20:00 . RA ICP Nurul Ulum Wisata Edukasi di Bank Sampah Bojonegoro   |   19:00 . Inilah 8 Caleg DPRD Bojonegoro yang Diprediksi Bakal Melenggang dari Dapil VI   |   18:00 . 8 Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil V   |   17:00 . Sembilan Caleg Diprediksi Duduki Kursi DPRD Bojonegoro dari Dapil IV   |   14:00 . Pengangguran Angkatan Usia Kerja di Bojonegoro Capai 36.411   |   13:00 . Delapan Caleg Berpotensi Duduki Kursi DPRD Bojonegoro dari Dapil III   |   12:00 . Lapangan Gas JTB Mulai Fase Operasi, PEPC Pastikan Kontraktor Patuhi Aspek Keselamatan Kerja   |   10:00 . Sembilan Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil Dua   |   20:00 . Hari Kedua Inacraft 2024, UMKM Pertamina Raih Transaksi Rp1,3 Miliar   |   19:00 . Asyikk...! Makanan D'Konco Cafe Bisa Dipesan Lewat Grabfood   |   17:00 . Anniversary ke-75, Persibo Bojonegoro Sediakan 10 Ribu Kupon Berhadiah   |   15:00 . Berikut Perolehan Sementara Suara Dapil 1 Bojonegoro   |   14:00 . Jelang Ramadan Stasiun Bojonegoro Lakukan Pengecekan KA   |   11:00 . KBIHU Attanwir Gelar Manasik ke 16   |   10:00 . Makna Megengan Sambut Ramadan dalam Tradisi Islam di Jawa   |  
Tue, 05 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

DPR-RI Berharap Kapolres Bojonegoro yang Baru Lebih Transparan ke Publik

blokbojonegoro.com | Saturday, 09 December 2023 14:00

DPR-RI Berharap Kapolres Bojonegoro yang Baru Lebih Transparan ke Publik Anggota DPR-RI Komisi III Dapil IX Bojonegoro-Tuban, Didik Mukrianto (Foto : istimewa)

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Anggota Komisi III DPR-RI, Didik Mukrianto mengharapkan Kapolres Bojonegoro yang baru, AKBP Mario Prahatinto lebih terbuka dan transparan ke publik, apalagi terhadap media massa yang hendak konfirmasi terkait pemberitaan.

Hal tersebut, diungkapkan Didik Mukrianto lantaran ada pemberitaan terkait keluhan sejumlah awak media di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Dari pemberitaan tersebut sejumlah awak media mengaku kurang dihargai atau diremehkan oleh Kapolres Bojonegoro AKBP Rogib Trianto, di mana menurut pengakuan mereka, selama kurang lebih satu tahun bertugas di Polres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto nyaris tidak pernah membalas pesan atau menjawab telepon dari awak media.

Menurut angota komisi yang membidangi hukum, hak asasi manusia (HAM), dan keamanan, serta merupakan pasangan kerja dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) ini, bahwa media adalah sumber informasi dan pengetahuan.

“Media juga sebagai pilar pengawasan dan kontrol sosial. Kepolisian dituntut transparan dan akuntabel dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab besar baik menjaga kamtibmas, penegakan hukum, maupun memberikan pelayanan.” ungkap Didik melalui aplikasi pesan WhatsApp, Sabtu (09/12/2023).

Politikus Partai Demokrat itu menjelaskan, kehadiran dan kolaborasi antara media massa dan kepolisian, idealnya tidak bisa dipisahkan. Dalam menghadirkan dan menyerap informasi yang cukup di tengah-tengah masyarakat, mustahil tanpa ada partisipasi media massa dan jurnalis. Apalagi banyak informasi yang terus disebarluaskan Polri dalam memitigasi potensi ancaman kamtibmas.

“Saya rasa optimalisasi dan efektivitasnya akan maksimal dengan kolaborasi amplifikasi sahabat-sahabat media,” tutur Anggota DPR-RI Dapil IX Bojonegoro-Tuban itu.

Didik menambahkan, jika melihat tugas dan tanggung jawab kepolisian yang cukup besar, yaitu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, memberikan perlindungan dan pengayoman, memberikan pelayanan terhadap masyarakat, serta penegakan hukum, mustahil bisa berhasil tanpa partisipasi masyarakat, termasuk media atau awak media.

“Partisipasi dan dukungan masyarakat dapat diwujudkan jika Polisi bisa proaktif, responsif, dan humanis dalam melayani masyarakat,” jelasnya.

Apalagi, lanjut pria asli Kabupaten Magetan itu, Polri juga punya program Presisi. Harusnya anggota Polri bisa menampilkan sikap dan perilaku yang humanis dalam menghadapi masyarakat, termasuk Kapolresnya mengingat sebagian besar wajah dan potret Polres direpresentasikan Kapolresnya.

“Sebagai mitra Komisi III, saya berharap kepada Kapolres yang baru untuk bisa lebih proaktif dan responsif dalam melayani warga masyarakatnya. Polisi harus hadir dengan humanis servisnya, bukan dengan pendekatan yang represif,” pungkasnya. [riz/mu]

 



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat