07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dorong Lansia Makin Sehat dan Aktif Pemkab Bojonegoro Launching ILP

blokbojonegoro.com | Friday, 03 May 2024 16:00

Dorong Lansia Makin Sehat dan Aktif Pemkab Bojonegoro Launching ILP

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan launching Integrasi Layanan Primer (ILP) dan Lansia Sembada (Sehat, Mandiri, Bahagia dan Berdaya) Kabupaten Bojonegoro.

Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro Adriyanto menyampaikan bahwa dengan launching ILP dan Lansia Sembada, diharapkan lansia di Bojonegoro semakin sehat, aktif dan terus berkontribusi.

"Kegiatan seperti ini adalah kewajiban pemerintah. Karena pemerintah sudah menyiapkan anggaran kesehatan untuk semua masyarakat," ungkap Adriyanto.

Pemkab terus melakukan usaha pemenuhan hak kesehatan, mulai dari bayi hingga lansia. Sehingga semua masyarakat memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, namun perlu dipahami bahwa pelayanan kesehatan bukan hanya tentang berobat.

"Tetapi juga melalui pemantauan kesehatan dengan posyandu. Ini merupakan wujud pelayanan pemerintah, tugas Kades agar lansia ini jangan sampai tertinggal posyandu," ujarnya.

Pj Bupati mengajak semua pihak untuk membawa lansia ke posyandu. Sebab posyandu ini menjadi penghubung masyarakat dengan sektor kesehatan. "Saya apresiasi juga kepada kader di posyandu. Semoga kerja kerasnya menjadi amal jariyah dan catatan pemerintah atas prestasi dan kinerjanya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bojonegoro, Ani Pujiningrum menyampaikan terkait penerapan ILP di Kabupaten Bojonegoro mulai dilaksanakan pada tahun 2023. Yakni dengan konsep seluruh puskesmas mengubah cara kerja dengan mengoordinasikan pelayanan kesehatan primer berdasarkan siklus dibagi ke dalam 5 klaster.

Klaster-klaster tersebut adalah manajemen, ibu dan anak, usia dewasa dan lanjut usia, penanggulangan penyakit menular, dan lintas klaster. Selanjutnya integrasi pelayanan Kesehatan Primer pada level desa dilaksanakan pada seluruh Pustu.

"Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer di Posyandu dilaksanakan melalui penataan posyandu yang sebelumnya berbasis program menjadi satu posyandu yang melayani seluruh siklus hidup," sambungnya.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan pelayanan kesehatan distandarisasi melalui Paket Pelayanan Kesehatan sesuai siklus hidup dengan penguatan skrining kesehatan. Dinkes telah melakukan persiapan pemenuhan sarana prasarana dan bahan medis habis pakai skrining, dan penguatan Kader Posyandu melalui peningkatan kompetensi kader secara bertahap untuk seluruh desa.

Saat ini telah terlatih 450 Kader Posyandu dengan 25 ketrampilan dasar. pilot project penerapan ILP mulai dilakukan bulan Oktober 2023 di Puskesmas Kepohbaru, Pustu Turigede dan Ponkesdes Mojosari serta Posyandu Integrasi di Desa Turigede dan Desa Mojosari Kecamatan Kepohbaru

"Seiring dengan peningkatan Angka Harapan Hidup di Kabupaten Bojonegoro yang pada tahun 2023 mencapai 72,57, berdampak pada peningkatan jumlah lansia yang meningkatkan risiko masalah Kesehatan. Dan sebagai bagian dari Integrasi pelayanan primer kegiatan preventif maka Dinas Kesehatan menginisiasi program LANSIA SEMBADA," ulasnya.

Sembada dalam Bahasa jawa Sembodo yang artinya serba cukup atau kuat. Diharapkan dengan program ini para Lansia Bojonegoro menjadi sehat, kuat, mandiri dan mampu beraktifitas serta dapat menjalani masa tua dengan bahagia.

Perlu diketahui, saat ini jumlah lansia sebanyak 222.794 jiwa dengan jumlah lansia aktif di Posyandu 62.448 jiwa. Program Lansia Sembada dilaksanakan melalui skrining kesehatan rutin dan pemberian tablet suplemen yang diberikan setiap bulan.

"Tahap pertama ditargetkan dapat menjangkau 65.000 lansia terutama lansia aktif di Posyandu. Kegiatan launching ILP hari ini menandai pelaksanaan ILP di Kabupaten Bojonegoro yang dilaksanakan 35 Puskesmas dan 70 Pustu sekaligus meresmikan program Lansia Sembada,"pungkasnya.[liz/lis]

 

 

Tag : pemda, bojonegoro, lansia



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat