18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Upaya Maksimal Membumikan Al-Qur’an, Pesmad Darul Fikri Gelar Ujian Tasmi’

blokbojonegoro.com | Tuesday, 14 May 2024 06:00

Upaya Maksimal Membumikan Al-Qur’an, Pesmad Darul Fikri Gelar Ujian Tasmi’

Pengirim: Slamet Widodo*

blokBojonegoro.com - Pesantren Madrasah (Pesmad) Darul Fikri MTs. Negeri 3 Bojonegoro mengadakan ujian terbuka hafalan Al-Quran (Ujian tasmi') santri kelas akhir tahun pelajaran 2023/2024. Ujian tersebut terjadwal berlangsung selama sepekan. Diawali dengan upacara pembukaan yang diadakan pada Minggu (12/5/2024) dan berakhir pada Jumat (17/5/2024) nanti.

Kegiatan ini menjadi agenda rutin pada setiap akhir tahun. Ujian tasmi’ tahun ini diikuti oleh 21 santri. Diadakan di mushalla Pesmad setempat. Hadir dalam acara tersebut dewan asatidz, wali santri kelas akhir dan santri kelas 7 dan 8.

Anas Amrullah, salah satu dewan asatidz dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengevaluasi santri atas capaian hafalan Al-Quran yang diperoleh selama tiga tahun belajar di Pesmad ini.

“Sekaligus sebagai motivasi bagi adik-adik kelas agar lebih bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan kualitas dan kuantitas hafalannya selama di pondok,” jelasnya.

Tujuan lain, lanjut Kang Anas, sapaan akrabnya, untuk membumikan Al-Qur’an di lingkungan Pesmad. “Tentu orientasi utamanya adalah untuk menggapai rida Allah Swt.,” tutur penyuka kopi pahit ini.

Sementara itu, Ahmad Muhibbudin, Kepala Pesmad Darul Fikri MTs. Negeri 3 Bojonegoro, melalui aplikasi per-pesanan Whats App, pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut. Ia menuturkan, kegiatan ini wajib diadakan di setiap tahun. Sebagai sarana untuk menguji kemampuan dan kualitas santri dalam menghafal Al-Qur’an.

“Sebagai bekal santri dalam melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” tulisnya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari kepala MTs Negeri 3 Bojonegoro, H. Juki. Apresiasi itu dikirim melalui aplikasi per-pesanan Pihaknya Whats App.

“Subhanallah, saya sangat bangga dengan Pesmad Darul Fikri. Semoga Ustadz – ustadzahnya dan petugas lain yang mendukung , mendapat syafaatnya Al-Quran yang dibaca santri setiap hari. Amin,” tulisnya.

Pihaknya tidak bisa hadir pada acara tersebut, sebab saat ini ia mendapat tugas sebagai petugas haji di tanah suci.

Peserta tasmi’ mengikuti ujian sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Dalam sehari terjadwal ada empat peserta. Waktunya pagi dan siang, masing-masing dua peserta. Mereka tampil satu persatu, duduk di atas panggung yang telah disediakan. Sebelum naik ke atas panggung, masing-masing peserta didampigi ustadz pembimbingnya kemudian sungkem kepada orang tuanya untuk meminta do’a restu.

Peserta tasmi’ membaca hafalan al-Quran bilghoib di hadapan penguji yang terdiri dari orang tua/wali santri dan dewan asatidz.

Materi hafalan yang diujikan yakni surah al-Waqi’ah, surah al-Mulk, Juz 30, Awraad Yaumiyyah (Wirid sehari-hari), dan perolehan hafalan tambahan masing-masing santri.

Pada tahun ini, perolehan hafalan santri terbanyak adalah 5 juz.

Adapun peserta tasmi’ sebagai berikut:

1. Rayhan Shofi Mubarok, 5 juz

2. Azalia Cheisy Anggraini, 4 juz

3. Aufa Vanza Khoirunnisa, 4 juz

4. M. Daffa Jaya Pratama, 3 juz

5. Amilatun Nur Aini, 3 juz

6. Afif Saifullah, 3 juz

7. Nisrina Khoirum Fadiyah, 3 juz

8. Siti Halena Julia Izzati, 3 juz

9. Salsabila Firdaus Abradil, 2 juz

10. Jihan Syafa Nur Luthfiyah, 2 juz

11. Fadhilah Dwi Anggraini, 2 juz

12. Silvi Fatmawati, 2 juz

13. Citra Zahrotul Muzara, 2 juz

14. Almira Nayaka Rokhmatul Islam, 2 juz

15. Muhammad Fadhil, 1 juz

16. Muhammad Farel, 1 juz

17. M. Khirzal Asadil Anam, 1 juz

18. Galih Eling Jati Pati, 1 juz

19. Dimas Yohana Pangestu, 1 juz

20. Ahadan Darunnaja, 1 juz

21. Ahmad Bahrul Musyaffa, 1 juz

 

 *Penulis adalah Guru Matematika MTs. Negeri 3 Bojonegoro

Tag : Pesmad Darul Fikri, MTs Negeri 3 Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat