22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |  
Fri, 30 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Keren, Banyak Dosen dan Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro Lolos Kampus Mengajar Kemendikbudristek

blokbojonegoro.com | Tuesday, 19 July 2022 09:00

Keren, Banyak Dosen dan Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro Lolos Kampus Mengajar Kemendikbudristek

Kontributor: Puput Suriyah

blokBojonegoro.com - Kampus Mengajar merupakan program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan menerjunkan mahasiswa-mahasiswi terpilih dari kampus seluruh Indonesia untuk menjadi shadow teacher yang membantu guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Kampus Mengajar, kata Menteri Nadiem, menghadirkan mahasiswa untuk membantu pengembangan pembelajaran terutama untuk meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi, melakukan adaptasi teknologi, aktualisasi minat dan potensi mahasiswa sesuai bidang studi masing-masing.

Di Kabupaten Bojonegoro, IKIP PGRI Bojonegoro adalah salah satu perguruan tinggi yang turut serta andil dalam program Kampus Mengajar, baik itu sebagai Koordinator Perguruan Tinggi (PT), Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) juga mahasiswanya turut lolos seleksi program tersebut. Tercatat IKIP PGRI Bojonegoro baik dosen maupun mahasiswanya banyak yang lolos Kampus Mengajar angkatan 3 maupun 4.

Dr Junarti, Rektor IKIP PGRI Bojonegoro mengatakan, program Kampus Mengajar ini mampu memberikan manfaat berupa simbiosis mutualisme yang terjadi antara sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP)  tempat mereka mengabdi, perguruan tinggi selaku homebase dari Koordinator PT dan DPL, juga mahasiswa yang lolos Kampus Mengajar.

"Kami berharap mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengasah kemampuan interpersonal, sekaligus mendapatkan pengalaman mengajar dan mendukung program kampus kami yang sekaligus sebagai LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan)," jelas Dr Junarti.


Terpisah, salah satu dosen IKIP PGRI Bojonegoro yang lolos sebagai DPL Kampus Mengajar, Abdul Ghoni Asror mengatakan, program kampus mengajar ini sangat bagus dan sangat bermanfaat untuk para mahasiswa, seperti mengasah keterampilan mahasiswa dalam berkomunikasi, melakukan inovasi serta berkreativitas tinggi.

Program ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa dalam menyalurkan ilmu kepada siswa sehingga dapat meningkatkan wawasan siswa. Selain itu mahasiswa juga memiliki pengalaman dalam mengajar serta mengembangkan media pembelajaran yang kreatif.

"Mahasiswa maupun dosen  harus berlomba-lomba untuk lolos seleksi dalam program ini, pesertanya berasal dari Perguruan Tinggi se-Indonesia, di sisi lain mereka bisa jadi mitra yang baik bagi guru, terutama dalam bidang literasi dan numerasi, serta turut menumbuhkan semangat siswa dalam belajar," kata Pak Ghoni sapaan akrab Dosen asal Kecamatan Balen tersebut.

Salah satu mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro yang lolos Kampus Mengajar angkatan 3, Risa bercerita bahwa ia bersyukur bisa lolos dan berkesempatan untuk mengikuti program Kampus Mengajar angkatan 3, Risa merasa sangat bangga dapat terlibat dalam segala proses di dalamnya.

Seluruh rangkaian proses yang sudah dilalui bersama teman satu kelompoknya yang berisikan mahasiswa dari berbagai perguruan tunggi ini, menjadikan dirinya pribadi yang lebih tanggap dalam mengambil keputusan atas segala masalah yang terjadi di lapangan, tentunya setelah berdiskusi dengan rekan satu tim.

"Banyak pengalaman dan pembelajaran yang saya dapatkan setelah mengikuti program kampus mengajar terutama dalam hal pendidikan untuk siswa sekolah dasar. Selain itu satu kelompok berisi mahasiswa dari berbagai perguruan tunggi baik swasta maupun negeri, sehingga kami bisa saling bertukar ilmu dan pengalaman," cerita Risa penuh kenangan yang membanggakan.

Semangat dan bahagia juga dirasakan Lia Sofia, mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika  IKIP PGRI Bojonegoro yang dinyatakan lolos Kampus mengajar angkatan 4 tahun 2022 ini bersama belasan mahasiswa dari kampusnya.

Seleksi Kampus Mengajar cukup ketat lantaran pesertanya adalah kampus, dosen dan mahasiswa seluruh Indonesia, bagi Lia Sofia dan teman-temannya dari IKIP PGRI Bojonegoro, saat melihat pengumuman bahwa namanya masuk peserta yang lolos pada tahun 2022 tentu rasa harus bercampur senang dirasakan, karena ia akan berproses selama beberapa bulan untuk terjun langsung mengajar ke sekolah sasaran bersama tim dari kampus lain yang ada di Indonesia.

"Setelah saya dinyatakan lolos program kampus mengajar 4 yang diadakan oleh Kemendikbud Ristek ini perasaan saya sangat senang, karena memang tujuan saya mengikuti program ini adalah untuk menambah pengalaman, wawasan, relasi dan tentunya bisa mengabdi sambil belajar mengajar di sekolah-sekolah," tutup dara yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro semester 5. [mu]

 

Anda juga bisa baca berita di Google News

 

 

 

Tag : IKIP PGRI Bojonegoro, kampus di bojonegoro , kampus mengajar, kampus bojonegoro lolos program kampus mengajar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat