10:00 . Sembilan Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil Dua   |   20:00 . Hari Kedua Inacraft 2024, UMKM Pertamina Raih Transaksi Rp1,3 Miliar   |   19:00 . Asyikk...! Makanan D'Konco Cafe Bisa Dipesan Lewat Grabfood   |   17:00 . Anniversary ke-75, Persibo Bojonegoro Sediakan 10 Ribu Kupon Berhadiah   |   15:00 . Berikut Perolehan Sementara Suara Dapil 1 Bojonegoro   |   14:00 . Jelang Ramadan Stasiun Bojonegoro Lakukan Pengecekan KA   |   11:00 . KBIHU Attanwir Gelar Manasik ke 16   |   10:00 . Makna Megengan Sambut Ramadan dalam Tradisi Islam di Jawa   |   09:00 . Manasik ke 16, KBIHU Attanwir Bekali Calon Jemaah Haji   |   08:00 . Ikitazq, Tas Anyaman Asli Bojonegoro, Harga Terjangkau Tembus Pasar Nasional   |   18:00 . Rangkaian HAB Kemenag, Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat Bareng Kemenag   |   14:00 . Polres Bojonegoro Bakal Gelar Operasi Pekan Depan, Ini Sasarannya!   |   12:00 . Berjalan Alot, Rekapitulasi Suara Pemilu Tingkat Kabupaten di Bojonegoro Makan Waktu 5 Hari   |   11:00 . Operasi Keselamatan 2024, Kapolres: Patuhi Aturan Lalu Lintas   |   09:00 . Jalan Bergelombang Kota Migas Makan Korban Truk Permen   |  
Mon, 04 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hari Jadi Provinsi Jatim, Bojonegoro Raih Penghargaan Pengembangan Sapi Peranakan

blokbojonegoro.com | Thursday, 12 October 2023 17:00

Hari Jadi Provinsi Jatim, Bojonegoro Raih Penghargaan Pengembangan Sapi Peranakan

Reporter: Nidlomatum MR 

blokbojonegoro.com - Kamis (12/10/2023, dalam Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-78 di Gedung Grahadi, Pemkab Bojonegoro menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur dengan kategori Kabupaten yang berkomitmen dalam melestarikan dan mengembangkan Sumber Daya Genetik Hewan Sapi Peranakan Ongole (PO). Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Pj. Bupati Bojonegoro yang turut mengikuti Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, atas kontribusi Pemkab Bojonegoro dalam keberhasilannya mengembangkan sapi peranakan Ongole.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 mencatat, pada 2022, jumlah populasi sapi potong di Jatim mencapai 5.070.240 ekor dan berhasil mencetak jumlah tertinggi Nasional. Pemprov Jatim pada tahun ini telah menghasilkan betina produktif/akseptor dengan total 1.548.962 ekor atau 45 persen dari angka nasional sebesar 3.432.328 ekor. Hal tersebut sangat mendukung program nasional SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri) dengan target nasional 2026 Swasembada Daging. 

Inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan capaian Pemprov Jatim dalam penanganan kemiskinan ekstrem sejak tahun 2020 hingga 2022 turun signifikan di angka 1,56 persen. Kemudian capaian IDM (Indeks Desa Membangun) Provinsi Jawa Timur tercatat sebanyak 2.800 desa dengan status mandiri, 3.674 desa maju dan 1.247 desa berkembang, sekaligus menobatkan Provinsi Jatim sebagai penyumbang desa mandiri terbanyak dari provinsi lain. 

Di sektor IDM dan pengentasan kemiskinan ekstrem, Pemkab Bojonegoro juga turut berkontribusi dalam mensukseskan program tersebut. Selain itu dengan ditetapkannya oleh Menteri Pertanian sebagai wilayah Sumber Bibit Sapi PO (Peranakan Ongole), Pemkab Bojonegoro terus melakukan pembinaan secara terencana dan berkelanjutan. Upaya tersebut meliputi penjaminan kelangsungan wilayah sumber bibit, kegiatan uji performa, pemberdayaan kelompok pembibit ternak, dan penerapan cara pembibitan ternak yang baik (Good breeding practice).

Sehingga dengan komitmen tersebut ke depannya Bojonegoro menjadi salah satu sumber bibit dan populasi unggulan Sapi PO secara Nasional. Selain itu, upaya pelestarian plasma nuftah sapi asli Indonesia yang memiliki keunggulan daya tahan terhadap penyakit, tingkat reproduksi tinggi dapat menghasilkan sapi dengan mutu genetika tinggi. Hal tersebut Harapnya dapat meningkatkan daya jual dan minat peternak sapi dalam mengembangkan Sapi Peranakan Ongole.

Khofifah Indar Parawansa menyampaikan ucapan terima kasihnya atas sinergitas yang terbangun lima tahun ini. "Capaian tersebut tak lepas dari kerja keras dan kerjasama dari berbagai pihak, mulai dari Lingkup Pemprov Jatim, Forkopimda Prov Jatim dan seluruh Kepala Daerah baik Bupati/Walikota se-Jawa Timur. Semoga sinergitas ini tetap terbangun membawa Jatim Bangit, Terus Melaju" Terang Gubernur Jawa Timur. 

Diakhir amanatnya, Khofifah menjelaskan bahwa masa kepemimpinannya telah memasuki tahun ke-lima dan turut mendampingi Hari Jadi Provinsi Jawa Timur hingga yang ke 78, dengan didampingi Emil Elestiano Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur, pihaknya memohon pamit undur diri. "Semoga kedepannya apa yang telah dibangun dapat bermanfaat untuk masyarakat," harapnya. 

Dilain kesempatan, Adriyanto Pj. Bupati Bojonegoro menyampaikan ucapan selamat untuk Jawa Timur atas capainnya selama ini. "Pemkab Bojonegoro siap berkolaborasi dan berkontribusi dalam membangun Provinsi Jawa Timur ke depan," pungkasnya. [lis]

Tag : Pemkab, penghargaan, sapi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat