18:00 . Pertandingan Sengit, Persibo Bojonegoro Tundukkan Persatu Tuban 3-1   |   14:00 . DPR-RI Berharap Kapolres Bojonegoro yang Baru Lebih Transparan ke Publik   |   13:00 . Berikut Pemain Persibo Bojonegoro yang Bakal Merumput Lawan Persatu Tuban   |   12:00 . Klunting...!!! BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau Cair Rp2 Juta   |   11:00 . Munas VII, HMP PAI Unugiri Hadiri Forsima PAI Se Indonesia di Malang   |   10:00 . Anggaran Revitalisasi Trotoar Setahun Capai Rp30 Miliar   |   09:00 . Hadir di Makul Jurnalistik, Pemred bB Bekali Mahasiswa PAI UNUGIRI Kompetensi Jurnalis   |   08:00 . Tak Sesuai Mekanisme, Sekdes Margoagung Tolak Pemberhentian   |   07:00 . Serikat Buruh Kecewa Lantaran UMK Bojonegoro 2024 Naik Hanya 4.1 Persen   |   06:00 . Dua Napi Teroris Dilimpahkan ke Lapas Bojonegoro, Berikut Identitasnya!   |   20:00 . David Febrian Sandi: Mengusung Politik Kejujuran untuk Atasi Kemiskinan   |   18:00 . Pemkab Bojonegoro Publikasikan Hasil Studi EHRA Menuju Masyarakat dan Lingkungan Sehat   |   17:00 . Pemkab Bojonegoro Berikan BLT DBHCT dan Bansor Penanganan Kemiskinan Ekstrem   |   16:00 . Segera! Denny Caknan Bakal Manggung di Bojonegoro   |   15:00 . Pj Bupati Luncurkan SRIKANDI, Wujudkan Kearsipan yang Dinamis dan Transparan   |  
Sat, 09 December 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gelombang Panas Asia Tidak Terjadi Jawa Timur, Ini Kata BMKG

blokbojonegoro.com | Wednesday, 26 April 2023 14:00

Gelombang Panas Asia Tidak Terjadi Jawa Timur, Ini Kata BMKG

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Negara-negara di Asia Selatan mengalami dampak dari gelombang panas atau Heatwave sejak pekan lalu. Badan meteorologi di Bangladesh, Myanmar, India, China, Thailand dan Laos telah melaporkan kejadian suhu panas lebih dari 40 derajat celcius. 

Suhu maksimum harian terpanas terjadi di Kota Kumerkhali di distrik Kusthia, Bangladesh yaitu sebesar 51,2 derajat celcius, pada 17 April 2023.

Sementara itu, di wilayah Indonesia tercatat suhu maksimum harian mencapai 37.2 derajat celcius dari stasiun pengamatan BMKG Ciputat pada pekan lalu. 

"Wilayah Jawa Timur sendiri tercatat suhu maksimum harian mencapai 35,4 derajat celcius di stasiun geofisika karangkates. Pada 24 April 2023," ungkap Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama. 

Menurutnya, gelombang panas yaitu apabila memenuhi dua hal yaitu secara karakteristik geografis dan secara indikator. Gelombang panas umumnya terjadi di wilayah yang berada pada lintang menengah hingga tinggi, berdekatan dengan daratan yang luas seperti kontinental dan sub kontinental. 

"Secara indikator statistik suhu kejadian, menurut Badan Meteorologi Dunia. Gelombang panas didefinisikan sebagai periode cuaca dengan kenaikan suhu lebih dari 5 derajat celcius dari rata-rata Klimatologis suhu maksimum di suatu lokasi. Selama lima hari berturut-turut," tuturnya. 

Wilayah Indonesia tidak mengalami gelombang panas karena berada di wilayah ekuator dengan kondisi geografis dan dikelilingi perairan yang luas. Bahkan wilayah Kawa Timur yang diapit oleh Laut Jawa di sebelah utara dan samudera Hindia yang luas di sebelah selatan. 

Disinggung terkait beredarnya informasi kondisi suhu udara panas dikaitkan dengan fluktuasi nilai indeks UV. Secara umum pola harian UV berada pada kategori low di pagi hari mencapai puncaknya di kategori high atau very high sampai ekstrem, ketika intensitas radiasi matahari paling tinggi di siang hari pukul 12.00-15.00 WIB. 

"Dan bergerak turun kembali ke kategori low di sore hari. Pola ini tergantung pada lokasi geografis dan elevasi suatu tempat, posisi matahari, jenis permukaan dan tutupan awan," bebernya.

Tinggi rendahnya indeks UV tidak memberikan pengaruh langsung pada kondisi suhu udara di suatu wilayah. Untuk wilayah tropis. 

Masyarakat diimbau untuk tidak panik menyikapi informasi yang beredar mengenai gelombang panas. "Dan disarankan mengkonsumsi cukup air putih agar tidak terhidrasi, selain itu gunakan pakaian tertutup atau tabir surya ketika berada di luar ruangan," tutup Zem Irianto. [liz/lis]

 

Tag : BMKG, awan, panas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 24 October 2023 06:00

    Bojonegoro Digital Forum Hadir di 12 Kampus

    Bojonegoro Digital Forum Hadir di 12 Kampus Setelah menjalankan program Bojonegoro Digital Forum (BDF) pada 2022 lalu, blokBojonegoro.com (Blok Media Group) menindaklanjuti dengan Bojonegoro Digital Forum Road to Campus (BDF RTC) 2023....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat