22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |  
Mon, 29 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dukung Bojonegoro Jadi Lumbung Pangan, PEPC dan Ademos Gelar Sinau Bareng Pertanian

blokbojonegoro.com | Monday, 30 October 2023 13:00

Dukung Bojonegoro Jadi Lumbung Pangan, PEPC dan Ademos Gelar Sinau Bareng Pertanian

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang sebagian besar wilayahnya merupakan kawasan pertanian. Hal ini menjadikan Bojonegoro sebagai kawasan yang hasil pertaniannya diunggulkan sektor bahan pangan pokok seperti padi, jagung, kedelai, kacang dan lain sebagainya. 

Namun beberapa waktu terakhir sejak bulan Agustus 2023, Bojonegoro mengalami cuaca ekstrim yang menyebabkan peningkatan suhu lebih dari 38 derajat celcius. Hal ini berpengaruh terhadap peningkatan produktifitas hasil pertanian karena munculnya hama, serta penyakit penurunan produksi maupun pengairan.

Merespon hal tersebut Ademos bersama Pertamina EP Cepu Zona 12 melaksanakan sinau bareng pertanian dan mengharapkan satu luaran menjadi lumbung pangan di tengah perubahan iklim ekstrem. Bahkan juga direspon baik oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Pj Bupati Bojonegoro yang juga hadir dalam kegiatan sinau bareng.

"Bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kami mencoba melakukan kajian intens terkait pertanian di Bojonegoro," ungkap Adriyanto selaku Pj Bupati Bojonegoro. 

Kegiatan sinau bareng ini juga dihadiri oleh Rektor Universitas Brawijaya, Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dan Dosen Senior Departemen Sosial Ekonomi Universitas Brawijaya. Melalui sinau bareng pertanian ini, para akademisi berbagi pengalam serta solusi untuk kemajuan pertanian di Bojonegoro.

Sementara itu, Dosen Senior Departemen Sosial Ekonomi Universitas Brawijaya, Hery Thoiba mengatakan Sebagai solusi awal bisa dimulai dari pembuatan peta kesesuaian lahan, jangan sampai kita menanam sesuatu yang sebenarnya tidak cocok. 

"Sinau bareng ini menjadi momen kolaborasi antar pihak baik pemerintah, akademisi, perusahaan dan komunitas untuk membahas mengenai pertanian di Bojonegoro," ucapnya. 

Terpisah, Pertamina EP Cepu Zona 12 melalui Community Relation & CSR, Agung Yunito Yahya menambahkan dukungan PEPC terhadap program yang dilakukan bersama Ademos. Para narasumber sinau bareng mengatakan bahwa diskusi bisa dimulai dari tingkat komunitas. 

"Sebab komunitas dinilai menjadi pemotong kurva pembelajaran dan kurva pengalaman menjadi lebih pendek. Seperti yang dilakukan oleh Ademos hari ini berkat dukungan Pertamina EP Cepu Zona 12," ulasnya. 

Menambahkan, Ahmad Shodiurrosyad selaku pemantik diskusi sinau bareng pertanian ini mengatakan nantinya Ademos akan mengkurasi saran dan permasalahan yang dialami para peserta sinau bareng. "Adanya sinau bareng ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian serta memperoleh wawasan iklim dan lingkungan serta dampaknya terhadap pertanian," tutup Rosyad sapaan karibnya. [liz/lis]

 

Tag : Ademos, sekolah, pertanian



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat