21:00 . 530 Embung Tersebar di Bojonegoro Sebagai Tadah Hujan   |   19:00 . Inspektorat Bojonegoro Buka Pendaftaran Penyuluh Anti Korupsi (Paksi)   |   18:00 . Selingkuh Jadi Salah Satu Terbanyak Penyebab Cerai di Bojonegoro   |   17:00 . 1.227 Warga Bojonegoro Cerai, 201 Gegara Judi Online   |   15:00 . Berantas Konflik Antar Perguruan, Polres Bojonegoro Gelar Turnamen Silat   |   14:00 . 34 Pesonel Polres Bojonegoro Menyandang Pangkat Baru   |   11:00 . Pemilihan Kepala PAUD Percontohan Aisyiyah Takerharjo, Inilah 4 Pemimpin Terpilih   |   16:00 . Lima Fondasi Kurikulum Progresif Intensif ala Pesantren   |   14:00 . PEPC Sinergi dengan Perhutani Tingkatkan Kualitas Pertanian di Bojonegoro   |   13:00 . 386 Kades di Bojonegoro Rampung Diperiksa Kejari Soal Mobil Siaga, Segera Tetapkan Tersangka?   |   12:00 . Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno Outing Jurnalistik di Mojokerto   |   11:00 . Pilkada Bojonegoro 2024: Jumlah TPS Berkurang 50 Persen   |   10:00 . EMCL dan UMKM Bojonegoro Raih Penghargaan Tertinggi di Ajang Bina Mitra UMKM Award 2024   |   22:00 . Cetak Pemuda Enterpreneur, Dinpora Bojonegoro Gelar Workshop Wirausaha Muda   |   18:00 . Gebyar Seni 2 Malam Meriahkan Wisuda Purna Siswa di Madrasah ini   |  
Fri, 05 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno Outing Jurnalistik di Mojokerto

blokbojonegoro.com | Wednesday, 03 July 2024 12:00

Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno Outing Jurnalistik di Mojokerto Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno Berkunjung di Museum Trowulan Mojokerto. (Foto: Tim)

Pengirim: Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno, Kelompok 1*

blokBojonegoro.com - Hallo sobat! Apa kabar nih? Kalian tahu nggak ada kegiatan outing jurnalistik tahunan untuk para Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno yang diadakan pada hari Selasa 2 Juli 2024 kemarin, yang bertepatan dengan libur sekolah.

Peserta kegiatan ini terdiri dari para siswa-siswi Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno serta beberapa guru pendamping seperti Miss Olifia, Bu Ita, Bu Safira, Pak Puguh, dan Kak Parto Sasmito atau Kak Atho' dari blokBojonegoro.com.

Destinasi outing kali ini juga sangat menarik karena mengunjungi beberapa tempat bersejarah, seperti Museum Trowulan Majapahit, Candi Bajang Ratu, Candi Tikus, dan Patung Budha Tidur.

Perjalanan dimulai sekitar pukul 05.30 pagi, dan sampai di tujuan pertama, Museum Trowulan pada pukul 09.13 WIB. Di sana, para Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno dipersilahkan untuk mengeksplorasi barang-barang dan candi-candi bersejarah yang ada.

Kemudian, di Candi Bajang Ratu, tempatnya sangat indah banyak rumput-rumput yang terbentuk cantik, serta candi yang berbentuk gapura besar yang berdiri di tengah-tengah. Di sana sebanyak 25 siswa diajak bermain game kecil oleh Kak Atho' untuk menyegarkan badan, konsentrasi dan kekompakan. Selanjutnya, siswa dibagi menjadi 5 kelompok dan diberi tugas berbeda di setiap kelompok. Mulai dari melakukan wawancara dengan petugas Candi Bajang Ratu, hingga pengunjung.

Kelompok Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno foto bersama usai melaksanakan tugas wawancara saat di Candi Tikus. (Foto: Tim)

 

Nah, lanjut di Candi Tikus, di sana lingkungannya sangat bersih, banyak tempat untuk berteduh. Candi Tikus ini unik karena tempatnya di bawah permukaan tanah sekitarnya. Tetapi pengunjung tidak boleh turun dan hanya melihat dari atas saja. Di sana, kelompok yang mendapatkan tugas liputan, melakukan wawancara kepada petugas dan pengunjung.

Setelah istirahat, salat, dan makan, destinasi selanjutnya di Patung Budha Tidur. Di lokasi tempat ibadah umat Budha yang dibuka untuk wisata edukasi ini, banyak sekali  patung-patung yang dipamerkan, dan terdapat beberapa ikan yang di dalam kolam. Di dalam wisata tersebut keadaan lingkungannya sangat bersih dan sangat terjaga. Oh iya, patung Budha Tidur ini terbesar nomor 3 di dunia setelah Thailand dan Nepal, serta terbesar nomor 1 di Indonesai dengan panjang 22 meter, lebar 3 meer, dan tinggi 50cm.

Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno Berkunjung Patung Budha Tidur di Mojokerto. (Foto: Tim)

 

Pembina Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno Bu Ita Nuryana, S.Pd mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk merefresh anak-anak jurnalis setelah terbitnya Majalah Bhakti "Dan juga sebagai sarana edukasi bagi mereka," kata Bu Ita.

Pelatih Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno, Ms. Olifia Bastianingrum, S.Pd menjelaskan, Outing Jurnalistik itu tidak hanya sekedar healing atau refresh semata.

"Yang dikunjungi juga tempat edukasi. Itu alasan kenapa tim Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno datang ke Mojokerto, untuk mengetahui sejarah Majapahit dan candi-candi di sekitarnya," tutur Ms Olif.

Pasti pengalaman yang tak terlupakan ya! Semoga kegiatan outing jurnalistik ini memberikan banyak inspirasi dan pengetahuan baru bagi semua peserta.

*Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno, Kelompok 1:
- Ashyla 7B
- Mirza 7A
- Alya 7D
- Kayla 7F
- Nabila 7F

Tag : Jurnalis Bhakti SMP Negeri 1 Baureno, Outing Jurnalisti, Mojokerto, Sejarah, Candi, Mojopahit, Budha Tidur



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat