20:00 . Pengurus Perkumpulan Jamaah Tahlil Perempuan di Bojonegoro Resmi Dilantik   |   19:00 . Gandeng Lakpesdam NU, Kominfo Dorong Masyarakat Cakap Literasi Digital   |   18:00 . Buruh Aksi di Gubernuran, Ini Hasil Audiensi RTMM SPSI dengan Para Stakeholder Pemprov Jatim   |   17:00 . Makam Diduga untuk Ritual Pesugihan Dibongkar, Isinya Mengejutkan   |   16:00 . 295 WBP Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan, 6 Napi Langsung Bebas   |   15:00 . DWP Kemenag Bojonegoro Gelar Deteksi Dini IVA Test dan Sadanis Gratis   |   13:00 . 49 SMA di Bojonegoro Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka   |   09:00 . Penemuan Makam di Tengah Hutan   |   08:00 . Hilang STNK NoPol S-3124-DG   |   07:00 . Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak   |   20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Manfaat Mengkonsumsi Jamur, Salah Satunya Pengganti Garam!

blokbojonegoro.com | Tuesday, 19 April 2022 07:00

5 Manfaat Mengkonsumsi Jamur, Salah Satunya Pengganti Garam!

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Jamur hadir dalam berbagai jenis dan bentuknya, dan biasa disajikan dalam berbagai macam resep masakan. Selain rasanya yang enak, jamur juga dikenal gurih sehingga dapat memungkinkan bagi kamu yang sedang diet untuk menambahkan makanan ini ke menu diet.

Mengutip Healthline, jamur dikatakan bebas lemak, rendah sodium, rendah kalori, dan bebas kolesterol. Selain itu jamur juga kaya akan antioksidan yang tinggi, serat, vitamin, dan mineral. Dibalik keunggulannya tadi, jamur juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, lantas apa saja manfaat dari jamur? Melansir Good Housekeeping, berikut 5 manfaat jamur bagi kesehatan!

1. Meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan tulang

Jamur akan menghasilkan vitamin D ketika terpapar oleh sinar radiasi UV, dimana vitamin D ikut berkontribusi untuk memperkuat kekebalan tubuh dan kesehatan tulang. Sebenarnya tubuh kita sendiri juga dapat memproduksi vitamin D ketika terpapar oleh sinar matahari. Meskipun begitu masih banyak orang yang mengalami kekurangan vitamin D, karena berbagai faktor, seperti malas berjemur.

2. Menjadikan kulit terlihat awet muda

Menurut sebuah studi Penn State 2017, jamur mengandung dua sumber antioksidan tinggi yaitu ergothioneine dan glutathione. Dimana ketika kedua antioksidan tersebut bertemu, maka mereka akan melindungi tubuh dari tekanan fisiologis yang dapat menimbulkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan.

3. Dapat terhindar dari penurunan kinerja otak

Sebuah studi dari Spanyol yang diterbitkan pada tahun 2021, menemukan bahwa jamur kata akan polifenol yang dapat bekerja sebagai pelindung otak dari penurunan kognitif, terutama bagi mereka yang sudah berusia lanjut. Kandungan ergothioneine dan glutathione pada jamur, juga dapat melindungi kita dari penyakit Alzheimer.

4. Meningkatkan mood serta mengurangi stres

Penelitian Penn State pada tahun 2021 yang diikuti oleh 25.000 orang, telah membuktikan bahwa mereka yang sering mengkonsumsi jamur memiliki risiko depresi lebih rendah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan ergothioneine pada jamur, yang dapat mengurangi stres oksidatif sehingga pada akhirnya senyawa tersebut dapat bekerja untuk mengurangi gejala depresi.

5. Dapat digunakan sebagai pengganti garam

Kandungan ribonukleotida glutamat pada jamur, dapat memberikan rasa gurih pada makanan dan cenderung lebih enak daripada garam. Kita dapat memakai jamur sebagai pengganti garam tanpa perlu khawatir lagi bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit hipertensi dan jantung.

Itulah tadi manfaat yang diberikan jamur oleh tubuh, bagaimana kamu tertarik untuk menambahkannya dalam daftar favorit makananmu? 

*Sumber: yoursay.suara.com

Tag : Pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat