19:00 . Pemkab Bojonegoro dan Pertamina Sidak Agen LPG dan Resto   |   18:00 . Peduli Lansia, PEP Sukowati Berikan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis, Serta Pembelajaran Osteoporosis   |   16:00 . Kapolres Bojonegoro Dalami Dugaan Oknum Kapolsek Lakukan Perselingkuhan   |   14:00 . Komunitas Drawing Desa Bojonegoro Bakal Gelar Pameran, Simak Jadwalnya   |   13:00 . Viral! Kapolsek di Bojonegoro Diduga Selingkuh   |   08:00 . 2 Mahasiswa PJKR UNUGIRI Bojonegoro Raih Gelar Juara Ju-Jitsu dalam Piala Bupati Ngawi   |   17:00 . Gandeng Kampus Lokal, Guru Matematika SMA Bojonegoro Berlatih Membuat AR   |   15:00 . Wadahi Potensi, Pesantren Modern Al Aly Gelar Kompetisi   |   09:00 . Dibalut Proses Sungkeman, 522 Siswa SMK Negeri 1 Bojonegoro Dilepas   |   15:00 . Gugat KPU ke Bawaslu, Bapaslon Nurul-Nafik: Silon Sering Error   |   06:00 . Setahun Jadi ISTeK ICsada, Akreditasi Kampus Ungu Dapat Predikat Baik   |   20:00 . PHE Raih Penghargaan dalam IPA Convex 2024   |   19:00 . Geliat┬áMemperingati Hari Buku   |   18:00 . Tiga Klub Milik Exco PSSI Melenggang Babak 16 Besar Liga 3 Nasional   |   17:00 . HUT Dekranasda ke-44, Ketua Dekranasda Bojonegoro Ajak Kader Terus Gali Potensi dan Tingkatkan Kreatifitas.   |  
Tue, 21 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cara Mudah Mengatasi Anak Susah BAB

blokbojonegoro.com | Friday, 24 February 2023 07:00

Cara Mudah Mengatasi Anak Susah BAB

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Pencernaan yang sehat dan lancar Buang Air Besar (BAB) adalah hal yang penting bagi kesehatan anak. Pencernaan yang sehat dapat membantu menjaga berat badan yang ideal, mencegah masalah pencernaan seperti diare atau sembelit, dan menjaga kesehatan usus. Saat anak sembelit atau susah buang air besar tentu dapat memberikan dampak bagi kesehatan anak, antara lain dari kesulitan bernapas, nyeri perut, gangguan konsentrasi hingga gangguan pada tumbuh kembangnya.

Penyebab anak menjadi susah BAB dapat dibagi menjadi 3 yaitu: kurangnya asupan air, kekurangan serat, atau kekurangan keduanya.

Asupan air dapat menjaga agar kotoran tidak kering, namun perlu tambahan serat juga agar kandungan air terserap dalam kotoran.

Begitu pula sebaliknya, jika hanya ada serat tanpa air yang cukup untuk diserap kotoran, maka kotoran yang dihasilkan akan kering.

Oleh karena itu, agar pencernaan anak sehat dan lancar, penting untuk mendapatkan keduanya.

Selain kurang serat dan air, penyebab anak susah BAB dapat disebabkan juga oleh kebiasaan menahan BAB, infeksi saluran pencernaan, mengonsumsi obat-obatan, hingga masalah yang berhubungan dengan psikologis seperti stress dan trauma karena BAB yang terasa nyeri.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk membantu melancarkan pencernaan anak dan mengatasi permasalahan susah BAB-nya, seperti dikutip dari keterangan tertulis Fruit 18 Jr:

1. Berikan anak asupan air yang cukup

Memberikan anak asupan air yang cukup dapat membantu menjaga pencernaan tetap lancar.

Orang tua dapat memberikan anak minuman seperti air putih, jus buah, atau teh yang tidak terlalu manis.

2. Berikan asupan serat yang cukup

Memberikan anak asupan serat yang cukup dapat membantu menjaga pencernaan tetap lancar.

Orang tua dapat memberikan anak makanan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

3. Berikan obat pencahar jika diperlukan

Jika susah BAB anak terjadi berkepanjangan dan tidak teratasi dengan cara diatas, orang tua dapat memberikan obat pencahar yang dianjurkan oleh dokter.

Asupan serat yang cukup merupakan hal yang krusial untuk melancarkan BAB anak, karena serat dapat membantu menjaga pencernaan tetap lancar dengan memperlancar gerakan usus.

Serat juga dapat menyerap air dan membantu meningkatkan kelembaban tinja, sehingga memudahkan tinja untuk dikeluarkan.

Salah satu sumber serat terbaik dan mudah didapatkan adalah dari buah-buahan dan sayuran.

Serat dari buah sendiri secara khusus lebih mudah dilarutkan oleh tubuh yang berguna untuk mengikat lemak dan glukosa yang berlebih dari tubuh.

Setelah kotoran terikat dan membentuk gumpalan-gumpalan dalam usus, serat berfungsi untuk meningkatkan volume kotoran sehingga lebih mudah untuk didorong oleh gerakan peristaltik usus dan mengatasi masalah sembelit yang ada.

Jika anak susah BAB karena masih sulit untuk mengonsumsi buah dan serat, suplemen bisa menjadi alternatif yang dapat melengkapi gizi dan serat yang menjadi manfaat dari mengonsumsi buah.

Serat dalam buah terbukti baik bagi pencernaan karena serat dapat meningkatkan berat dan ukuran kotoran yang kemudian melembutkannya.

Karena sejatinya kotoran yang berukuran besar dan lembut akan lebih mudah untuk dikeluarkan dan mengurangi kemungkinan sembelit pada anak.

Namun orang tua perlu jeli dalam memilih suplemen untuk anak. Sebaiknya pilih suplemen yang tidak hanya baik untuk pencernaan anak dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya, tetapi juga tidak berpemanis dan pengawet.

Dengan begitu akan aman dan tidak menimbulkan efek samping bila dikonsumsi dalam jangka panjang.

*Sumber: suara.com

 

Tag : anak, bab anak, anak susah bab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat