16:00 . Usai Telur dan Cabai, Kini Harga Daging Ayam Kompak Turun   |   15:00 . Pemuda Asal Temayang Sukses Lestarikan Batik Tulis   |   14:00 . ISTeK ICsada Bojonegoro Gelar Diseminasi Program Aku Sehat 2022   |   13:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Gelar Sosialisasi Operasi Zebra bersama FKOB   |   07:00 . Bakteri Jahat atau Jamur, Mana yang Lebih Sering Menyebabkan Masalah Kulit Wajah Anda?   |   19:00 . Diduga Terpeleset di Sungai, Bocah asal Sumberrejo Meninggal Dunia   |   18:00 . RSUD Sumberrejo Top Finalis Kovablik Jatim 2022   |   15:00 . Pertamina EP Sukowati Field Bangun Sinergi Forkopimda Bojonegoro Melalui Kegiatan Menembak   |   13:00 . Polisi dan Suporter Bojonegoro Gelar Salat Ghoib dan Doa Bersama   |   22:00 . Ratusan Supporter di Bojonegoro Gelar Doa Bersama Atas Tragedi Kanjuruhan   |   21:00 . Berduka Atas Tragedi Kanjuruhan, Ratusan Supporter di Bojonegoro Doa Bersama   |   18:00 . Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel   |   17:00 . 2.195 PJU Bakal Dipasang Tahun Ini   |   16:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa JTB   |   15:00 . Bupati Anna Lantik 37 Pejabat di Lingkungan Pemkab Bojonegoro   |  
Wed, 05 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Tanda Anda Bukan Orangtua yang Dewasa Secara Emosional

blokbojonegoro.com | Friday, 03 June 2022 07:00

5 Tanda Anda Bukan Orangtua yang Dewasa Secara Emosional


Reporter: -

blokBojonegoro.com - Tak semua anak dianugerahi orangtua yang dewasa secara usia dan emosional. Padahal itu adalah hal yang sangat penting untuk mendidik anak-anak. Kedewasaan secara emosional berarti mengetahui bagaimana mengendalikan emosi.

Selain itu dewasa secara emosional juga berarti bertanggung jawab atas kesalahan sendiri, dan menerima sudut pandang orang lain. Sayangnya, menjadi dewasa tidak sama dengan menjadi dewasa secara emosional.

Pada akhirnya, hal itu dapat membawa konsekuensi negatif pada anak-anak. Dilansir dari Brightside, berikut ciri-ciri orangtua yang belum dewasa secara emosional.

1. Hanya Mengurusi Kebutuhan Fisik

Orangtua yang belum matang secara emosional, bisa jadi hebat dalam memastikan kebutuhan dasar anak-anak mereka. Ada rumah yang nyaman, makanan yang melimpah dan pendidikan terbaik.

Tetapi hal-hal seperti itu bisa jadi tak selaras dengan dukungan emosional. Ketika anak merasa takut atau kesal akan sesuatu, orangtua akan mengabaikan perasaan tersebut karena mereka tidak memahami bagaimana mengatasinya.

2. Sulit Mengekspresikan Perasaan

Dalam hal mengekspresikan emosi, orangtua yang belum dewasa secara emosional akan merasa tidak nyaman melakukan hal itu. Padahal penting bagi anak untuk tahu bahwa ia dicintai.

Orangtua yang belum dewasa secara emosional akan takut terlihat rentan atau lemah di hadapan anak jika menunjukkan sisi emosional yang dalam.

3. Tidak Memberi Toleransi Perbedaan

Orangtua yang belum matang secara emosional berpikir mereka selalu tahu cara yang benar untuk melakukan sesuatu. Andai anak memiliki pendapat berbeda, tidak ada celah negosiasi untuk menemukan jalan tengah.

Anak harus selalu melakukan hal-hal seperti yang diinginkan orangtua. Mereka percaya dan meyakini bahwa mereka selalu memiliki hal terbaik untuk anak-anaknya.

4. Bersikap Kekanak-kanakan

Karena orangtua yang belum matang secara emosional tidak tahu bagaimana mengekspresikan emosi yang sehat, mereka akan kesulitan mengungkapkan perasaan mereka.

Di waktu yang sama, mereka berharap anak-anak mengetahui emosi apa yang mereka alami dan apa yang mereka butuhkan. Dan jika anak tidak mengetahui, mereka bisa marah dan membuat anak merasa bersalah karena tidak memberikan apa yang mereka inginkan.

5. Bersikap Kasar

Bagian dari tidak mampu mengekspresikan emosi dengan benar adalah tidak mengetahui bagaimana mengendalikannya. Orangtua yang belum dewasa secara emosional mungkin sering kehilangan kesabaran dan bahkan menyalahkan anak mereka atas apa yang membuat mereka begitu marah.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 03 October 2022 18:00

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel Guna menyiapkan santri terampil menulis, Pondok Pesantren (PonPes) Al-Manshur yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 1, Dukuh Bangle Rt. 01 Rw 11, Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat