15:00 . Ditinggal Bimtek, Rumah Anggota PPS di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   14:00 . Target Transisi Energi Terancam Tidak Tercapai, ini Sebabnya...   |   12:00 . Minggu Sore, Bazar Alumni Attanwir Mulai   |   11:00 . UNUGIRI Masuk 10 Kampus NU Terbaik 2024 Berdasarkan Peringkat SINTA Score   |   09:00 . Kepala Bappeda Bojonegoro Pilih Membisu saat Disinggung Perencanaan Mobil Siaga   |   06:00 . Sambung Sanad Ponpes Attanwir: PCNU Gresik Akui Istimewa   |   20:00 . Ratusan Alumni Ikuti Sambung Sanad Ponpes Attanwir ke Gresik   |   18:00 . Bersiap, Besok PDAM di Kedungadem dan Sebagian Sugihwaras Mati   |   17:30 . Meriahnya Sambung Sanad Ponpes Attanwir   |   17:00 . Stakeholders Day 2024, KPPN Bojonegoro Beri Penghargaan Operator Terbaik   |   16:30 . Ratusan Alumni Attanwir di Pesarean KH. Moh. Sholeh   |   16:00 . Berikut Skema Pemulangan Jemaah Haji Bojonegoro Pekan Depan   |   15:00 . Sedih, Begini Isi Surat Wasiat Milik Pria di Bojonegoro yang Diduga Tabrakkan Diri ke KA   |   14:00 . Diduga Bunuh Diri, Pria Tanpa Identitas di Bojonegoro Tabrakan Diri ke Kereta Api   |   21:00 . Lawan Persebaya, Manajemen Persibo Bojonegoro Bakal Boyong Pemain Baru   |  
Sun, 23 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

2 Kelompok Pemuda Saling Lempar Nasi, Tradisi Sawuran di Tondomulo saat Sedekah Bumi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 05 June 2024 18:00

2 Kelompok Pemuda Saling Lempar Nasi, Tradisi Sawuran di Tondomulo saat Sedekah Bumi Aksi Sawuran di Gunung Panji Desa Tondomulo, Kecamatan Kedungadem. (Foto: blokBojonegoro.com/Parto)

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Suasana di Gunung Panji, Desa Tondomulo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (5/6/2024) begitu ramai. Tampak 2 kelompok pemuda masing-masing berkaos hitam dan putih saling lempar nasi seperti sedang tawuran.

Mereka saling melempar nasi yang sudah dikepal berbentuk bulat, bahkan nasi dari serangan lawan juga dilempar kembali sampai mengenai lawan dan mengotori rambut hingga pakaian lawannya.

Aksi saling serang nasi berlangsung sekitar 5 menit. Setelah selesai, mereka saling berjabat tangan dan berpelukan satu sama lain.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari tradisi masyarakat Desa Tondomulo yang disebut dengan Nyadran Sawuran Sedekah Bumi Gunung Panji.

Kepala Desa Tondomulo, Yanto menjelaskan, prosesi dari Nyadran Sawuran Sedekah Bumi Gunung Panji dilaksanakan setiap tahun setelah musim panen sebelum Bulan Suro di hari Rabu Pon.

"Tradisi Sawuran, merupakan rangkaian dari Sedekah Bumi 3 dusun, yaitu Dusun Jantok, Tondomulo, dan Kedungbulus. Sebelumnya pada Selasa malam Rabu, ada ritual di punden yang dihadiri kepala desa dan perangkat desa," ujar Yanto.

Kemudian pada Rabu mulai pukul 10 pagi, dilaksanakan kirab gunungan hasil bumi yang diarak ke Sendang Panji. Berikutnya, menjalankan upacara, menceritakan silsilah dan sejarah adanya tradisi ini.



"Setelah sawuran, pada malam hari digelar tayub," kata Yanto.

Kepala Dusun Jantok, Noto mengungkapkan, dulu ada Joko Kelono yang mengembara dari desa satu ke desa lain hingga menemukan tempat yang damai dan tentram yaitu Gunung Panji. Kemudian menikah dengan putri selir Raja Mojopahit, dan mempunyai 2 putra yaitu Raden Panji Laras dan Raden Panji Saputro.

Kedua putra tersebut tidak pernah cocok di bidang apapun dan terjadi perselisihan. Oleh masyarakat diyakini sebagai tradisi, sehingga membuat buceng atau ambeng untuk makan bersama di tempat Gunung Panji.

"Saat makan bersama tidak semua mendapat bagian dan terjadi rebutan, sehingga saling lempar nasi. Kini tradisi itu dikenal dengan Sawuran," ulas Noto.

Dengan dilaksanakan Nyadran Sawuran Sedekah Bumi Gunung Panji, diyakini setelah usai upacara adat, masyrakat akan merasa tenteram dan damai.

"Serta, mendapatkan hasil panen yang melimpah dan dijauhkan dari marabahaya," pungkasnya.

Tradisi Sawuran, masuk dalam pencatatan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2021 dengan nomor 2021010513. [ito/red]

Tag : sawuran, Nyadran Sawuran Sedekah Bumi Gunung Panji, tondomulo, kedungadem, bojonegoro, jawa timur



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat