22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |  
Mon, 29 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Unugiri Bojonegoro Launching Pojok Statistik

blokbojonegoro.com | Thursday, 21 September 2023 15:00

Unugiri Bojonegoro Launching Pojok Statistik

Pengirim: Hani Normalasari *

blokBojonegoro.com - Statistik telah launching di Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro (Unugiri) tepat pada hari Rabu, (20/09/2023) di Hall Hasyim Asy'ari LT 3 Rektorat dan disiarkan langsung oleh channel YouTube Unugiri TV.

Seperti yang diketahui, Unugiri merupakan satu-satunya Universitas di Bojonegoro yang memiliki program studi Statistika dan Sains Data, prodi ini termasuk dalam Fakultas Sains dan Teknologi.

Acara yang dikemas dengan Kuliah Umum dan Launching Pojok statistik ini mengusung tema "Membangun Perekonomian Melalui Data Menuju Bojonegoro yang Tangguh dan Bersaing".

Pada acara kali ini dihadiri langsung oleh kepala dan juga keluarga besar Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bojonegoro, Rektor dan juga Wakil Rektor 1, 2, dan 3 Unugiri, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Kaprodi serta jajaran dosen dan juga mahasiswa prodi Statistika dan Sains Data Unugiri Semester 1 hingga semester 8, dan dipandu langsung oleh Ossa Adnan sang MC kondang di Bojonegoro.

Pojok Statistik merupakan layanan kolaborasi antara BPS dan Perguruan Tinggi yang berfungsi sebagai media layanan dan promosi statistik di lingkungan Universitas.

Hingga saat ini Pojok Statistik di kabupaten Bojonegoro sudah ada di dua Universitas yakni di Universitas Bojonegoro dan juga Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

Selain itu rangkaian acara yang digelar pada Rabu pagi ini berjalan lancar dan meriah dengan semarak jargon "Ayo Tingkatkan Literasi Statistik-mu"

Dalam sambutannya Kiki Ferdiana S.ST M.Si selaku kepala BPS kab Bojonegoro menyebutkan bahwa berdasarkan survey kebutuhan data yang dilakukan oleh BPS kabupaten Bojonegoro tahun 2022 kemarin, mayoritas pengguna pelayanan statistik di PST itu adalah palajar atau mahasiswa, ada sebanyak 50% yang berasal dari lingkungan perguruan tinggi.

"Oleh karena itu BPS kabupaten Bojonegoro menghadirkan Pojok Statistik di lingkungan perguruan tinggi," ungkapnya.

Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, M Jauharul Ma'arif, M.Pd.I, menyampaikan bahwa di dunia pendidikan data statistik sangat penting apalagi kemampuan menganalisis data statistik.

"Semua prodi di Unugiri ini memerlukan statistik dan semua prodi memerlukan mata kuliah statistik, hal ini menunjukkan betapa pentingnya statistik di dunia pendidikan," tuturnya.

Setelah itu dilakukannya pemukulan gong dan penandatanganan oleh Rektor Unugiri dan juga Kepala BPS kabupaten Bojonegoro yang disaksikan oleh seluruh peserta sebagai tanda launching Pojok Statistik Unugiri Bojonegoro. Dan dilanjutkan penandatanganan kerja sama dari BPS kabupaten Bojonegoro oleh Ir. Inayah, M.Si dan dari Unugiri oleh Nita Cahyani, S.si M. Stat selaku kaprodi Statistika dan Sains Data Unugiri Bojonegoro. Dan yang terakhir penandatanganan piagam penghargaan oleh Rektor Unugiri dan juga Kepala BPS kabupaten Bojonegoro.

Selanjutnya peserta mendapatkan materi kuliah umum dari BPS kabupaten Bojonegoro yang dipaparkan oleh Nila Oktaria Widiyanti, S.ST yang merupakan Ketua Team Neraca Regional dan juga pemaparan materi dari Ketua Team Pojok statistik yakni Binar Ulfadari, S.Si.

Setelah dilakukannya launching pojok statistik dan juga kuliah umum terdapat juga sesi tanya jawab mahasiswa kepada BPS, challenge posting story Instagram, hingga challenge kuis online, dan juga pembagian door prize. Kemudian ditutup dengan kunjungan ke pojok statistik Unugiri Bojonegoro yang terletak di lantai 2 gedung B K.H Wahab Chasbullah.

*Penulis adalah Mahasiswa Semester 1 Statistika dan Sains Data Unugiri

 

 

Tag : Unugiri, Bojonegoro, statistik, BPS



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat