19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |   16:00 . Berita Duka, Ibunda Mayjend (TNI) Purn. Wardiyono Tutup Usia   |   14:00 . Belasan Pemotor Hendak Balap Liar di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   13:00 . Pulang Usai Pemakaman Kakek, Bocah di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Embung   |   08:00 . Wujudkan Kampus WCU, Pengurus IKA Unugiri Tingkat Fakultas Dilantik   |   07:00 . Perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Wujud Kebersamaan dalam Akulturasi Budaya Budaya   |   18:00 . Berikut Amalan untuk Perempuan Haid saat Nisfu Sya'ban   |   17:00 . Ratusan Siswa Antusias Tambah Wawasan Baru Tentang Energi   |   15:00 . Tata Cara Baca Surat Yasin 3 Kali Malam Nisfu Sya'ban   |   11:00 . Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan di Ramadan   |   16:00 . Kades di Bojonegoro Tak Netral Saat Pemilu, Bawaslu Serahkan Perkara ke Pj Bupati   |   15:00 . Mutasi Pejabat di Bojonegoro Batal Mendadak, Benarkah Ada Intervensi Politik?   |   14:00 . Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro Mendadak Dibatalkan, Ada Apa?   |   13:00 . Malam yang Ditunggu, Ini Keutamaan dan Amalan Nisfu Sya'ban   |  
Mon, 26 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sewa Lahan PT KAI Dinilai Mahal, Ratusan Warga Pasirkambang Wadul DPRD Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Thursday, 21 September 2023 20:00

Sewa Lahan PT KAI Dinilai Mahal, Ratusan Warga Pasirkambang Wadul DPRD Bojonegoro

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Seratusan orang yang tergabung dalam Paguyuban Sekitar Rel kereta Api Sumbang (Pasirkambang) wadul Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro. Mereka menilai tarif sewa lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang ia tempati, dinilai mahal.

Hadir dalam hearing tersebut, Anggota Komisi B DPRD Bojonegoro, Doni Bayu Setiawan, Camat Kota Bojonegoro, Mukhlisin Andi Irawan serta Lurah Sumbang Ajie Rahmawan, dan puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan mahasiswa nasional Indonesia (GMNI) Bojonegoro ikut mendampingi warga.

"Yang pertama kami ingin DPRD dan Pemkab memediasi kami dengan PT KAI,’’ ungkap Koordinator Pasirkambang, Tonny Ade Irawan, Kamis (21/9/2023).

Hal ini, beber Tonny, terkait dengan permintaan PT KAI agar warga membayar sewa atas lahan yang digunakan selama ini. Menurutnya, setelah pihaknya melakukan negosiasi, PT KAI menetapkan harga Rp 17.500 rupiah permeter pertahunnya. Dan warga diminta membayar lima tahun ke depan dan ke belakang.

Adapun, penyebab keberatan sekitar 350 KK itu, lantaran sebagian besar masuk dalam data miskin daerah (Damisda). Sedangkan, sebagian lainnya ialah buruh harian dan pensiunan yang telah memasuki usia tak produktif.

"Kalau mereka punya uang tentu mereka akan menempati lahan pribadi,’’ jelas Tonny.

Terakhir, lanjut dia, adalah terkait dengan salah satu penentu tarif sewa lahan PT KAI adalah Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP). Dengan itu, ia berharap Pemkab  bisa menurunkan NJOP khusus untuk lahan tanah milik  Negara seperti PT KAI sehingga tarif sewa bisa turun.

Sementara itu, Anggota Komisi B DPRD Bojonegoro, Doni Bayu Setiawan menerangkan dalam hal ini kewenangan untuk menurunkan harga sewa lahan itu sepenuhnya milik PT KAI. Oleh sebab itu, pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar hearing bersama ke PT KAI atau mendatangi kantor pusat untuk menanyakan dan meminta agar ada penurunan harga.

"Kita akan bantu mengakomodir apa yang menjadi keinginan warga namun harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” terang Doni

Lantaran, tambah Doni, mayoritas masyarakat yang tinggal di lahan PT KAI ialah masuk dalam Damisda. Sehingga, jika diminta bayar sewa hingga nominal puluhan juta tentunya mereka keberatan dan dari mana sumber penghasilannya.

”Jadi kita akan berupaya untuk membantu menurunkan harga sewa dan kalau bisa bayarnya dilakukan dengan cara diangsur,” pungkasnya. [riz/ito]

Tag : kai, bojonegoro, pasirkambang, dprd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat