11:00 . Puskesmas Buka Layanan Pemeriksaan Kesehatan untuk Syarat Pantarlih   |   07:00 . 19 Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi   |   23:00 . Inilah Jejak Karier DR. Didik Farkhan Alisyahdi, Kajati Banten   |   22:00 . Didik Farkhan, Putera Terbaik Bojonegoro Jabat Kajati Banten   |   20:00 . IHC RSPP Jadi Bagian Mayo Clinic Care Network   |   16:00 . Limbah Sampah di TPA Diolah Jadi Bensin dan Solar   |   14:00 . Selama Tahun 2022, PETI Dominasi Kasus Hukum Sektor Pertambangan Minerba   |   13:00 . Diberangkatkan Bupati, STIKES Rajekwesi Mulai KKN Tematik Desa Tangguh   |   07:00 . 7 Cara Bersyukur Setiap Hari, Hidup Akan Lebih Bahagia   |   23:00 . Libatkan Puluhan Pekerja Kreatif dan Ratusan Ekstras asli Bojonegoro   |   22:00 . Tangis Haru Mbah Painem Asal Gondang Bisa Masuk Film Internasional   |   20:00 . Tayang Perdana di Bojonegoro, Film Autobiography Disambut Warga   |   19:00 . Jalan Utara Pasar Kota Bojonegoro Jadi Dua Arah, Dishub : Murni Program Pemkab   |   18:00 . Benarkah Pedagang Pasar Wisata Akan Ditarik Iuran Rp200 Ribu?   |   16:00 . Angka Partisipasi Daftar PPS Tinggi, KPU Provinsi Jatim Beri Apresiasi   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mengenal Budaya Samin di Dusun Jepang Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Sunday, 31 July 2022 11:00

Mengenal Budaya Samin di Dusun Jepang Bojonegoro

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Budaya Samin ternyata masih melekat dan menjadi contoh bagi para penganutnya di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, kabupaten Bojonegoro. Generasi kelima pendiri ajaran Samin, Bambang Sutrisno menuturkan, Samin mempunyai arti sami-sami atau sama-sama dan jangan dibeda-bedakan.

Bambang yang merupakan putra sesepuh Kampung Samin, Mbah Harjo Kardi ini menyebut, sebagai guyub rukun dan gotong royong yang sangat diutamakan dalam ajaran ini.

"Ajaran Samin itu garis besarnya kita semua itu sama, ajaran Samin bersifat universal. Di semua agama apapun pasti ada dan di suku apapun pasti ada," ungkap Bambang.

Dalam ajaran Samin di Bojonegoro, para pengikutnya diajarkan lima pitutur luhur. Pertama soal laku jujur, sabar, trokal lan nrimo. Kedua, ojo dengki srei, dahwen kemiren, pekpinek barange liyan. Ketiga ojo mbedo mbedakno sapodo padaning urip, kabeh iku sedulure dewe. Keempat ojo waton omong, omong sing nganggo waton dan terakhir biso roso rumongso.

Kampung Samin yang berada di Dusun Jepang, Desa Margomulyo ini masyarakatnya sudah berbaur menjadi satu. Namun dalam kehidupan sehari-hari, tradisi Samin paling terlihat saat kegiatan sedekah bumi, pernikahan, Nyadran yang biasa digelar setahun sekali pada hari Senin Pon. Kemudian juga usai panen raya, ketika Minggu Pahing dilakukan "Nggemblang" (ngempalake sanak kadang/mengumpulkan semua saudara).

"Ngaturi ini mengundang orang warga luar Dusun Samin untuk datang ke rumah kami, ada orang datang ke rumah, kita beri makan, pindah ke rumah warga tetangga juga diberi makan. Pokoknya makan-makan bergantian itu, kalau tasyakuran biasanya kita laksanakan langsung jadi satu di rumahnya Kasun," jelas Bambang.

Selain itu, warga Samin dalam prosesi pernikahan wajib juga ada pernikahan adat sebelum proses pencatatan akta nikah. Pernikahan adat ini hanya berjalan beberapa menit, dengan wali yang menikah tidak boleh diwakilkan.

"Acara ini dilaksanakan sebelum senja tiba, jadi Bapaknya manten ini ada bacaan menikahkan (nurunke wali) yang kemudian dijawab oleh temanten laki-laki dengan ucapan/kata (syahadat manten). Dalam pernikahan memang tidak ada paksaan dan tidak harus warga Samin menikah dengan warga Samin pula," tambahnya.

Ajaran Samin di Bojonegoro untuk saat ini telah terdaftar di Pemerintah dan menjadi warisan budaya tidak benda. Dalam rangka melestarikan warisan budaya luhur, di Kampung Samin kini sering diadakan berbagai festival. "Selain itu, kegiatan karawitan atau gamelan yang merupakan seni budaya warisan leluhur juga sering digelar di sini," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

Tag : Samin, budaya, ajaran



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more