07:00 . 4 Tips agar Emosi Kamu Tetap Stabil ketika Sedang Dipuji   |   21:00 . Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah, Bupati Anna: Ini Bagian Doa Kita   |   20:00 . Parkir Mobil Sampai di MH Thamrin   |   19:30 . Ribuan Syekher Mania Sudah Memadati Alun-alun Bojonegoro   |   19:00 . Live: Bojonegoro Bersholawat Bareng Habib Syekh   |   18:30 . Kondisi Alun-alun Bojonegoro Jelang Sholawat Bareng Habib Syekh   |   18:00 . Sholat di Tengah Kerumunan Menunggu Sholawat Bareng Habib Syekh   |   17:30 . Ratusan Banser Siap Amankan Bojonegoro Bersholawat   |   17:00 . Tips Anak Tak Hilang Saat Keramaian   |   16:00 . Jemaah Haji Bojonegoro Kloter 3 Dapat Pengecekan Kesehatan   |   15:30 . Berikut Titik Lokasi Parkir Gratis BojonegoroBersholawat   |   15:00 . Persiapan Jelang Bojonegoro Bersholawat Bersama Habib Syekh   |   14:00 . Suhu Arab Saudi 44° Celcius, Jemaah Haji Bojonegoro Dipastikan Tetap Sehat   |   13:00 . Eksebisi e-Sport Raih Perunggu, Prospek Positif untuk Olahraga Bagi Bojonegoro   |   07:00 . Sering Dianggap sebagai Kelemahan, Menangis Sebenarnya Baik untuk Kesehatan, lho!   |  
Tue, 28 June 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Program RPL Desa Banyak Diminati Perades Luar Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Wednesday, 02 March 2022 19:00

Program RPL Desa Banyak Diminati Perades Luar Bojonegoro

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Program Pemkab Bojonegoro berupa beasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa mendapat antusias tinggi. Tak hanya dari perangkat desa (perades) di Kabupaten Bojonegoro, namun ternyata warga di luar Bojonegoro juga berminat.

Kabid Pembangunan dan Kerjasama Desa/Kelurahan dan Teknologi Tepat Guna, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bojonegoro, M. Imam Affan T menurutnya, dalam berbagai kesempatan banyak warga luar Bojonegoro yang bertanya terkait RPL Desa.

Dari berbagai platform media sosial, salah satunya WhatsApp, bahkan banyak warga yang menanyakan langsung terkait RPL Desa. Selain itu, saat rapat-rapat zoom meeting yang digelar Kemendesa PDTT maupun Pemkab Bojonegoro, banyak warga yang hendak ikut serta dalam program RPL Desa.

"Mohon maaf karena ini dari APBD Bojonegoro maka yang paling berhak mendapatkan fasilitas warga ber-KTP Bojonegoro dan yang sesuai kriteria serta sasaran," tegas M. Imam Affan.

Bahkan, warga dari berbagai daerah menilai program RPL Desa banyak membawa keuntungan. Selain mendapatkan pendidikan tinggi gratis, penerima beasiswa juga bisa menempuh pendidikan dalam waktu relatif singkat.

Dalam beasiswa RPL Desa bebas pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), serta pilihan program studi (prodi) favorit di kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akreditasi A.

"Selain itu, para calon Mahasiswa program beasiswa RPL Desa ini hanya menempuh waktu perkuliahan dua tahun untuk meraih gelar Sarjana," ucapnya.

Namun, sebelum itu wajib menyerahkan berkas pengalaman kerja minimal 5 tahun dan sertifikat pendukung lainnya yang dikonversi pembebasan beban SKS mata kuliah tertentu.

Nantinya, semua persyaratan harus dilengkapi para calon mahasiswa dan yang menentukan lolos seleksi nanti pihak kampus. DPMD menyediakan anggaran dan fasilitasi proses pendaftaran. Semoga semua yang mendaftar lolos dan kuliah hingga lulus ilmunya bermanfaat untuk pembangunan di desa.

"RPL Desa sendiri bisa dilaksanakan di Kabupaten yang ada di Indonesia dengan pola kerjasama KemenDes PDTT, Pemda dan Kampus terakreditasi B. Bahwa program ini sangat bermanfaat bagi warga Indonesia untuk menempuh jenjang sarjana dengan pengalaman kerja," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : rpl, desa, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat