21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |   11:00 . Inilah Nama-Nama Komisioner KPU Bojonegoro Terpilih   |   09:00 . Jelang Armuzna, Kemenag Cek AC dan Listrik   |   08:00 . Inilah Rangkaian Haul ke 32 Mbah Yai Sholeh   |   07:00 . Daging Kurban yang Boleh Dimakan Pengkurban   |   06:00 . Rangkaian Haul ke 32 KH. Moh. Sholeh Siap Digelar   |   22:00 . Duh..!!! Perangkat Desa di Bojonegoro Bacok Adik Iparnya   |   21:00 . Dapat Konsumsi Selama Armuzna, Tidak Perlu Bawa Beras dan Magicom   |  
Fri, 14 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Meski Minim Persiapan, SMA Negeri 1 Kepohbaru Tampil Maksimal dalam Pawai Budaya

blokbojonegoro.com | Wednesday, 30 August 2023 22:00

Meski Minim Persiapan,  SMA Negeri 1 Kepohbaru Tampil Maksimal dalam Pawai Budaya

Pengirim: Moh. Alim*

blokBojonegoro.com - Pelaksanaan HUT kemerdekaan RI ke 78 di tahun 2023 masih berlangsung hingga akhir bulan Agustus. Mulai dari tingkat kabupaten, lingkup kecamatan, hingga wilayah pedesaan. Berbagai perlombaan dibuat untuk memeriahkan perayaan tahunan tersebut. Seperti halnya Karnaval yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Kepoh, Kecamatan Kepohbaru, Rabu (30/8/2023).

Pemerintah Desa Kepoh yang terdiri dari 23 RT/Rw mengajak serta satuan pendidikan mulai dari tingkat PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs hingga SMA yang ada di wilayah Desa Kepoh.

Karnaval Desa Kepoh menggunakan rute dengan titik start dari Dusun Bakalan, Kedungsari, Dungdang hingga finish di Semanding untuk tingkat SMA dan umum (RT/RW). Sedangkan untuk tingkat PAUD hingga SD/MI, MTs menggunakan start di lapangan Dusun Dungdang dengan finish yang sama di Semanding.

SMA Negeri 1 Kepohbaru yang turut serta dalam karnaval menjadi satu-satunya pendidikan tingkat menengah atas yang ikut memeriahkan karnaval yang diadakan oleh pemerintah desa Kepoh. Mengambil tema Pawai Budaya, SMA Negeri 1 Kepohbaru menampilkan prestasi-prestasi terbaik yang ada di sekolah. Mulai dari pasukan paskibra, beberapa ekstra unggulan antara lain Tahfidzul Qur'an, ekstra musik religi, Pramuka, Futsal, Tari Tradisional, dan juga satuan PMR yang siap sedia memberikan pelayanan kesehatan di setiap kegiatan sekolah.

Tampak jajaran pengurus OSIS dan MPK dalam barisan peserta. Sebuah mobil hias dengan ornamen burung Garuda juga menghiasi barisan peserta didik SMA dengan sepasang pengantin yang menggunakan pakaian adat Jawa timuran duduk di kursi mahkota. Hal ini sebagai pembelajaran kepada siswa agar tetap mengenal dan mengembangkan adat dan budaya yang ada di wilayahnya di tengah gempuran teknologi yang sangat pesat.

Bu Yani, sapaan akrab untuk ketua panitia perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 78 di SMA Negeri 1 Kepohbaru mengatakan, acara sangat meriah dan dirinya berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung terwujudnya kegiatan karnaval tersebut.

"Sebenarnya masih kurang persiapan. Andai masih ada waktu, pasti akan dikemas lebih baik lagi. Tapi Alhamdulillah Bapak Ibu guru banyak yang ikut serta untuk memeriahkan karnaval," paparnya setelah acara.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Pak Shodik, juga memberikan apresiasi peserta didik dari SMA yang mengikuti karnaval.

"Perayaan bukan berarti harus meninggalkan moral dan etika. Alhamdulillah, luar biasa. Penampilan anak-anak sangat antusias dan tetap menjaga norma-norma yang ada di masyarakat. Gembira boleh norak jangan," pungkasnya. [ito]

*Penulis adalah Guru SMAN 1 Kepohbaru

Tag : SMA Negeri 1 Kepohbaru, Desa Kepoh, Kepohbaru, Bojonegoro, budaya, pawa budaya



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat