19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |   16:00 . Berita Duka, Ibunda Mayjend (TNI) Purn. Wardiyono Tutup Usia   |   14:00 . Belasan Pemotor Hendak Balap Liar di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   13:00 . Pulang Usai Pemakaman Kakek, Bocah di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Embung   |   08:00 . Wujudkan Kampus WCU, Pengurus IKA Unugiri Tingkat Fakultas Dilantik   |   07:00 . Perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Wujud Kebersamaan dalam Akulturasi Budaya Budaya   |   18:00 . Berikut Amalan untuk Perempuan Haid saat Nisfu Sya'ban   |   17:00 . Ratusan Siswa Antusias Tambah Wawasan Baru Tentang Energi   |   15:00 . Tata Cara Baca Surat Yasin 3 Kali Malam Nisfu Sya'ban   |   11:00 . Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan di Ramadan   |   16:00 . Kades di Bojonegoro Tak Netral Saat Pemilu, Bawaslu Serahkan Perkara ke Pj Bupati   |   15:00 . Mutasi Pejabat di Bojonegoro Batal Mendadak, Benarkah Ada Intervensi Politik?   |   14:00 . Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro Mendadak Dibatalkan, Ada Apa?   |   13:00 . Malam yang Ditunggu, Ini Keutamaan dan Amalan Nisfu Sya'ban   |  
Mon, 26 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro Bersama Warga Desa Ngablak Resmikan Pusat Pelatihan Sampah Organik

blokbojonegoro.com | Sunday, 26 November 2023 06:00

Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro Bersama Warga Desa Ngablak Resmikan Pusat Pelatihan Sampah Organik

Pengirim: Artika Dwi Rahayu

blokBojonegoro.com - Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ikatan Pecinta Alam Mahasiswa (IPAMA) launching dan resmikan pusat pelatihan sampah organik di Desa Ngablak, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (22/10/2023).

Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro yang tergabung sebagai tim pelaksana Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA) berhasil melauching dan meresmikan pusat pengelolaan sampah organik. Tim pelaksana telah melaksanakan Program OSDI (Omah Sampah Digital) selama lebih dari 4 bulan di Desa Ngablak.

Pusat Pelatihan Sampah Organik ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat desa tentang manfaat daur ulang sampah organik dan cara mengelolanya dengan benar.

Sampah organik yang dihasilkan masyarakat desa dapat dikelola kembali menjadi ecoenzyme maupun pupuk kompos. Dimana nantinya ecoenzyme ini dapat diolah menjadi sabun, detergen, cairan pembersih maupun pupuk cair yang bisa dimanfaatkan kembali oleh masyarakat desa.

Pusat Pelatihan ini terletak di salah satu rumah warga desa yaitu Ibu Hafidhoh serta Pusat Bank Sampah yang terletak di area MTS Darut Tauhid di Desa Ngablak.

Ketua tim pelaksana, Risna Nur Avika, menyampaikan, “saya berterimakasih kepada Desa Ngablak yang sudah bekerja sama dengan tim kami. Dengan adanya program dan pusat pelatihan sampah ini, semoga apa yang kami lakukan bisa bermanfaat dan berkelanjutan.”

Program ini juga mendapatkan apresiasi dari pihak Desa Ngablak. Kepala Desa, Bapak Susianto, menyatakan, “Program ini saya nilai sudah bagus, kalau bisa kembali lagi ke Desa untuk membantu memberikan pelatihan ke pada warga saya, agar dapat berkembang lagi dalam pengetahuan untuk pengelolaan sampah.”

Ibu Hafidhoh selaku ketua komunitas zero waste di Desa Ngablak, mengatakan dengan adanya Pusat Pelatihan serta Bank Sampah OSDI ini sangat membantu, semoga kedepannya banyak generasi muda sadar akan pengelolaan sampah.

"Tidak hanya mengolah sampah bernilai ekonomis tetapi juga bagaimana mengelola sampah agar menjadi ramah lingkungan,” tutupnya.

 

Tag : Ikip pgri bojonegoro, ikip, bank sampah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat