22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |  
Fri, 30 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Selain Banyak Pikiran, 5 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebab Insomnia

blokbojonegoro.com | Wednesday, 16 February 2022 07:00

Selain Banyak Pikiran, 5 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebab Insomnia

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Banyak orang berjuang mengatasi insomnia kronis. Bahkan, jumlah orang yang mengonsumsi obat tidur untuk mengatasi masalah ini meningkat seiring bertambahnya usia dan pendidikan.

Anda mungkin bingung dengan penyebab insomnia atau kesulitan tidur, meskipun sudah melakukan segala cara agar lebih cepat tertidur.

Hal ini tidak hanya dipengaruhi oleh hal-hal yang dipikirkan. Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa penyebab seseorang sering insomnia.

1. Tempat tidur sintetis

Baca Juga: Gresik Catat Kasus Kematian Pertama Akibat Virus Corona di Gelombang Tiga Pandemi Covid-19 Ini

Tempat tidur yang terbuat dari bahan alami lebih sejuk dan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik. Selain itu, tempat tidur ini juga menyerap kelembapan dengan lebih baik.

Sebaliknya, tempat tidur sintetis memerangkap panas dan bisa menjadi penyebab keringat malam. Hal inilah yang membuat Anda kesulitan tidur sepanjang malam dan mengalami iritasi akibat kain sintetis.

2. Minyak atsiri

Meskipun beberapa minyak esensial membantu kita menenangkan diri, seperti lavender. Ada pula minyak essensial lainnya yang berdampak sebaliknya.

Minyak esensial jeruk dapat membuat Anda tetap terjaga di malam hari. Selain itu, beberapa minyak dapat menyebabkan luka bakar. Hal ini perlu diwaspadai bagi Anda yang sudah menggunakannya pada bantal.

Minyak essensial juga bisa mengganggu hormon, padahal siklus tidur yang terganggu dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

3. Masalah tiroid

Mereka yang memiliki masalah tiroid cenderung menderita sleep apnea (jeda pernapasan). Kondisi ini dapat menyebabkan Anda terbangun secara teratur.

Jadi setelah tidur malam, Anda mungkin merasa lelah alih-alih berenergi. Disfungsi tiroid juga sering menyebabkan gangguan ritme sirkadian.

4. Kekurangan magnesium

Magnesium adalah elemen penting yang mempengaruhi kemampuan Anda untuk tidur. Jika tubuh Anda kekurangan nutrisi, Anda mungkin akan kesulitan untuk rileks.

Selain itu, otot berkedut atau sindrom kaki gelisah juga disebabkan oleh kadar magnesium yang rendah.

5. Tanaman

Anda harus berhati-hati saat meletakkan tanaman di kamar tidur. Beberapa tanaman hias bisa beracun bagi manusia.

Jika Anda menderita asma, beberapa tanaman mungkin memicu kondisi tersebut jika Anda alergi terhadapnya.

Selain itu, jamur atau bakteri lain di tanah dapat memperburuk kualitas tidur Anda.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat