21:00 . Keseruan Polisi di Bojonegoro Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Bakal Bawa 27 Pemain di Liga 3 Nasional 2024   |   19:00 . Laga Perdana Liga 3 Nasional, Persibo Bojonegoro Klaim Akan Raih 3 Poin   |   18:00 . Ini 10 Nama Calon Komisioner KPU Bojonegoro, Satu Petahana Gugur   |   16:00 . UNUGIRI Jadi Tuan Rumah Pelantikan dan Rakerwil ITHLA DPW IV, Rektor Turut Sukseskan Acara   |   13:00 . Pilkada Bojonegoro 2024 Mulai Bergeliat, Ini Enam Sosok yang Dipasarkan   |   22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   17:00 . Kronologi Lengkap Pencurian Motor Milik Pegawai Koperasi di Bojonegoro   |   16:00 . Gudang Beras di Bojonegoro Kebakaran, Kerugian Capai Rp100 Juta   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |  
Tue, 30 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cetar Membahana, Pemdes Kepoh Gelar Pawai Budaya Bersama Warga

blokbojonegoro.com | Thursday, 31 August 2023 08:00

Cetar Membahana, Pemdes Kepoh Gelar Pawai Budaya Bersama Warga

Pengirim: Slamet Widodo, S.Pd.

blokBojonegoro.com - Masih dalam rangkaian perayaan HUT Ke-78 RI, Pemerintah Desa (Pemdes) Kepoh, Kecamatan Kepohbaru bersama warga masyarakat Desa Kepoh, menggelar pawai budaya, pada Rabu (30/8/2023) siang.

Pawai budaya yang bertema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” ini diikuti oleh Kepala desa beserta istri, seluruh perangkat desa beserta istri, BPD, RT, RW dan warga masyarakat dari RT 01 sampai RT 23. Selain itu, peserta pawai buadaya juga berasal dari lembaga PAUD, TK, SDN Kepoh 1, SDN Kepoh 2 dan dan SMA Negeri 1 Kepohbaru. Para pemuda, organisasi pencak silat yang ada di desa Kepoh yakni SH Terate, IKSPI Kera Sakti serta Pagar Nusa (PN) juga ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Kesenian Oklik, Reog dan Barongsai pun turut unjuk gigi. Total peserta tak kurang dari seribu lima ratus peserta.

Ahmad Nashirudin Assidqy, sekretaris Panitia, melalui aplikasi perpesanan WhatsApp mengatakan, rute yang ditempuh sejauh kurang lebih tiga koma lima kilo meter. Start dari Dusun Bakalan (ujung utara) dan finish di Pertigaan Semanding, Dusun Kepoh (ujung Selatan).

“Karena kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemdes Kepoh, sehingga untuk menyemarakkan seluruh elemen Masyarakat desa Kepoh, maka start dan finishnya diambil di ujung desa,” tuturnya.

Tujuan dari pawai budaya ini, lanjut Anas, tak lain untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kepada pelajar, generasi pemuda serta masyarakat. “Dan yang paling penting adalah guyup rukun antar warga. Itu pesan Pak Kades kepada kami,” jelasnya.

Kepala Desa Kepoh, Muslikun menilai kegiatan pawai budaya ini tergolong sukses. Jumlah pesertanya membeludak. Di luar prediksi. Seluruh peserta tampak semangat. Mereka berjalan dari start hingga finish. Tidak ada yang putus di tengah jalan.

“Walau cuaca sangat panas, alhamdulillah semua peserta berjalan hingga finish,” tambahnya.

Mewakili pemerintah desa dan juga panitia, lanjut Pak Muslikun, sapaan akrabnya, pihaknya menyampaikan terima kasih warga masyarakat yang telah mendukung penuh kegiatan ini.

“Terimakasih banyak atas apresiasi dan dukungan warga masyarakat. Hampir seluruh warga menyediakan makanan dan minuman di tepi jalan untuk peserta karnaval,” tuturnya.

Pihaknya berharap guyup rukun seluruh elemen masyarakat desa Kepoh dapat terus terjalin selamanya. “Setiap kali ada kegiatan di desa Kepoh selalu sukses. Itu bukti terjalinnya guyup rukun warga desa Kepoh yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Salah satu peserta pawai budaya dari RT. 015, RW. 006, Rini Rohmawati merasa bangga bisa turut berpartisipasi memeriahkan HUT Ke-78 RI. Ia sangat terkesan melihat semanagat dan antusiasme masyarakat desa kepoh, khususnya warga di dusunnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini sudah sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat selama tiga tahun, gara-gara Corona. Ia berharap, kegiatan ini bukan hanya sebagai hiburan semata. “Namun juga dapat membangun solidaritas, merekatkan kebersamaan dan semangat Bhineka Tunggal Ika,” tuturnya.
    
Bunda Rafa, warga desa Jipo Kepohbaru, merasa sangat senang dan terhibur melihat peserta pawai budaya saat beraksi. “Senang dan terhibur,” kesannya.

Di dalam barisan peserta pawai budaya, ada satu kelompok peserta yang berhasil menyedot perhatian penoton. Yakni peserta dari Kepoh Putera Futball Club beserta Sekolah Sepak Bola (SSB) Kepoh Putera dengan membawa puluhan piala. Kepoh Putera adalah klub sepak bola kebanggaan warga desa Kepoh. Klub yang dimanajeri langsung oleh Pak Muslikun, Kepala Desa Kepoh ini berhasil menjadi juara I dan membawa pulang piala dalam turnamen bola tingkat kecamatan AKD CUP II tahun 2023.

Klub Kepoh Putra besutan pelatih Sankus Biantoro, Agus Idham Zumana (keduanya adalah guru MTs Negeri 3 Bojonegoro) dan Aris Mulyanto ini menjadi klub yang disegani di kecamatan kepohbaru. [ito]

*Penulis adalah Guru MTs Negeri 3 Bojonegoro

Tag : HUT RI ke-78, Kepoh, Kepohbaru, Bojonegoro, Pawai Budaya



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat