22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |  
Mon, 29 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gagal Beberapa Kali, Anak Buruh Tani Bojonegoro Jadi Perwira Polisi Jalur Sarjana

blokbojonegoro.com | Wednesday, 26 July 2023 18:00

Gagal Beberapa Kali, Anak Buruh Tani Bojonegoro Jadi Perwira Polisi Jalur Sarjana

Akbar Adi Prasetyo bersama kedua orang tuanya usai dilantik menjadi Perwira Pertama Polisi di Akpol, Semarang (Foto : Istimewa)

Reporter : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Anak buruh tani asal Kabupaten Bojonegoro berhasil meraih kesuksesannya. Ia merupakan Akbar Adi Prasetyo (25), ia menjadi perwira polri setelah menyelesaikan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Akademi Kepolisian (Akpol) 2023.

 Dibalik keberhasilannya itu, ternyata pemuda kelahiran 23 Juli 1998 itu pernah gagal saat dirinya daftar beberapa jalur matra ketika dirinya masih menduduki bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun, dari kegagalan tersebut, tak membuat Akbar berputus asa.

Kemudian usai gagal beberapa kali, Akbar memutuskan untuk studi di Universitas Muhammadiyah Malang pada 2018, dirinya mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dan lulus menjadi sarjana pada tahun 2022 silam.

Selanjutnya, usai menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd), putra semata wayang dari pasangan M. Chambali dan Ri'ah itu kembali mengejar cita-citanya menjadi polisi, pada saat itu Polri tengah membuka rekrutmen melalui jalur SIPSS. Bersama 13 rekannya, dia dinyatakan lolos dan kini dirinya menyandang pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) dipundaknya.

"Setelah itu, bersama 100 siswa dari penjuru Indonesia, saya menjalani pendidikan di Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah, selama 5 bulan," ujar Akbar.

Tepat pada bulan kelahirannya ini, dia dilantik menjadi perwira pertama (Pama) dan dilanjutkan dengan acara Purnawasis dan penempatan Pertama Perwira Remaja (PAJA) SIPSS 2023. Kini Ipda Akbar ditempatkan di Sekolah Bahasa (Sebasa) Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri di Jakarta.

Hingga kini, Alumni SMA Negeri 3 Bojonegoro itu masih belum percaya kalau dirinya lolos tes dan menjadi perwira polisi. Lantaran menengok bapaknya yang hanya bekerja sebagai buruh tani di ladang milik seseorang di Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan, ibunya sebagai tenaga didik di TK Aba Alam 2 Bojonegoro.

"Semoga bisa amanah dan menjalankan tugas dengan baik sesuai sumpah Tribarta dan catur Prasetya," harapnya saat ditemui dirumahnya yang sangat sederhana, Jalan Ade Irma Suryani Nasution, Gang Sidodadi II, Kelurahan Klangon.

Lolos tes dan menjadi perwira polisi, bagi Akbar bagaikan mimpi. Karena menilik pekerjaan bapaknya yang hanya seorang buruh tani di mana sawah garapannya berada jauh di Desa Tulungrejo Kecamatan Trucuk, dan ibunya sebagai tenaga pengajar di TK Aba Alam 2 Bojonegoro. Dia sendiri mengaku sempat mengajar di MTs Abu Darin Bojonegoro sebelum mendaftar di SIPSS.

Oleh karena itu, Akbar merasa sangat bersyukur atas kepercayaan Polri yang telah membuka kesempatan bagi dia untuk bergabung melalui SIPSS dan menjadi Anggota Polri.

Pasca dilantik, alumnus SMA Negeri 3 Bojonegoro ini diberi kesempatan cuti selama 12 hari, namun meski begitu, kegiatan mengurus administrasi, lapor di Polres Bojonegoro dan Polda Jatim serta olah raga mandiri tetap wajib dilaksanakan.

"Semoga bisa amanah dan menjalankan tugas dengan baik sesuai sumpah Tribarta dan catur Prasetya," harapnya saat ditemui dirumahnya lantaran dirinya diberikan izin cuti selama 12 hari.

Pria yang berdomisili di rumah sederhana di Jalan Ade Irma Suryani Nasution, Gang Sidodadi II, Kelurahan Klangon itu berpesan, kepada para juniornya yang masih duduk di bangku pelajar, agar selama masih ada kesempatan untuk mencoba, maka wajib diperjuangkan dan jangan pernah mematikan semangat untuk meraih impian.

"Karena kehidupan tidak akan berubah menjadi lebih baik jika kita hanya berharap tanpa adanya sebuah tindakan," pungkasnya. [riz/ito]

Tag : Polri, polres, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat