17:00 . 592 Orang Daftar PPK Pilkada Bojonegoro 2024, Kebutuhan Hanya 140 Petugas   |   15:00 . Diperebutkan Ratusan Warga, Segini Gaji PPK Pilkada Bojonegoro 2024!   |   10:00 . Belajar, Pesan Penting Hardiknas Kini   |   20:00 . PKS Kantongi 3 Nama Bakal Calon Bupati, Satu Diantaranya Mantan Bupati Bojonegoro   |   18:00 . May Day, AJI Bojonegoro: Buruh Media Harus Berserikat   |   14:00 . EMCL Gandeng Ademos Kembangkan BUMDesMart di Desa Gayam   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Taklukan QDR Makassar 2-0 di Laga Perdana   |   16:00 . Pj Bupati Bojonegoro Luncurkan Layanan Primer (ILP) dan Lansia Sembada   |   14:00 . Terlanjur Hamil, Remaja di Bojonegoro Terpaksa Ajukan Diska.   |   12:00 . Begini Cerita Mahasiswa Unigoro Olah Pisang Ulin Lolos Pemuda Pelopor   |   11:00 . Proyek Trotoar Rp23,4 M Segera Dilelang   |   09:00 . Teka-Teki Perpanjang Jabatan Kades Belum Bisa Dipastikan   |   07:00 . Tak Puas di Ranjang Berujung Selingkuh Penyebab ASN di Bojonegoro Cerai   |   21:00 . Keseruan Polisi di Bojonegoro Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Bakal Bawa 27 Pemain di Liga 3 Nasional 2024   |  
Thu, 02 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Masa Tenang, Kades di Bojonegoro Arahkan Aparatur Desa Pilih Salah Satu Peserta Pemilu

blokbojonegoro.com | Monday, 12 February 2024 13:00

Masa Tenang, Kades di Bojonegoro Arahkan Aparatur Desa Pilih Salah Satu Peserta Pemilu Ketua Bawaslu Bojonegoro, Handoko Sosro Hadiwijoyo usai melakukan klarifikasi kepada Kades Ngunut (Rizki Nurdiansyah/blokBojonegoro.com)

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 memasuki masa tenang. Namun, di Kabupaten Bojonegoro terdapat seorang Kepala Desa (Kades) mengarahkan aparatur desa untuk memilih salah satu peserta Pemilu, melalui WhatsApp Group (WAG).

Hal tersebut, dilakukan Kades Ngunut, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Suwarno dalam WAG pemerintah desa (Pemdes) setempat yang beranggotakan Perangkat Desa, Ketua RT/RW, dan BPD setempat, kemarin (11/2/2024).

Adapun isi chatting yang tersebar ke beberapa WAG publik tersebut, yakni agar para Ketua RT dan RW serta aparatur desa setempat, agar membantu untuk memenangkan mantan Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah yang kini kembali mengikuti kontestasi politik sebagai calon legislatif (Caleg) DPR-RI Dapil IX Bojonegoro-Tuban dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dikonfirmasi perihal itu, Kades Suwarno juga tak menampik bahwasanya, dirinya telah melakukan hal tersebut. Suwarno mengaku, jika nantinya Anna Mu'awanah tidak mendapatkan suara dari Desa Ngunut, dirinya yang merasa malu.

“Walau bagaimana pun beliau mantan pemimpin, masa di Desa Ngunut tidak dapat suara satupun, jadi saya kan malu,” ungkap Suwarno ditemui di Balai Desa Ngunut, Senin (12/2/2024)

Sehingga, lanjut Suwarno, untuk mengantisipasi ketidakdapatan suara di Desa Ngunut. Akhirnya, pada masa tenang hari pertama, dirinya mengarahkan untuk para Ketua RT dan RW agar membantu suara Anna Mu'awanah di Desa Ngunut.

“Saya hanya mengingatkan, dulu ada intensif (untuk RT/RW) saat dipimpin beliau, mosok wis gak ileng (masa sudah lupa),” bebernya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, Handoko Sosro Hadiwijoyo bergerak cepat mengetahui hal tersebut. Dirinya langsung mendatangi Kepala Desa tersebut, untuk mengklarifikasi perihal pesan yang mengarahkan kepada salah satu peserta Pemilu.

“Kita mengklarifikasi kepada Kades dan saksi-saksi yang terlibat. Dan saksi membenarkan akan hal tersebut,” papar Handoko.

Pria yang akrab disapa Hans itu menjelaskan, pihaknya akan melakukan identifikasi pada perkara tersebut. Untuk menemukan pasal apa yang tepat untuk dikenakan pada Kades tersebut.

“Isi dari chattingnya mengarahkan ke salah satu peserta pemilu,” pungkasnya. [riz/lis]

 

 

 

Tag : pemilu, masa tenang, kampanye



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat