18:00 . Secara Resmi Bupati Anna Serahkan 28 Unit Kendaraan Dinas Camat   |   16:00 . Dewan Pengupahan Rencanakan Kenaikan UMK 2023 Sebesar 3,4 Persen   |   13:00 . Desainer Yustin Mariani Bangga Rancangannya Tampil di BNFF   |   20:00 . Minibus Adu Banteng dengan Truk, Satu Orang Meninggal   |   19:00 . Pintu Air Waduk Pacal Macet, BPBD Terus Berkoordinasi BBWS Cegah Potensi Banjir Susulan   |   18:00 . Bupati Anna Resmikan Pasar Burung Bagi Para Bird Lovers   |   16:00 . Student Agency, Tantangan Guru Masa Kini   |   15:00 . Lagi Turun, Harga Antam Dijual Mulai Rp539.500   |   13:00 . Hujan, Ini Tips Saat Berkendara dengan Motor   |   19:00 . Viral Pengantin Nikah Saat Banjir, Netizen: Doa Mantan Terkabulkan   |   18:00 . Viral, Warga Sukosewu Langsungkan Pernikahan di Tengah Banjir   |   15:00 . Ini Tips Tetap Bugar dan Tingkatkan Imun Ala Tirta Ayu Spa   |   13:00 . Pernikahan Dini Marak, APPA dan PA Bojonegoro Bersinergi Bersama   |   11:00 . Inilah Nama Pemenang Fashion Street Fruit and Veggie Competition   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Insan UPG dari KPK   |  
Wed, 30 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh, Baik bagi Penderita Asam Urat

blokbojonegoro.com | Saturday, 16 July 2022 07:00

5 Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh, Baik bagi Penderita Asam Urat

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Pandan adalah jenis tanaman yang memiliki aroma dan banyak manfaat sebagai bumbu masakan. Selain sebagai bumbu masakan, daun pandan ini digunakan sebagai obat herbal yang kaya akan khasiat. Lantas bagaimana khasiat daun pandan untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

Pandan tumbuh subur di kawasan Asia Tenggara, terutama Indonesia. Tak heran apabila banyak masyarakat menggunakan daun pandan sebagai pewangi berbagai jenis makanan dan minuman. Dilansir dari Healthline, tanaman yang memiliki nama latin Pandanus Amaryllifolius ini kaya akan nutrisi antara lain kalori, protein, vitamin A, karbohidrat, serat, zat besi, kalsium dan fosfor.

Vitamin A pada daun pandan penting untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Zat besi dapat membantu menangkal kondisi seperti anemia dan membantu sirkulasi darah dan oksigen tepat. Daun pandan juga menjadi sumber serat yang baik untuk menjaga usus bekerja lebih optimal untuk menyerap nutrisi.

Selain itu ada beberapa khasiat daun pandan untuk kesehatan tubuh yang wajib untuk diketahui.

1. Menurunkan tekanan darah

Daun pandan memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Anda dapat menggunakan daun pandan apabila mengalami gejala pusing hingga dapat membantu mencegah terjadinya stroke.

2. Meredakan asam urat

Anda dapat menggunakan daun pandan yang diolah menjadi teh untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Teh daun pandan dapat diminum secara rutin juga dapat membantu menghilangkan batu ginjal pada tubuh.

3. Mencegah penyakit jantung

Dikutip dari WebMD, daun pandan baik untuk jantung karena ditemukannya sumber karotenoid. Hal ini berfungsi untuk mengurangi risiko pengembangan aterosklerosis atau penyempitan arteri jantung karena penumpukan plak.

4. Perawatan kulit dan rambut

Daun pandan juga dipercaya dapat membantu perawatan serta menutrisi kulit dan mencegah rambut berketombe. Anda dapat menggunakan daun pandan untuk keramas serta mengoleskannya ke kulit.

5. Meningkatkan stamina tubuh

Daun pandan memiliki fungsi untuk meningkatkan stamina tubuh. Caranya dengan merebus lima lembar daun pandan dengan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih dan biarkan hingga dingin. Anda dapat menambahkan beberapa tetes lemon ke dalam air dan minum secara rutin setiap 2 hari sekali.

Nah, itulah beberapa khasiat daun pandan yang baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!

*Sumber: suara.com

 

BACA BERITA blokBojonegoro.com SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

 

 

Tag : pendidikan, kesehatan, Khasiat Daun Pandan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat