojonegoro.com - Akibat curah hujan yang tinggi yang mengguyur wilayah Kanor dan sekitarnnya berdampak meningkatnya debit air Kali Avour, hal tersebut juga membuat tanah di sepanjang aliran Kali Avour mengalami erosi yang mengakibatkan longsor dan jebol di turut Desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor, Bojonegoro pada Sabtu (22/1/2022).

Akibatnya tanah di samping Kali Avour longsor dan jebol, membuat air meluber dan menggenangi kurang lebih ratusan hektar area persawahan milik para petani setempat, Hingga saat ini, masih dilakukan gotong royong oleh warga setempat guna menutup lokasi yang jebol.

"Kronologinya Sejak jum'at sore air sudah meluber, dan oleh warga sementara diberi tumpukan tanah yang dimasukkan ke karung, karena derasnya air sekitar jam 10 malam itu jebol," jelas Kepala Desa Kedungprimpen Arumanto Nugroho Tejo Barkoro saat ditemui oleh blokBojonegoro.com pada Sabtu (22/1/2022)

Kepala Desa Kedungprimpen yang akrab di sapa Totok tersebut juga mengatakan setidaknya ratusan hektar sawah terdampak dari jebolnya tanah di samping Kali Avour tersebut.

"Kurang lebih ratusan hektar terdampak dari jebolnya tanah di samping Kali Avour tersebut, karena air mengalir ke timur menggenangi area persawahan Desa Pucangarum, Pomahan, Karangdayu dan lainnya, untuk wilayah Kedungprimpen kurang lebih 25 hektar sawah, dan dampak paling parah ada 4 petak sawah milik petani sini yang pas samping jebolnya tanah Kali Avour, rusak dan terancam gagal panen," ungkapnya.

Masih kata Totok, ia mengatakan untuk sementara dari warga menancapkan bambu kemudian ditutup menggunakan anyaman bambu dan tumpukan tanah yang dimasukan ke dalam karung di sepanjang aliran Kali Avour yang jebol.

"Karena air Kali Avour masih meluap jadi kesulitan untuk membendungnya, di tambah di bawah juga ada kayu yang menghalangi jadinya sulit untuk memasang anyaman bambu dan tumpukan tanah yang dimasukkan di karung," tandasnya.

Terpisah, salah satu warga setempat Sukirman menuturkan sawah yang paling parah terdampak dari longsornya tanah Kali Avour adalah milik Wagiran dan Kardimen warga setempat.

"Jebolnya pas di samping sawah milik pak Wagiran dan Kardimen, kalau tidak segera di buat tanggul seluruh area sawah sampai Bourno bisa terendam," katanya.

Sukirman juga mengatakan bahwa tadi pagi juga ada salah orang yang hanyut saat kerja bakti membendung tanah yang longsor di Kali Avour. "Korban Warga Desa Karangdayu yang bernama Khoiri dan sudah di bawa ke rumah sakit," tutupnya. [mis/ito]

Tag : kali, avour, kedungprompen, kanor, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat