20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |   12:00 . Hari Raya Idul Fitri 1445 H H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro, Jalanan Padat   |   11:00 . Macet di H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro   |   10:00 . FSGI Dukung Pramuka Tak Lagi Wajib di Sekolah, Ini Alasannya   |   08:00 . Begini Tips Kelola Keuangan Saat Lebaran Hindari Hutang Hingga Sifat Konsumtif   |   08:00 . Pesan PJ Bupati : Selamat Lebaran, Maknai Idul Fitri dengan Kesucian Hati   |   05:00 . Sambutan Pj. Bupati Bojonegoro Pada Salat Idul Fitri 1445 H   |  
Mon, 15 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

UMKM Kecamatan Gayam Apresiasi Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk EMCL

blokbojonegoro.com | Wednesday, 28 June 2023 09:00

UMKM Kecamatan Gayam Apresiasi Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk EMCL

Reporter: M Yazid

blokBojonegoro.com - Dua puluh peserta dari pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Gayam ikuti Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk yang dilaksanakan oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Selasa (27/6/2023) di Ruang Pelatihan PIB Bojonegoro.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat daya saing para pelaku UMKM di Kecamatan Gayam agar memiliki peran penting dan mampu menopang perekonomian di tingkat menengah ke bawah.

Salah seorang peserta pelatihan, Lismukrindun mengapresiasi pelatihan ini dan menyatakan bahwa kegiatan yang dilakukan ini sangat bermanfaat bagi UMKM untuk pengembangan usahanya.

Dari pelatihan ini ia mengaku mendapatkan banyak informasi tentang teknik promosi, standardisasi hingga penguatan manajemen produksi.

"Kami bisa memperbaiki kualitas produk dan menambah jaringan pemasaran agar lebih luas", ucap pemilik usaha Teguh Rahayu Begadon Gayam tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Gayam Palupi Hadi Ratih Purwati menyampaikan, pihak Kecamatan Gayam sangat mendukung dan bertekad untuk mendorong agar produk UMKM para peserta dapat meningkat kualitasnya.

Ia juga berjanji akan melakukan komunikasi dengan para pihak terkait agar membantu dan mendorong produk UMKM tersebut semakin meningkat penjualannya.

"Ayo sama-sama berjuang, saya bantu cari jalan, ibu-ibu bantu meningkatkan kualitas produknya," ujar Camat Palupi.

Perwakilan EMCL, Feni Indiharti menjelaskan, program ini merupakan bagian dari komitmen EMCL dalam mendukung peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar Lapangan Banyu Urip. Dukungan terhadap UMKM ini tidak hanya pada bantuan akses permodalan, pelatihan usaha, bahkan sekaligus pendampingan akses pasar.

Produk-produk UMKM binaan EMCL juga dijadikan oleh-oleh bagi para tamu yang berkunjung ke Lapangan Banyu Urip. Tidak hanya itu, EMCL juga ingin memastikan UMKM bisa naik kelas. Oleh karena itu, pada beberapa kesempatan, EMCL membantu UMKM untuk bisa bekerjasama business to business dengan perusahaan besar pemasok katering.

"Kerjasama tersebut memungkinkan penjualan berlangsung secara terus-menerus," tandasnya.

Dalam kegiatan yang difasilitasi oleh PIB Bojonegoro ini turut menjadi pemateri adalah perwakilan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro yang menerangkan tentang teknik promosi produk dan perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro yang menjelaskan tentang sertifikasi Industri Rumah Tangga (IRT). [mu]

 

Tag : umkm, emcl, umkm binaan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat