13:00 . Ratusan Personel Polres Bojonegoro Diterjunkan Pengamanan CJH   |   12:00 . Jemaah Haji Bojonegoro Berangkat ke Tanah Suci   |   11:00 . Forkopimda Lepas Ribuan Calon Jemaah Haji Bojonegoro   |   10:00 . 5 Pemuda Pelopor Bojonegoro Ikuti Seleksi Tingkat Provinsi Jatim   |   08:00 . Berangkatkan Kloter Awal CJH Bojonegoro, Pj Bupati : Jaga Kesehatan   |   16:00 . 1.544 Koper CJH Bojonegoro Diberangkatkan ke Surabaya   |   13:00 . Pertamina EP Cepu Produksi Gas 207.84 MMSCFD dari 3 Lapangan di Bojonegoro   |   08:00 . Dibonceng, Balita Meninggal Usai Tabrak Truk Parkir di Pinggir Jalan Raya Balen   |   20:00 . Kisah Pemuda Bojonegoro Terima Beasiswa LPDP Double Degree di Malaysia   |   19:00 . Kecewanya Warga Tak Jadi Dapat Listrik Gratis, Begini Penjelasan Pemdes   |   18:00 . Bantai PSIW 5-0, Persibo Melenggang Ke 32 Besar Liga 3 Nasional   |   16:00 . Bukan Masalah Asmara, Ini Motif Pelaku Pembacokan di Kamar Hotel Bojonegoro   |   14:00 . Ibu Dua Anak Diduga Pelaku Pembacokan Tertangkap di Grobogan Jateng   |   10:00 . Horeee....! PNS Pemkab Bojonegoro Bisa Lanjut Kuliah S2 dan S3 Gratis   |   09:00 . Korupsi Uang Pembangunan Jalan, Empat Kades di Bojonegoro Ditetapkan Tersangka   |  
Sat, 11 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

AKBP Rogib Triyanto Dimutasi, Jurnalis Bojonegoro Beri Raport Merah

blokbojonegoro.com | Friday, 08 December 2023 15:00

AKBP Rogib Triyanto Dimutasi, Jurnalis Bojonegoro Beri Raport Merah AKBP Rogib Triyanto yang hendak dimutasi dari jabatannya dari Kapolres Bojonegoro (Foto : Istimewa)

Reporter : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto akan dimutasi. Sementara sejumlah Jurnalis Media Massa di Kabupaten Bojonegoro memberi catatan merah bagi pucuk pimpinan Polres Bojonegoro yang akan berganti itu.

Mutasi AKBP Rogib Triyanto itu, berdasarkan Surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri nomor: ST/2750/XII/KEP/2023 tertanggal 7 Desember 2023.

Polisi berpangkat melati emas di pundaknya itu, akan ditarik ke 'kandang' aslinya, yakni Korps Brigade Mobile (Korbrimob). AKBP Rogib sapaan karibnya, akan dipindahtugaskan sebagai Wadansatbantek Pasgegana Korbrimob Polri di Markas Komando (Mako) Brimob Kelapa Dua, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat.

Sebagai gantinya, kursi Kapolres Bojonegoro akan diduduki AKBP Mario Prahatinto yang sebelumnya menjabat Kasubbagrenprogar Bagrenmin Divisi TIK Polri. Hal tersebut, juga dibenarkan Kepala Seksi Humas Polres Bojonegoro Iptu Supriyanto, soal pemutasian pimpinannya tersebut.

“Nggih, leres, (iya, benar),” tutur polisi dengan dua balok emas itu saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Jum'at (8/12/2023) pagi.

Sementara itu, pergantian pucuk pimpinan Polres Bojonegoro itu, direspon para jurnalis berkompetensi di Kabupaten Bojonegoro yang berasal dari media-media yang terverifikasi Dewan Pers, dan yang tergabung dalam organisasi profesi pers resmi.

Sebagian mereka mengaku senang, lantaran AKBP Rogib Triyanto dimutasi dari kursi Kapolres Bojonegoro. Mengingat, AKBP yang akrab disapa Rogib itu selama ini kerap tak mengacuhkan kerja jurnalistik yang dilakukan para awak media resmi.

Seperti yang diungkapkan Jurnalis beritajatim.com Tulusno Budi Santoso. Dia mengemukakan, berkali-kali tak diacuhkan AKBP asal Kediri tersebut. Untuk membuktikan, kata Tulus sapaannya, dia memiliki tangkapan layar chatting whatsapp yang tak pernah direspon AKBP Rogib.

"Salah satunya, ada puluhan tangkapan layar menujukkan AKBP Rogib tak acuhkan pesan konfirmasi saya. Itu membuat kerja jurnalistik saya terhambat," ujarnya.

Hal senada, diungkapkan Jurnalis Metro TV Bambang Yulianto. Jurnalis yang akrab disapa E'eng itu juga mengaku memiliki tangkapan layar upaya konfirmasinya yang tak diacuhkan AKBP Rogib.

"Kami siap menunjukkan seluruh tangkapan layar berisi upaya konfirmasi kami yang tak diacuhkan AKBP Rogib. Bila itu diminta sebagai bukti dan kami hanya dituding asal ngomong," jelasnya.

Sementara itu, Ketua AJI Bojonegoro Dedi Mahdi mengatakan, apa yang selama ini dilakukan AKBP Rogib kepada awak media di Kabupaten Bojonegoro memang sangat disayangkan.

"Sebagai pejabat publik, dia mestinya lebih ramah terhadap kerja-kerja jurnalistik. Supaya informasi disampaikan jurnalis kepada masyarakat atas institusinya bisa lebih akurat, bernilai, serta berimbang," ujar Dedi sapaannya.

Jurnalis MNC Group itu meneruskan, besar harapan AKBP Mario Prahatinto selaku Kapolres Bojoengoro yang baru, tak meneladani perangai AKBP Rogib kepada awak media.

"Kapolres Bojonegoro yang baru (AKBP Mario Prahatinto, red) wajib lebih terbuka, transparan, dan akuntabel dalam memberi informasi kepada awak media. Itu sudah konsekuensi menjadi pejabat publik," pungkasnya. [riz/mu]

 

 

Tag : Kapolres bojonegoro, Akbp rogib



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat