09:00 . Penemuan Makam di Tengah Hutan   |   08:00 . Hilang STNK NoPol S-3124-DG   |   07:00 . Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak   |   20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |   15:00 . Harga Antam Turun Tajam, Berikut Daftar Harganya   |   14:00 . Realisasi PAD Bojonegoro Capai Rp47,8 M, PPJ Sumbang Angka Tertinggi   |   13:00 . Persibo Buka Seleksi Pemain, Eks Liga 2021 Apakah Masih Digunakan?   |   12:00 . Resmi Mendaftar, Gerindra Bojonegoro-Tuban Satukan Kekuatan Menangkan Prabowo   |   11:00 . Suarakan Tuntutannya, Federasi Serikat RTMM SPSI Akan Ikuti Long March Sejuta Buruh di Surabaya   |   10:00 . FGD VMTS, Prodi PAI Proyeksikan Buka Kelas International   |   09:00 . Terdakwa Percobaan Pemerkosaan Tetangga di Dander Divonis 2,6 Tahun Penjara   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mengenal Budaya Samin di Dusun Jepang Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Sunday, 31 July 2022 11:00

Mengenal Budaya Samin di Dusun Jepang Bojonegoro

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Budaya Samin ternyata masih melekat dan menjadi contoh bagi para penganutnya di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, kabupaten Bojonegoro. Generasi kelima pendiri ajaran Samin, Bambang Sutrisno menuturkan, Samin mempunyai arti sami-sami atau sama-sama dan jangan dibeda-bedakan.

Bambang yang merupakan putra sesepuh Kampung Samin, Mbah Harjo Kardi ini menyebut, sebagai guyub rukun dan gotong royong yang sangat diutamakan dalam ajaran ini.

"Ajaran Samin itu garis besarnya kita semua itu sama, ajaran Samin bersifat universal. Di semua agama apapun pasti ada dan di suku apapun pasti ada," ungkap Bambang.

Dalam ajaran Samin di Bojonegoro, para pengikutnya diajarkan lima pitutur luhur. Pertama soal laku jujur, sabar, trokal lan nrimo. Kedua, ojo dengki srei, dahwen kemiren, pekpinek barange liyan. Ketiga ojo mbedo mbedakno sapodo padaning urip, kabeh iku sedulure dewe. Keempat ojo waton omong, omong sing nganggo waton dan terakhir biso roso rumongso.

Kampung Samin yang berada di Dusun Jepang, Desa Margomulyo ini masyarakatnya sudah berbaur menjadi satu. Namun dalam kehidupan sehari-hari, tradisi Samin paling terlihat saat kegiatan sedekah bumi, pernikahan, Nyadran yang biasa digelar setahun sekali pada hari Senin Pon. Kemudian juga usai panen raya, ketika Minggu Pahing dilakukan "Nggemblang" (ngempalake sanak kadang/mengumpulkan semua saudara).

"Ngaturi ini mengundang orang warga luar Dusun Samin untuk datang ke rumah kami, ada orang datang ke rumah, kita beri makan, pindah ke rumah warga tetangga juga diberi makan. Pokoknya makan-makan bergantian itu, kalau tasyakuran biasanya kita laksanakan langsung jadi satu di rumahnya Kasun," jelas Bambang.

Selain itu, warga Samin dalam prosesi pernikahan wajib juga ada pernikahan adat sebelum proses pencatatan akta nikah. Pernikahan adat ini hanya berjalan beberapa menit, dengan wali yang menikah tidak boleh diwakilkan.

"Acara ini dilaksanakan sebelum senja tiba, jadi Bapaknya manten ini ada bacaan menikahkan (nurunke wali) yang kemudian dijawab oleh temanten laki-laki dengan ucapan/kata (syahadat manten). Dalam pernikahan memang tidak ada paksaan dan tidak harus warga Samin menikah dengan warga Samin pula," tambahnya.

Ajaran Samin di Bojonegoro untuk saat ini telah terdaftar di Pemerintah dan menjadi warisan budaya tidak benda. Dalam rangka melestarikan warisan budaya luhur, di Kampung Samin kini sering diadakan berbagai festival. "Selain itu, kegiatan karawitan atau gamelan yang merupakan seni budaya warisan leluhur juga sering digelar di sini," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

Tag : Samin, budaya, ajaran



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat