20:00 . Kisah Pemuda Bojonegoro Terima Beasiswa LPDP Double Degree di Malaysia   |   19:00 . Kecewanya Warga Tak Jadi Dapat Listrik Gratis, Begini Penjelasan Pemdes   |   18:00 . Bantai PSIW 5-0, Persibo Melenggang Ke 32 Besar Liga 3 Nasional   |   16:00 . Bukan Masalah Asmara, Ini Motif Pelaku Pembacokan di Kamar Hotel Bojonegoro   |   14:00 . Ibu Dua Anak Diduga Pelaku Pembacokan Tertangkap di Grobogan Jateng   |   10:00 . Horeee....! PNS Pemkab Bojonegoro Bisa Lanjut Kuliah S2 dan S3 Gratis   |   09:00 . Korupsi Uang Pembangunan Jalan, Empat Kades di Bojonegoro Ditetapkan Tersangka   |   17:00 . Kesaksian Resepsionis Hotel saat Kejadian Pembacokan   |   16:00 . Pimpin Upacara Pembukaan TMMD, PJ Bupati Apresiasi Pelaksanaan Program   |   15:00 . Usai Bacok Korban, Pelaku Kabur Bersama Dua Anaknya   |   14:00 . Korban Disewa Pelaku Ibu Dua Anak Sejak 25 April   |   13:00 . Polisi: Korban Selamat, Identitas Masih Didalami   |   12:00 . Tragedi Berdarah, Perempuan Bacok Laki-Laki di Kamar Hotel Jalan Dewi Sartika Bojonegoro   |   11:00 . Pekik Takbir dan Free Free Palestina Bergema di Jalan Setyabudi Bojonegoro   |   14:00 . 4 Orang Kembalikan Formulir ke Demokrat, 1 Nama Disamarkan   |  
Fri, 10 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tolak Dimerger, Puluhan Walimurid Ajak Siswa Gruduk Pemkab dan DPRD

blokbojonegoro.com | Friday, 21 July 2023 17:00

Tolak Dimerger, Puluhan Walimurid Ajak Siswa Gruduk Pemkab dan DPRD

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Puluhan siswa beserta wali murid dari SDN Sumberrejo 3 dan SDN Megale 1 melakukan aksi penolakan Merger. Aksi tersebut dilakukan di depan Gedung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro, Jumat (21/7/2023).

Dalam aksi tersebut terlihat sejumlah emak-emak beserta anaknya berseragam sekolah membentangkan spanduk bertuliskan penolakan terhadap kebijakan merger sekolah yang dilakukan oleh Pemkab Bojonegoro sebagaimana yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Bojonegoro Nomor 188/177/KEP/412.013/2023.

Mengawali aksinya, mereka menggeruduk Kantor Pemkab yang ada di Jalan Mastmapel untuk menyampaikan keluh-kesah secara langsung kepada Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah. Hasilnya mereka kecewa lantaran Bupati sedang tidak ada di tempat. Selanjutnya mereka bergerak ke gedung DPRD setempat untuk mediasi.

Ketua Paguyuban Wali Murid SDN Sumberrejo 3, Yulin Arysandi mengatakan, kebijakan melakukan merger sekolah agar dilakukan pengkajian ulang oleh Dinas Pendidikan (Disdik), pasalnya kebijakan tersebut justru membuat para siswa merasa tidak nyaman dalam proses belajar mengajar.

"Kedatangan kami menggelar aksi hari ini adalah untuk meminta agar Pemkab Bojonegoro tidak melakukan merger sekolah, karena hal itu tidak sesuai dengan realita kondisi di lapangan,” ujar Yulin.

Terdapat beberapa hal yang membuat para orang tua wali murid SDN 3 Sumberejo menolak untuk dimerger di SDN 2 Sumberejo. Salah satunya karena status lahan yang digunakan SDN 2 diduga tengah berkonflik atau sengketa dengan pemilik lahan, kondisi sarana dan prasarana yang kurang memadahi hingga akses siswa yang jauh.

"Kalau SDN III yang jelas-jelas berdiri di tanah kas desa bisa dipindah, takutnya setelah pindah justru akan dipindah lagi. Lantas bagaimana nasib anak-anak kami, terlantar tidak jelas,” tandasnya.

Senada, hal serupa juga disampaikan wali siswa SDN 1 Megale, Kedungadem mereka juga menolak keputusan merger sekolah yang dilakukan oleh Pemkab Bojonegoro lantaran kurangnya sarana dan prasarana di sekolah pengganti.

“Ini (di SDN 1 Megale) bangunnya baru kenapa dipindah, Anak-anak sudah nyaman sekolah di sini lokasinya juga dekat dengan rumah," tutur Sri Wahyuni.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, Sukur Priyanto menerima langsung sejumlah para orang tua wali murid dan dilanjut dengan audiensi guna menampung aspirasi mereka.

Usai menggelar aksi di gedung DPRD Bojonegoro para orang tua lanjut menggelar aksi ke Dinas Pendidikan setempat. Hasilnya mereka kembali kecewa lantaran Kepala Dinas Pendidikan Nur Sujito tidak ada di tempat dan hanya dijumpai oleh beberapa pegawai.

"Pak Kadin Sedang berdinas keluar tidak ada di ruangannya," ungkap Kasi Sarpras Dinas Pendidikan Zainal Arifin singkat kepada seluruh wali murid.

Sekadar di ketahui, sejumlah siswa di SDN 3 Sumberejo Kecamatan Sumberejo dan SDN 1 Megale Kecamatan Kedungadem  belajar di lorong sekolah tanpa didampingi oleh guru.

Sementara itu pada tahun 2023 ada sebanyak 13 SDN di Bojonegoro dilakukan merger (penggabungan sekolah) hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kota Migas (sebutan lain Bojonegoro. [riz/lis]

 

Tag : Unjuk rasa, demo, sekolah, merger



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat