Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Upacara HUT RI ke-77, Kajari: Pakai Adat Madura Karena Saya Asli Madura

blokbojonegoro.com | Wednesday, 17 August 2022 18:00

Upacara HUT RI ke-77, Kajari: Pakai Adat Madura Karena Saya Asli Madura

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia yang mengusung tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menyelenggarakan upacara pengibaran bendera, Rabu (17/8/2022) di Alun Alun Bojonegoro.

Upacara kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya, tampak Forkopimda dan beberapa peserta lainnya memakai baju adat dari berbagai suku di Indonesia. Seperti halnya Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bojonegoro, Badrut Tamam yang menggunakan pakaian adat Madura.

Menurut Badrut Taman, Indonesia memiliki kekayaan adat budaya yang sangat tinggi, termasuk dalam hal pakaian adat. “Saya asli orang Madura, sangat bangga menggunakan pakaian adat dari Madura,” ungkap Kajari Bojonegoro usai upacara.

Penggunaan baju adat pada prosesi upacara HUT RI kali ini sangat memaknai persatuan dan kesatuan Indonesia, seperti halnya dengan beragam suku, ras beserta keunikannya.

Sebelum upacara pengibaran bendera, diawali dengan penampilan tari kolosal “Kobar Semangat Kahyangan Api”, yang melambangkan semangat putra putri generasi penerus bangsa, yang gigih, teguh, dengan semangat membara dan pantang menyerah, berkobar bagai kahyangan api yang tak pernah padam.

Selanjutnya, usai upacara pengibaran bendera merah putih di lanjutkan dengan pemberian bingkisan kepada perintis kemerdekaan atau Veteran, Persatuan Purnawirawan Warakawuri TNI – Polri Kabupaten Bojonegoro, serta penyerahan Penghargaan kepada orang atau kelompok masyarakat yang berprestasi dalam rangka HUT Ke 77 RI Tahun 2022, dan penyerahan perwakilan narapidana penerima remisi 17 Agustus 2022.

Perlu diketahui, upacara pengibaran bendera tersebut di ikuti oleh Forkopimda, Anggota DPRD, Pimpinan Parpol, jajaran Kepala OPD, Camat, Kades beserta Lurah, jajaran Danramil dan Kapolsek, serta masih banyak dari berbagai instansi lainnya. [riz/ito]

 

BACA BERITA blokBojonegoro.com SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS

Tag : kajari, bojonegoro, hut, ri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini