18:00 . Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas   |   17:00 . BMKG: Waspada Cuaca 3 Hari Mendatang   |   15:00 . 5 Organisasi Profesi Kesehatan Tolak RUU Kesehatan   |   13:00 . Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa   |   10:00 . Diduga Pecah Ban, Truk Box Oleng Tabrak Pagar Koramil 0813-06 Bojonegoro   |   07:00 . Psikolog Ungkap Kesalahan Orangtua yang Bisa Hambat Potensi Anak, Pelajari Yuk Bun!   |   19:00 . Inilah Nama-Nama Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   18:00 . Sinergi Dinas PMD dan Bapenda Dampingi Desa Deteksi Dini Objek Pajak Terkendala   |   16:00 . Ini Spek Lengkap Toyota Rush, Kendaraan Camat se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Stigma Buruk Menjadi Kendala dalam Penanggulangan HIV/AIDS   |   14:00 . Kasus HIV di Bojonegoro Mencapai 217 kasus, 2 Persen di Atarannya Anak-anak   |   13:00 . Kasus Persetubuhan Terhadap Anak di Bawah Umur Meningkat   |   12:00 . EMCL Bersama Tim Aku Sehat Giat Pelatihan Pengolahan Kreasi Makanan Toga Cegah Stunting Balita   |   07:00 . 5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak, Benarkah Susu Formula Turunkan Kecerdasan Anak?   |   20:00 . Ulang Tahun ke-7, blokTuban.com Tempati Kantor Baru   |  
Sat, 03 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bentuk Karakter Pelajar, SMP Negeri 1 Kapas MoU Dengan Forkopimca

blokbojonegoro.com | Monday, 18 July 2022 15:00

Bentuk Karakter Pelajar, SMP Negeri 1 Kapas MoU Dengan Forkopimca

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Awal tahun ajaran baru ini, setiap sekolah mulai Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Pasa MPLS ini, Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro maupun Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur lebih menekankan karakter para pelajar. Hal itu dilakukan oleh SMP Negeri 1 Kapas dengan cara melakukan penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU).

MoU yang dilakukan oleh SMP Negeri yang berada di Desa Bakalan Kecamatan Kapas ini guna membentuk karakter para pelajar perkasa atau membentuk profil Karakter Pelajar Pancasila.

"Pihak sekolah melakukan MoU dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca)," tutur Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kapas Novita Sari, Senin (18/7/2022)

Pihaknya menambahkan, tujuan dilakukan MoU ini adalah untuk membangun masa depan, membentuk karakter, menambah ilmu pengetahuan dan mengembangkan potensi siswa, serta membuka peluang kerja.

Di tempat yang sama, Suhartatik selaku Ketua Panitia MPLS SMP Negeri 1 Kapas mengungkapkan, MPLS ini bertujuan untuk mengenali potensi diri, membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan belajar yang baru, menumbuhkan motivasi belajar efektif.

"Serta untuk mengembangkan interaksi positif dan menumbuhkan perilaku positif, jujur, gotong royong, mandiri," ungkapnya.

Kepala SMP Negeri 1 Kapas, Bambang Hadi S menjelaskan, menyambut pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 13 tahun pelajaran 2022/2023 dan MPLS ini, Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro menekankan pada tiap sekolah untuk mengutamakan pembentukan karakter pelajar maka MPLS yang dimulai tanggal 18 hingga tanggal 20 Juli 2022 mendatang oleh pihak SMP Negeri 1 Kapas diisi berbagai kegiatan.

"Untuk kegiatan yang dilakukan antara lain kegiatan parenting atau motivasi pendidikan, kerjasama dengan iBEST Internasional School dari Pare Kabupaten Kediri, melakukan kerjasama dengan Ruang Guru tes diagnostik," ucap Bambang.

Dalam kegiatan ini, pihaknya juga melakukan kerjasama dengan Polsek Kapas dengan cara melakukan sosialisasi UU Lalu Lintas, bahaya Narkoba dan kenakalan remaja. Selain itu melakukan kerjasama dengan Puskesmas Kapas untuk memberikan sosialisasi program pola hidup bersih dan sehat.

Pihaknya juga melakukan kerjasama dengan Koramil Kapas dengan latihan PBB dan tata upacara membentuk karakter disiplin dan Nasionalisme. Kegiatan MPLS akan akhiri dengan pentas seni untuk mengembangkan minat, bakat dan potensi siswa.

"Selama kegiatan MPLS berlangsung, pihak guru akan memberikan penjelasan wawasan Wiyata Mandala, kegiatan ekstra kurikuler dan pengenalan budaya lokal," pungkasnya. [feb/lis]

 

Anda juga bisa baca berita di Google News

 

 

Tag : MoU, kapas, SMPN



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat