21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |   11:00 . Inilah Nama-Nama Komisioner KPU Bojonegoro Terpilih   |   09:00 . Jelang Armuzna, Kemenag Cek AC dan Listrik   |   08:00 . Inilah Rangkaian Haul ke 32 Mbah Yai Sholeh   |   07:00 . Daging Kurban yang Boleh Dimakan Pengkurban   |   06:00 . Rangkaian Haul ke 32 KH. Moh. Sholeh Siap Digelar   |   22:00 . Duh..!!! Perangkat Desa di Bojonegoro Bacok Adik Iparnya   |   21:00 . Dapat Konsumsi Selama Armuzna, Tidak Perlu Bawa Beras dan Magicom   |  
Fri, 14 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gelombang Panas Asia Tidak Terjadi Jawa Timur, Ini Kata BMKG

blokbojonegoro.com | Wednesday, 26 April 2023 14:00

Gelombang Panas Asia Tidak Terjadi Jawa Timur, Ini Kata BMKG

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Negara-negara di Asia Selatan mengalami dampak dari gelombang panas atau Heatwave sejak pekan lalu. Badan meteorologi di Bangladesh, Myanmar, India, China, Thailand dan Laos telah melaporkan kejadian suhu panas lebih dari 40 derajat celcius. 

Suhu maksimum harian terpanas terjadi di Kota Kumerkhali di distrik Kusthia, Bangladesh yaitu sebesar 51,2 derajat celcius, pada 17 April 2023.

Sementara itu, di wilayah Indonesia tercatat suhu maksimum harian mencapai 37.2 derajat celcius dari stasiun pengamatan BMKG Ciputat pada pekan lalu. 

"Wilayah Jawa Timur sendiri tercatat suhu maksimum harian mencapai 35,4 derajat celcius di stasiun geofisika karangkates. Pada 24 April 2023," ungkap Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama. 

Menurutnya, gelombang panas yaitu apabila memenuhi dua hal yaitu secara karakteristik geografis dan secara indikator. Gelombang panas umumnya terjadi di wilayah yang berada pada lintang menengah hingga tinggi, berdekatan dengan daratan yang luas seperti kontinental dan sub kontinental. 

"Secara indikator statistik suhu kejadian, menurut Badan Meteorologi Dunia. Gelombang panas didefinisikan sebagai periode cuaca dengan kenaikan suhu lebih dari 5 derajat celcius dari rata-rata Klimatologis suhu maksimum di suatu lokasi. Selama lima hari berturut-turut," tuturnya. 

Wilayah Indonesia tidak mengalami gelombang panas karena berada di wilayah ekuator dengan kondisi geografis dan dikelilingi perairan yang luas. Bahkan wilayah Kawa Timur yang diapit oleh Laut Jawa di sebelah utara dan samudera Hindia yang luas di sebelah selatan. 

Disinggung terkait beredarnya informasi kondisi suhu udara panas dikaitkan dengan fluktuasi nilai indeks UV. Secara umum pola harian UV berada pada kategori low di pagi hari mencapai puncaknya di kategori high atau very high sampai ekstrem, ketika intensitas radiasi matahari paling tinggi di siang hari pukul 12.00-15.00 WIB. 

"Dan bergerak turun kembali ke kategori low di sore hari. Pola ini tergantung pada lokasi geografis dan elevasi suatu tempat, posisi matahari, jenis permukaan dan tutupan awan," bebernya.

Tinggi rendahnya indeks UV tidak memberikan pengaruh langsung pada kondisi suhu udara di suatu wilayah. Untuk wilayah tropis. 

Masyarakat diimbau untuk tidak panik menyikapi informasi yang beredar mengenai gelombang panas. "Dan disarankan mengkonsumsi cukup air putih agar tidak terhidrasi, selain itu gunakan pakaian tertutup atau tabir surya ketika berada di luar ruangan," tutup Zem Irianto. [liz/lis]

 

Tag : BMKG, awan, panas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat