10:00 . Sembilan Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil Dua   |   20:00 . Hari Kedua Inacraft 2024, UMKM Pertamina Raih Transaksi Rp1,3 Miliar   |   19:00 . Asyikk...! Makanan D'Konco Cafe Bisa Dipesan Lewat Grabfood   |   17:00 . Anniversary ke-75, Persibo Bojonegoro Sediakan 10 Ribu Kupon Berhadiah   |   15:00 . Berikut Perolehan Sementara Suara Dapil 1 Bojonegoro   |   14:00 . Jelang Ramadan Stasiun Bojonegoro Lakukan Pengecekan KA   |   11:00 . KBIHU Attanwir Gelar Manasik ke 16   |   10:00 . Makna Megengan Sambut Ramadan dalam Tradisi Islam di Jawa   |   09:00 . Manasik ke 16, KBIHU Attanwir Bekali Calon Jemaah Haji   |   08:00 . Ikitazq, Tas Anyaman Asli Bojonegoro, Harga Terjangkau Tembus Pasar Nasional   |   18:00 . Rangkaian HAB Kemenag, Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat Bareng Kemenag   |   14:00 . Polres Bojonegoro Bakal Gelar Operasi Pekan Depan, Ini Sasarannya!   |   12:00 . Berjalan Alot, Rekapitulasi Suara Pemilu Tingkat Kabupaten di Bojonegoro Makan Waktu 5 Hari   |   11:00 . Operasi Keselamatan 2024, Kapolres: Patuhi Aturan Lalu Lintas   |   09:00 . Jalan Bergelombang Kota Migas Makan Korban Truk Permen   |  
Mon, 04 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hari Pangan Sedunia, KWT Mekarsari Klino Raih Penghargaan Gubernur Jatim

blokbojonegoro.com | Thursday, 16 November 2023 15:00

Hari Pangan Sedunia, KWT Mekarsari Klino Raih Penghargaan Gubernur Jatim

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Water is life, water is good, leave no one behind menjadi tema Peringatan Hari Pangan Sedunia Ke-48 Provinsi Jawa Timur Tahun 2023. Puncak peringatan tersebut menjadi momentum bangkitnya kedaulatan pangan sebagaimana jargon Jatim Bangkit di hadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kepala Badan Pangan Nasional, Bupati/Pj Bupati/Walikota, TP PKK Kab/Kota Se-Jatim, Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan, Gapoktan, dan petani milenial. Acara berlangsung meriah bertempat di Jatim Expo Convention Center Surabaya Rabu (15/11/2023).

Melalui Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan, selalu berupaya untuk mendorong kemajuan yang signifikan di sektor pertanian. Dalam beberapa tahun terakhir, inflasi dan komitmen yang kuat telah membuahkan hasil posisi Jawa Timur untuk meningkatkan daya saing di sektor pertanian di bawah kepemimpinan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melalui Nawa Bhakti Satya berhasil memberikan perannya menjadi lumbung pangan nasional.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga memberikan perhatian khusus secara komprehensif bagi Kab/Kota, kelompok masyarakat, dan insan inovatif di bidang pertanian dan ketahanan pangan sebagai bagian langkah strategis untuk mencapai visi generasi emas 2045.

Salah satu penghargaan berhasil diraih Kelompok Wanita Tani "Mekar Sari" Desa Klino, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro atas dedikasi dan konsistensinya di bidang agrobisnis, yakni bantuan berupa sarana alat pengolahan bawang merah melalui program Desa Bhakti Nagari. Bantuan diberikan langsung oleh Gubernur Jatim bersama didampingi Kepala Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetiyo Adi mengatakan, Provinsi Jawa Timur dengan segala potensi sumber daya alam telah menjadi lumbung pangan nasional dan memberikan kontribusi yang besar bagi pemenuhan pangan Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik, total beras Provinsi Jatim tahun 2023 diperkirakan sebesar 5,54 juta ton atau mengalami peningkatan 7 ribu ton dibanding daerah lain sedang turun.

Prasarana pertanian yang subur dan kokoh di Jatim serta seperti embun, waduk, aliran irigasi tentunya juga perlu dioptimalkan dan di dukung dengan kebijakan yang baik agar bisa memperkuat eksistensi sebagai lumbung pangan nasional. Beberapa komoditas yang baik seperti beras, jagung, gula, telor ayam, semuanya ada di Jawa Timur. Semuanya berkat cita-cita kita bersama Jawa Timur sebagai negeri yang gemah ripah lohjinawi, toto tentrem kerto raharjo, imbuhnya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya mengatakan, bahwa dunia berpotensi mengalami krisis pangan. Dari hal yang menjadi kewaspadaan dunia, maka hari ini tentu kita bersama-sama menguatkan komitmen dan tekad, ikhtiar kita, berbagai teknologi yang mungkin bisa kita lakukan untuk bisa menjaga Jawa Timur sebagai lumbung pangan nasional.

"Selaras momentum hari pangan sedunia ke-43 tahun 2023 "water is life, water is food, maka HIPA menjadi sangat penting, bagaimana kemudian leave no one behind kita bersama maju bersama, kira bisa sejahtera bersama, makmur bersama, dan tidak boleh ada yang di tinggalkan dalam proses ini," ujarnya.

Peringatan Hari Pangan Sedunia Ke-43 Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 dimeriahkan dengan program pangan murah, pameran hasil pertanian serta olahan pangan, serta lomba cipta menu makanan inovatif Se-Jawa Timur.

Pj Bupati Bojonegoro Andriyanto bersama sang istri yang hadir saat itu berkesempatan mengunjungi salah satu stand peserta pameran cipta menu makanan dari TP PKK Desa Prayungan, Kecamatan Sumberrejo dalam hal ini mewakili Kabupaten Bojonegoro, lalu berkunjung ke stand Pameran Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bojonegoro. [lis]

Tag : penghargaan, hari pangan, dunia



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat