08:00 . 2 Mahasiswa PJKR UNUGIRI Bojonegoro Raih Gelar Juara Ju-Jitsu dalam Piala Bupati Ngawi   |   17:00 . Gandeng Kampus Lokal, Guru Matematika SMA Bojonegoro Berlatih Membuat AR   |   15:00 . Wadahi Potensi, Pesantren Modern Al Aly Gelar Kompetisi   |   09:00 . Dibalut Proses Sungkeman, 522 Siswa SMK Negeri 1 Bojonegoro Dilepas   |   15:00 . Gugat KPU ke Bawaslu, Bapaslon Nurul-Nafik: Silon Sering Error   |   06:00 . Setahun Jadi ISTeK ICsada, Akreditasi Kampus Ungu Dapat Predikat Baik   |   20:00 . PHE Raih Penghargaan dalam IPA Convex 2024   |   19:00 . Geliat Memperingati Hari Buku   |   18:00 . Tiga Klub Milik Exco PSSI Melenggang Babak 16 Besar Liga 3 Nasional   |   17:00 . HUT Dekranasda ke-44, Ketua Dekranasda Bojonegoro Ajak Kader Terus Gali Potensi dan Tingkatkan Kreatifitas.   |   16:00 . Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal Akan Gugat KPU Bojonegoro   |   15:00 . KPU Bojonegoro Kembalikan Berkas Dukungan Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal   |   14:00 . TP PKK Sarangan Gelar Pelatihan Racik Ramuan Toga   |   12:00 . Kacabdindik Bojonegoro Tuban Dukung Gerakan Kantin Halal bersama LP3H KAHMI   |   11:00 . Laga Pamungkas, Persibo Gagal Tumbangkan Adhyaksa Farmel FC   |  
Mon, 20 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mahasiswa UMM Kota Malang Ajak Warga Bandungrejosari Hasilkan Eco Enzym dari Sampah Organik

blokbojonegoro.com | Sunday, 18 February 2024 18:00

Mahasiswa UMM Kota Malang Ajak Warga Bandungrejosari Hasilkan Eco Enzym dari Sampah Organik

Pengirim: Fitriani Amalia P

blokBojonegoro.com - Di tengah kepedulian akan lingkungan yang semakin meningkat, mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang mengajak masyarakat kelurahan Bandungrejosari untuk menghasilkan eco enzym dari sampah organik, sebagai langkah konkrit dalam menjaga lingkungan.

PMM merupakan salah satu cara bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang mereka pelajari di kampus secara langsung dalam masyarakat. Dalam proyek ini, mahasiswa tidak hanya berbagi pengetahuan tetapi juga berperan sebagai agen perubahan untuk membantu masyarakat dalam mengubah perilaku mereka terhadap lingkungan

Mahasiswa yang berada di bawah bimbingan dosen Muhammad Khoirul Fuddin SE., ME ini merupakan kelompok 92 gelombang 7 yang beranggotakan 5 orang yaitu Muh. Naufal Farasa, Rohmatul Afidah, Fitriani Amalia P, Maura Alivia dan terakhir Kurnia Mawaddah.

Program penyuluhan dilaksanakan di Balai RW 10 kelurahan Bandungrejosari Kecamatan Sukun, Kota Malang, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah organik secara berkelanjutan. Eco enzym, cairan hasil fermentasi bahan alami, dipandang sebagai solusi ramah lingkungan yang dapat mengurangi dampak negatif sampah organik terhadap lingkungan.

Eco Enzym: Solusi Ramah Lingkungan dari Sampah Organik

Senin 5 Februari 2024 di kelurahan Bandungrejosari, ibu-ibu rumah tangga berkumpul di aula kelurahan untuk mengikuti penyuluhan tentang pembuatan eco enzym dari sampah organik. Mahasiswa yang terlibat dalam proyek ini dengan antusias memperkenalkan konsep eco enzym kepada peserta.

Mereka menjelaskan bagaimana eco enzym dapat diproduksi dari bahan-bahan alami seperti sisa-sisa buah, sayur dan gula. Para ibu-ibu rumah tangga diberi pemahaman tentang manfaat eco enzym, ini memiliki beragam manfaat, mulai dari membersihkan rumah hingga mengurangi limbah kimia yang merusak lingkungan hingga bisa digunakan untuk menunjang kebersihan lingkungan yang berefek pada naiknya kualitas hidup sehat.

"Kami percaya bahwa mengajak masyarakat untuk terlibat langsung dalam pembuatan eco enzym dapat menjadi langkah awal yang baik dalam mengurangi dampak negatif sampah organik terhadap lingkungan," ujar Maura, salah seorang mahasiswa UMM asal Bojonegoro yang terlibat dalam proyek ini.

Kolaborasi dan Kebersamaan dengan Ibu-Ibu Rumah Tangga

Kegiatan ini tidak hanya melibatkan mahasiswa, tetapi juga melibatkan ibu-ibu rumah tangga sebagai mitra utama. Fokus mereka adalah memberikan penyuluhan tentang pembuatan eco enzym dari sampah organik kepada warga Bandungrejosari, Kota Malang. Sebelum mempraktikkan cara pembuatan eco enzym, para peserta sudah dipersiapkan untuk mengelola sampah anorganik, seperti buah-buahan.

Mereka tidak hanya diajak untuk belajar, tetapi juga berperan aktif dalam proses pembuatan eco enzym. Dengan kolaborasi yang baik antara mahasiswa dan ibu-ibu rumah tangga, tercipta suasana yang menyenangkan dan penuh antusiasme dalam kegiatan tersebut.

"Kami sangat senang bisa belajar tentang cara membuat eco enzym ini. Selain membantu lingkungan, kami juga dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari di rumah," kata Ibu Sholichah, salah seorang peserta penyuluhan.

Dampak Positif dalam Masyarakat

Langkah ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi lingkungan, tetapi juga memberikan dampak positif dalam masyarakat. Dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah organik, diharapkan akan terjadi perubahan perilaku yang lebih berkelanjutan dalam jangka panjang.

"Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya untuk peduli terhadap lingkungan dan mulai mengambil tindakan nyata untuk menjaga kelestarian alam," tambah Kurnia.

Dengan adanya proyek PMM ini, terbukti bahwa mahasiswa memiliki peran yang penting dalam mengedukasi dan menginspirasi masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan. Dengan kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat, diharapkan dapat tercipta perubahan positif yang berkelanjutan dalam upaya pelestarian lingkungan. [mu]

 

Tag : mahasiswa, umm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat