18:00 . Kaesang Harap Milenial di Bojonegoro Merapat ke Setyo Wahono   |   09:00 . Gandeng KEPPK Nasional Kemenkes RI, LPPM STIKes Rajekwesi Bojonegoro Gelar EDL dan SIM EPK   |   08:00 . Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri Ikut Jatim Media Summit 2024   |   06:00 . Sekjen PBNU: Jangan Pilih Calon yang Intervensi NU   |   21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Thu, 25 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Jenis Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya

blokbojonegoro.com | Saturday, 06 May 2023 07:00

5 Jenis Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Sakit gigi termasuk sebagai keluhan kesehatan yang paling umum dan kerap dialami banyak orang di seluruh dunia. Masalah yang satu ini ternyata dapat dikategorikan ke dalam berbagai jenis tergantung penyebabnya.

Memahami dan mengetahui jenis sakit gigi yang dialami tentu dapat mempermudah kita dalam mengatasi sakit gigi agar tidak kambuh lagi.

Lima jenis sakit gigi dan cara mengatasinya

Ada lima jenis sakit gigi berdasarkan tingkat keparahan nyeri yang dialami seseorang.

Biasanya jenis sakit gigi itu diklasifikasikan tergantung penyebab yang mendasarinya.

Sedangkan cara mengatasinya pun tidak bisa dipukul sama rata, karena harus disesuaikan penyebabnya agar sakit gigi tidak kambuh lagi di kemudian hari.

Melansir laman Brucesextondds, berikut cara mengatasi sakit gigi berdasarkan penyebab dan jenisnya.

1. Sakit gigi karena gigi sensitif

Sensitivitas adalah jenis sakit gigi yang paling umum dan bisa muncul secara tiba-tiba hingga berujung pada kondisi kronis.

Sakit gigi sensitif biasanya terjadi ketika mengonsumsi makanan atau minuman tertentu dengan suhu dingin atau terlalu panas.

Rasa sakitnya sering muncul secara spontan begitu kita memasukkan makanan atau minuman itu ke dalam mulut.

Nyeri akibat sakit gigi sensitif dapat berlangsung selama beberapa menit, hingga hitungan jam.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh sensitivitas gigi yang meningkat akibat enamel yang mulai lemah atau gusi menyusut.

Dalam mengatasinya, gigi yang sakit karena terlalu sensitif dapat diatasi dengan mengganti pasta gigi yang dirancang khusus untuk gigi sensitif.

Sementara dalam kasus yang lebih parah, konsultasi ke dokter dapat membantu mengatasi masalah yang satu ini.

2. Sakit gigi karena tumpul

Jenis sakit gigi yang satu ini termasuk masalah sakit gigi yang paling umum.

Rasa nyeri yang ditimbulkan dapat bervariasi dari tingkat ringan hingga sedang.

Sakit gigi karena tumpul rasa nyerinya seperti ada makanan yang tersangkut, dan bisa menjadi pertanda bahwa gigi telah mengalami kerusakan.

Dalam kasus yang sedang, sakit gigi tumpul ini bisa mengarah pada keretakan gigi karena terlalu sering menggeretakkan gigi saat malam hari hingga menunjukkan pembentukan abses.

Untuk mengatasinya, kita perlu secara rutin membersihkan gigi secara menyeluruh dengan rutin gosok gigi dan menggunakan dental floss.

Jika rasa sakit terus berlanjut terutama pada pagi hari, lebih baik hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Sakit gigi tajam

Ini adalah kebalikan dari gigi tumpul, penyebabnya juga diakibatkan oleh kerusakan gigi yang berubah menjadi tajam.

Kondisi ini bisa menimbulkan nyeri gigi karena susunannya ada yang terkikis sehingga saraf menjadi lebih sensitif terhadap rangsangan.

Awalnya nyeri bisa terasa ringan, tetapi seiring waktu bisa semakin buruk apalagi jika gigi tajam melukai gusi atau lidah.

Dalam mengatasinya, kita harus pergi ke dokter untuk menambal gigi yang patah agar sarafnya bisa tertutupi dengan baik.

Atau jika kondisi kerusakan gigi sudah tidak bisa ditolong, mencabut gigi yang patah dapat menjadi solusi paling ampuh.

4. Sakit gigi berdenyut

Jenis sakit gigi yang satu ini biasanya menimbulkan nyeri yang sangat mengganggu. Gigi dan gusi terasa berdenyut dan dapat berlangsung dalam hitungan menit hingga hitungan jam.

Semakin lama jika tidak segera diatasi, denyutnya akan semakin terasa nyeri dan mengganggu.

Kondisi ini biasanya merupakan pertanda dari penyakit gusi yang lebih serius karena tidak mendapatkan penanganan tepat.

Kerusakan gigi yang tidak diobati juga bisa menimbulkan sakit gigi berdenyut karena bagian gusi atau akar giginya juga ikut terkena dampaknya.

Untuk mengatasinya, minum obat pereda nyeri atau kompres bagian gigi yang sakit dengan handuk hangat atau dingin bisa membantu mengurangi rasa nyeri.

Namun pengobatan itu hanya bersifat sementara karena nyeri bisa kambuh lagi sewaktu-waktu.

Penting untuk konsultasi ke dokter agar gigi yang terasa sakit mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Sakit gigi ekstrem

Tanpa tindakan yang tepat, sakit gigi berdenyut bisa mengarah pada sakit gigi yang ekstrem.

Terkadang kondisi ini bisa membuat penderitanya merasa lemas dan lemah, sedikit pusing dan kesulitan fokus.

Rasa sakit yang berlebihan ini disebabkan oleh sejumlah faktor yang berbeda, mulai dari trauma pada gigi akibat kecelakaan, tekanan yang menyebabkan pembengkakkan di wajah, infeksi mulut hingga abses.

Ini adalah jenis sakit gigi yang cukup serius dan perlu mendapatkan perawatan dokter terkait untuk mengatasi sakit gigi.

Apalagi jika pasien merasakan gejala lain seperti demam, bagian pipi yang bengkak atau gejala infeksi lainnya.

*Sumber: kompas.com

 

 

Tag : pendidikan, kesehatan, sakit gigi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat