17:00 . 592 Orang Daftar PPK Pilkada Bojonegoro 2024, Kebutuhan Hanya 140 Petugas   |   15:00 . Diperebutkan Ratusan Warga, Segini Gaji PPK Pilkada Bojonegoro 2024!   |   10:00 . Belajar, Pesan Penting Hardiknas Kini   |   20:00 . PKS Kantongi 3 Nama Bakal Calon Bupati, Satu Diantaranya Mantan Bupati Bojonegoro   |   18:00 . May Day, AJI Bojonegoro: Buruh Media Harus Berserikat   |   14:00 . EMCL Gandeng Ademos Kembangkan BUMDesMart di Desa Gayam   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Taklukan QDR Makassar 2-0 di Laga Perdana   |   16:00 . Pj Bupati Bojonegoro Luncurkan Layanan Primer (ILP) dan Lansia Sembada   |   14:00 . Terlanjur Hamil, Remaja di Bojonegoro Terpaksa Ajukan Diska.   |   12:00 . Begini Cerita Mahasiswa Unigoro Olah Pisang Ulin Lolos Pemuda Pelopor   |   11:00 . Proyek Trotoar Rp23,4 M Segera Dilelang   |   09:00 . Teka-Teki Perpanjang Jabatan Kades Belum Bisa Dipastikan   |   07:00 . Tak Puas di Ranjang Berujung Selingkuh Penyebab ASN di Bojonegoro Cerai   |   21:00 . Keseruan Polisi di Bojonegoro Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Bakal Bawa 27 Pemain di Liga 3 Nasional 2024   |  
Thu, 02 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Resah Dengan Kondisi Alam, Produksi Sabun Alami Jadi Cuan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 06 September 2023 18:00

Resah Dengan Kondisi Alam, Produksi Sabun Alami Jadi Cuan

Reporter : Lizza Arnofia
 
blokBojonegoro.com - Kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun selama pandemi dan mengurai bahan-bahan rumah tangga yang tak terpakai. Telah menjadi inspirasi bagi Reny Dhesi A asal Kelurahan Klangon, Bojonegoro untuk berinovasi. 
 
Sejak setahun terakhir ini, wanita yang akrab disapa Reny tampak sibuk melakoni aktivitas membuat sabun dan aroma terapi homemade dari minyak sisa penggorengan. Uniknya Reny sapaan karibnya menggunakan aroma berbahan alami untuk pengharum sabun. Seperti daun telang, jeruk nipis, belimbing wuluh, mawar dan kopi sesuai permintaan konsumen. 
 
Pantauan blokBojonegoro.com, Reny tampak menggunakan sarung tangan dan memasukkan cairan berwarna biru berasal dari daun telang yang sudah bercampur minyak kelapa sawit dan NaOH ke dalam wadah cetakan sabun. Konon bahan tersebut merupakan komposisi untuk produksi sabun batang, sabun cuci piring, aroma terapi yang berasal dari bahan alami. 
 
"Semua aroma dari bahan alam. Mulai dari mawar, belimbing wuluh, jeruk nipis, lidah buaya dan kopi," ungkap Reny 
 
Lanjut Reni, untuk proses produksi sabun batang maupun pencuci piring tidaklah rumit. Hanya perlu beberapa komposisi dan sesuai dengan takaran. Mulai dari cairan NaOH 70 gram, ekstrak lidah buaya 150 gram, minyak kelapa sawit 400 gram, minyak kelapa + minyak bunga matahari 200 gram. 
 
Setelah semua bercampur jadi satu, adonan tersebut kemudian dilakukan proses cetak. Hanya perlu waktu 2 hari adonan sabun batang tersebut sudah kering, namun baru bisa digunakan di badan sekitar 7 hari. Tetapi berbeda dengan proses produksi aroma terapi yang cukup singkat atau sekitar 3 jam. 
 
"Selain bisa digunakan sebagai proses produksi bahan baku sabun batang dan aroma terapi. Bahan-bahan tersebut juga bisa digunakan sebagai sabun pencuci piring, maupun pembersih lantai yang aman bagi kulit," ujarnya. 
 
Kini, bisnis sabun dan aroma terapi handmade menjadi tren yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Banyak orang mencari produk perawatan kulit alami dan ramah lingkungan. Serta ingin menghindari bahan kimia berbahaya yang terdapat pada sabun maupun aroma terapi komersial. 
 
"Konsumen dari kalangan rumah tangga yang pakai sabun mandi dan cuci baju. Tempat spa atau pijat juga banyak yang menggunakan aroma terapi handmade, konon aman bagi penderita paru-paru karena bahannya nabati," paparnya.
 
Reny sendiri, memasarkan sabun batang dengan kisaran harga Rp 3.000, lilin aroma terapi Rp 3000 - Rp 25.000, sabun pencuci piring Rp 60.000/5 liter dan laundry Rp 70.000/5 liter. Distribusi produk dilakukan menggunakan media sosial seperti instagram, situs e-commerce, jaringan pertemanan dan kelompok aktivis lingkungan.
 
"Kemunculan sabun-sabun alami, juga dapat berkontribusi terhadap perbaikan sanitasi, khususnya wilayah Bojonegoro," imbuh wanita asal Klangon. 
 
Selain aktif produksi sabun handmade, Reny juga turut berperan aktif membagikan ilmu bagi masyarakat. Termasuk mengadakan pelatihan/workshop untuk sosialisasi daur ulang limbah hingga mengelola Sumber Daya Alam yang ada di lingkungan.
 
"Jika ada yang membutuhkan eco enzyme, kami juga memberikan cuma-cuma. Fungsinya dapat menjernihkan air kolam atau sungai dan mengurangi pencemaran akibat zat kimia," pungkasnya.[liz/ito]
 
 

Tag : sabun, bojonegoro, sabunalami



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat