22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |  
Fri, 30 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kabupaten Bojonegoro Masih Peringkat 1 Nasional Jumlah Terbanyak Desa Mandiri

blokbojonegoro.com | Thursday, 14 July 2022 06:00

Kabupaten Bojonegoro Masih Peringkat 1 Nasional Jumlah Terbanyak Desa Mandiri Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah hadir dalam Rakor dan Pembinaan.

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro masih bertahan menjadi peringkat 1 Nasional dengan jumlah Desa Mandiri Terbanyak se-Indonesia. Hal tersebut diketahui berdasar dari surat keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 80 tahun 2022 tentang status Kemajuan dan Kemandirian Desa.

Dalam surat tersebut tertanggal 11 Juli 2022 ditetapkan status Desa berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2022.

Di tahun 2021, jumlah Desa Mandiri Kabupaten Bojonegoro sebanyak 103 Desa dan menjadi rangking satu nasional dengan jumlah Desa Mandiri terbanyak. Tahun ini Kabupaten Bojonegoro kembali meraih torehan prestasi rangking 1 Nasional dengan raihan jumlah Desa Mandiri sebanyak 155 Desa.

Capaian Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2022 Kabupaten Bojonegoro mengalami kenaikan yang signifikan diantaranya sebab didorong oleh Bantuan Keuangan Desa yang bermanfaat secara langsung di desa.

Kepala DPMD, Machmuddin saat menyampaikan capaian desa mandiri Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten (DPMD) Bojonegoro, Machmuddin bersyukur dengan capaian tersebut. DPMD bersama P3MD se-Bojonegoro akan terus bekerja sebaik-baiknya dengan tarjet setinggi-tingginya

"Alhamdulillah. Tahun 2022 Bojonegoro masih bertahan menjadi peringkat satu nasional dengan jumlah Desa Mandiri Terbanyak se-Indonesia," ungkapnya.
 
Diketahui 10 besar Desa Mandiri Terbanyak Kabupaten se-Indonesia tahun 2022 secara berurutan yakni Kabupaten Bojonegoro sebanyak 155 Desa, Gresik sebanyak 153 Desa, Banyuwangi sebanyak  138 Desa, Bandung dan Sambas 119 Desa, Ciamis sebanyak 116 Desa, Minahasa sebanyak 105 Desa, Lamongan sebanyak 97 Desa, Majalengka sebanyak 96 Desa dan Bogor sebanyak 95 Desa.

Koordinator P3MD Kabupaten Bojonegoro, Mustakim mengatakan, capaian prestasi tersebut dapat diketahui berdasar Keputusan Menteri Desa PDTT Nomor 80 tahun 2022 setelah data lampiran keputusan tersebut diolah.

"Capaian IDM 2022 Bojonegoro ini juga berkah dari BKD yang bermanfaat bagi Desa secara langsung dan masyarakat luas," ujar Mustakim.

Dalam rapat koordinasi dan pembinaan, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah menyampaikan apresiasi terhadap para pendamping desa di Bojonegoro dan memotivasi agar terus mengabdi ke desa dengan kerja pendampingan secara nyata.

"Kerja nyata untuk pelayanan masyarakat," ungkap Bupati perempuan pertama di Kabupaten Bojonegoro.

Dari data KepmenDesa PDTT No 80 tahun 2022 disebutkan klasifikasi jumlah Desa Mandiri se-Indonesia sebanyak 6.238 Desa, Desa Maju 20.249 Desa, Desa berkembang 33.902 Desa, Desa Tertinggal 9.584 Desa, Desa Sangat Tertinggal 4.982 Desa dan Desa tidak memenuhi kriteria 6 Desa, total 74.961 Desa se-Indonesia. [feb/ito]

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah bersama pendamping desa.

BACA BERITA blokBojonegoro.com SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

Tag : desa, mandiri, bojonegoro, dpmpd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat