23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Panen Raya, Harga Kedelai Rp8.800 Perkilogram

blokbojonegoro.com | Thursday, 31 August 2023 12:00

Panen Raya, Harga Kedelai Rp8.800 Perkilogram

Kontributor: Sahdan

blokBojonegoro.com - Harga kedelai di tingkat petani di Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro tidak sesuai dengan harapan petani.

Petani di Kabupaten Bojonegoro ini mengaku sedikit resah, akibat harga saat panen tidak sesuai yang diharapkan para petani. Dikhawatirkan meraka tidak bisa balik modal.

"Harga kedelai di tingkat petani saat ini kisaran Rp8.800 perkilogram. Sedangkan harga bibit Rp12.000 perkilogram," ujar salah satu petani. Suparman.

Salah satu petani kedelai Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Mukadi saat ditemui di sawah miliknya menjelaskan, bahwa saat ini harga kedalai di tingkat petani  di desanya sedikit menurun. Sehingga dirinya bersama para petani yang lainnya merasa resah.

Dirinya dan para petani yang lainnya baru mulai memanen kedelai sekitar kurang lebih 1 Minggu ini, namun melihat harga yang rendah seperti itu sangat khwatir. Merosotnya harga kedalai ini sangat tidak sesuai dengan harapan para petani.

"Harganya sekarang turun sehingga para petani resah," pungkas Mukadi

Mukadi mengaku tidak mengetahui secara pasti apa penyebab anjloknya harga kedalai saat panen raya. Ia khawatir penurunan harga kedalai ini mengancam pendapatan para petani atau bahkan para petani mengalami kerugian.

"Kurang tahu pasti penyebabnya. Harga kedalai tiba-tiba anjlok," tutur Mukadi.

Saat ditanya kualitas hasil panen kedelai musim ini, Mukadi mengaku sebagaian ada yang  hasil panennya bagus, namun ada juga yang kurang maksimal, namun menurutnya hasil panen musim ini bagus jika dibandingkan sebelum-sebelumnya.

"Hasil panen musim ini bagus ada juga yang kurang maksimal," kata Mukadi.

Dengan adanya penurunan harga tersebut, Mukadi dan para petani  lainnya mengaku hanya  dapat pasrah, mereka mengaku pemerintah turun tangan, S

ehingga harga kedalai sesuai harapan petani. [sah/ito]

Tag : kedelai, petani, bulu, balen, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat