13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kerajinan Anyaman Pandan Asal Desa Tondomulo Tembus Pasar Luar Daerah

blokbojonegoro.com | Sunday, 03 September 2023 14:00

Kerajinan Anyaman Pandan Asal Desa Tondomulo Tembus Pasar Luar Daerah

Reporter: Sahdan

blokbojonegoro.com - Kerajinan anyaman daun pandan dari Desa Tondomulo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, kini telah sukses menembus pasar di luar daerah. Produk-produk anyaman dari desa ini seperti tas, kotak tisu, peci, topi, dan banyak lagi, kini dapat ditemui di berbagai kota di Jawa Timur, seperti Malang, Gresik, Lamongan, Nganjuk, dan Jombang.

Parno Abdul Gofur, salah seorang perajin anyaman pandan di desa ini, menjelaskan bahwa tradisi membuat kerajinan dari daun pandan telah berlangsung lama di desanya. Awalnya, mereka hanya memproduksi tikar dan kloso, namun sejak tahun 2019, mereka mulai berinovasi dengan menciptakan berbagai motif anyaman yang menarik.

"Berbagai motif yang diproduksi mulai tahun 2019 sampai sekarang," kata Parno.

Kepala Desa Tondomulo, Suyanto, mengungkapkan bahwa kerajinan anyaman daun pandan ini memiliki prospek yang sangat cerah dan menguntungkan. Bahan bakunya memiliki harga yang terjangkau dan mudah didapatkan, sementara proses pembuatannya tidak terlalu sulit.

Saat ini, produksi anyaman daun pandan dari Tondomulo telah menjangkau hampir seluruh pasar di Jawa Timur, bahkan ada pesanan dari luar Jawa Timur, meskipun promosi mereka saat ini hanya melalui media sosial.

"Saat ini produksi kerajinan anyaman daun pandan sudah tembus pasar seluruh Jawa Timur bahkan sampai luar daerah Jawa Timur pun sudah mulai banyak yang pesan," ungkap Kepala Desa Tondomulo.

Dengan harga yang terjangkau, seperti peci seharga Rp20.000-35.000 dan kotak tisu seharga Rp35.000-50.000, produk-produk ini sangat diminati oleh masyarakat. Suyanto menjelaskan bahwa harganya sesuai dengan ukuran dan motifnya.

Kepala Desa Tondomulo Suyanto berjanji untuk terus mendukung dan memberikan semangat kepada warganya agar terus memproduksi kerajinan anyaman daun pandan ini. Mereka berharap bahwa kerajinan anyaman daun pandan ini akan menjadi ikon Desa Tondomulo yang dikenal luas di seluruh Indonesia. [sah/lis]

 

 

 

 

 

Tag : Kerajinan, desa, pandan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat