15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BLT DBHCT Bojonegoro Direncanakan Cair November, RTMSI: Kita Akan Kawal Terus

blokbojonegoro.com | Wednesday, 25 October 2023 19:00

BLT DBHCT Bojonegoro Direncanakan Cair November, RTMSI: Kita Akan Kawal Terus

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Dana BLT DBHCT (Bagi Hasil Cukai Tembakau) bakal segera cair ke 12.289 keluarga penerima manfaat (KPM) penerima bantuan sosial (abansos). Terdiri dari 9.035 KPM buruh pabrik dan 3.254 KPM buruh petani tembakau di Bojonegoro.

Bansos yang ditangani dinas sosial (Dinsos) ini kemungkinan akan cair pada November 2023 mendatang. Sementara itu, terkait pencairan bansos DBH CHT sebenarnya tidak di perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (P-APBD).

"Sempat terdapat masalah dan proses sudah berjalan. Tapi ternyata harus ada legalitas regulasi dari Kepala Daerah, terkait Peraturan Bupati (Perbup) baru turun menjelang bupati purna tugas, setelah perbup masih ada SK penerima dan verifikator," terang Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Bojonegoro, Murty Asih Fatima.

Jumlah penerima bansos DBH CHT di Bojonegoro, menurut Murty, tergolong banyak. Penerima terbanyak didominasi oleh buruh pabrik rokok. Berdasar data awal sesuai tercantum dalam SK terdapat sebanyak 12.289 KPM Bansos DBH CHT.

"Namun ada verifikasi dan validasi (verval) data terakhir," tambah Murty Asih. 

Lanjut Murty, sebenarnya Bansos DBH CHT diterima oleh KPM setiap bulannya sebesar Rp200.000. Tetapi karena belum ada Perbup, sehingga nantinya akan langsung diterima selama 10 bulan.

"Dengan nominal Rp2 juta setiap KPM, saat ini sudah proses SK. Kalau sudah beres akan segera diajukan dan pencairan,’’ imbuhnya.

Terpisah, Anis Yuliati selaku Ketua Pengurus Cabang Rokok Tembakau Makanan Minuman-Serikat Pekerja Seluruh Indonesia PC RTMM-SPSI) Kabupaten Bojonegoro, mengaku senang dan bahagia terkait akan segara cairnya DBHCT bagi para buruh rokok. 

Pasalnya ada sekitar 12 ribu perempuan yang bekerja sebagai pekerja rokok Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan berperan besar dalam negara ini.

"Termasuk dalam pundi-pundi penerimaan, salah satunya dari cukai tembakau dan rokok," sambung Anis Yuliati. 

Masih kata Anis, sebagai perwakilan dari buruh-buruh rokok di Bojonegoro. Pihaknya bahkan juga sudah memberikan data-data para buruh dan sudah di daftarkan semua oleh pihak perusahaan, sebagai penerima DBHCT. 

"Seperti dijanjikan oleh pemerintah besarannya Rp2.000.000 dan dicairkan Rp2.000.000, mengingat sudah akhir bulan Oktober. Kita akan terus kawal DBHCT ini bagi buruh rokok di Bojonegoro," pungkasnya. [liz/lis]

 

Tag : Dana, BLT, tembakau, bea cukai, rokok



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat