11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |  
Tue, 16 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

4 Tips Mengelola Emosi Negatif: Berhitung Hingga Mengatur Napas

blokbojonegoro.com | Tuesday, 01 March 2022 07:00

4 Tips Mengelola Emosi Negatif: Berhitung Hingga Mengatur Napas

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Emosi negatif bisa berdampak buruk pada keseharian Anda. Tidak hanya membuat mood jelek, emosi negatif yang tidak dikelola dengan baik bisa memicu stres hingga masalah kejiwaan.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengelola emosi negatif? Simak rangkuman yang dikumpulkan Suara.com berikut ini.

1. Jeda dan Atur Napas

Menurut Psikolog Anak Fathya Artha Utami, prinsip utama pengendalian emosi adalah mengambil jeda dan mengatur napas.

“Emosi ada yang kecil dan ada yang besar, tapi biar lebih lihai kita perlu melatih setiap hari. Yang pertama bisa mengatur napas,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Selain itu, perlu mengambil jeda sebentar untuk mengenali perasaan diri sendiri. Menurutnya, ini dilakukan agar tahu apa yang dirasakan, baik itu marah, sedih, maupun emosi yang lain.

“Percayalah kalau kita menghadapi emosi, itu perlu jeda. Karena sebenarnya emosi itu banyak dan beragam,” ungkapnya.

2. Cukup Istirahat

Psikolog yang berbasis di Sydney, Kate Renshall, mengatakan marah dan emosi meledak-ledak lebih rentan terjadi ketika Anda sakit dan lelah. Karena itu, trik mengendalikan emosi adalah dengan istirahat.

"Makan makanan sehat, olahraga, dan tidur cukup. Dengan kata lain, pastikan istirahat memadai dan Anda merawat diri sendiri," tutur Renshall, dilansir dari ABC Australia.

3. Berhitung

Luka Carrangis, psikolog klinis dari Melbourne, menyebut salah satu trik mudah yang diajarkannya untuk mengendalikan emosi adalah berhitung.

Ketika marah melanda, tahan napas dan hitung sampai sepuluh. Lakukan penghitungan dengan lambat, sembari menarik napas dan membuangnya perlahan.

Setelah itu, tanya diri Anda berapa kadar stres yang sedang dialami, menggunakan skala 0-10.

"Jika sudah lebih dari lima, Anda harus memikirkan solusinya. Apa yang bisa saya lakukan kepada diri saya untuk menurunkan level stres? Ini membantu Anda menyadari lingkungan sekaligus mengalihkan perhatian dari rasa marah," tuturnya lagi.

4. Latihan Pengendalian Diri

Sabrina Ara, lewat bukunya yang berjudul Sayangi Dirimu, Berhentilah Menyenangkan Semua Orang (2021), mengatakan latihan pengendalian diri merupakan cara utama mengelola emosi negatif.

“Kita harus dapat mengendalikan diri sendiri supaya bisa lakukan rem di kondisi darurat. Bila seseorang menghardik, memukul, dan lain-lain, itu pengendalian dirinya masih buruk,” lanjut Sabrina.

“Seharusnya itu bukan jadi bahan pemakluman, apalagi pembenaran,” katanya.

Maka dari itu, Sabrina menegaskan pentingnya pengendalian diri dalam kehidupan sehari-hari.

“Bila kita terlatih sejak dini untuk belajar mengendalikan diri, mungkin di kemudian hari perjalanan kita akan lebih mudah karena sudah biasa mengendalikan emosi di masa darurat, demi keselamatan bersama,” pungkas Sabrina.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat