21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tutup MPLS dan Peringatan Tahun Baru Islam dengan Pentas Seni

blokbojonegoro.com | Saturday, 29 July 2023 10:00

Tutup MPLS dan Peringatan Tahun Baru Islam dengan Pentas Seni

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) para siswa-siswi SMP IT Insan Permata Bojonegoro, hari ini resmi ditutup.

Penutupan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Masa Pengenalan Lingkungan Pondok (MPLP) dan Matrikulasi juga dirangkai dengan peringatan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah ini digelar di area halaman SMP IT Insan Permata Bojonegoro, Jl. Cendekia Bojonegoro, Sabtu (29/7/2023).

Dalam agenda ini, para siswa diberi wadah kreasi dan ekspresi yang meliputi demo ekstrakurikuler, tampilan masing-masing kelas, serta pentas seni dari kelompok MPLS. Terdapat tiga ekstrakurikuler wajib yang dihadirkan oleh SMP IT Insan Permata Bojonegoro, yakni Pramuka, Panahan, dan Taekwondo. Sementara ekstrakurikuler pilihan lain terdapat 11 kegiatan, diantaranya ekstrakurikuler Robotik, renang, poster digital, dan lainnya

Ustadz Rizal selaku Ketua Panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada semua siswa-siswi yang telah melaksanakan dan mengikuti kegiatan MPLS, MPLP, dan Matrikulasi dari awal hingga usai. Ustadz Rizal berpesan, bahwa penutupan kegiatan ini bukan yang terakhir tapi ini adalah awal di tahun ajaran 2023-2024.

"Saya harapkan kita bisa kompak dan bisa menjalankan semua dengan sebaik-baiknya. Kata Mbah Semar, Urip iku urup artinya hidup itu menyala. Ketika kita menyala artinya itu kita berperan, setiap agenda setiap kegiatan kalian harus senantiasa untuk berperan sesuai dengan apa yang menjadi tanggung jawab kalian," ungkap Ustadz Rizal berpesan kepada segenap siswa.
 
Lebih dari itu, lelaki yang juga guru Bahasa Indonesia itu berpesan agar para siswa tetap semangat. Apa saja yang dilakukan di MPLS, mulai dibiasakan dalam keseharian, mulai dari adab makan, adab bertemu ustadz-ustadzah, dan adab-adab lainnya guna mendukung perkembangan karakter siswa.

"Hari ini juga kita memperingati tahun baru Islam 1445 Hijriyah, mari kita senantiasa menjadikan diri kita lebih baik. Tetap semangat utuk menjadi yang lebih baik dan lebih baik lagi,' tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ustadzah Ratih selaku Kepala SMP IT Insan Permata Boarding School Bojonegoro menyampaikan selamat datang kepada para siswa baru yang sudah menjadi bagian dari SMP IT Insan Permata Bojonegoro.

"Kalau kemarin masih masa pengenalan, maka hari-hari berikutnya kalian akan merasakan masuk ke dunia yang nyata yaitu masa pembelajaran aktif, pembelajaran yang terjadwal dari pagi hingga sore seperti kakak kelas yang lain yang selama sebulan ini juga sudah mulai pembelajarannya bisa mengikuti seluruh proses pembelajaran baik di asrama maupun di sekolah dengan sebaik-baiknya," papar Ustadzah Dwi Ratih.

Kepala SMP IT Insan Permata Bojonegoro menambahkan, siswa diharapkan bisa mengambil banyak pelajaran dari ilmu-ilmu yang disampaikan sejak awal MPLS, MPLP, dan Matrikulasi. Semuanya adalah materi bekal mulai pengenalan bagaimana profil siswa SMP IT Insan Permata Bojonegoro, agar bisa melaksanakan ibadah dengan benar, punya akhlak yang mulia, wawasan yang luas, serta disiplin.

"Alhamdulillah dalam dua pekan kemarin semuanya sudah kalian dapatkan, hari-hari ke depan kalian bisa melaksanakan bisa menerapkan itu dalam pembelajaran sehari-hari baik di sekolah maupun ketika berada di asrama. Peringatan tahun Baru Islam 1445 Hijriyah ini, kita semua bisa mengambil pelajaran dari peristiwa hijrahnya nabi Muhammad SAW Hijrah dari keburukan kepada kebaikan, berusaha untuk menghilangkan hal-hal yang buruk di masa lalu dan kita berusaha untuk menjadi manusia-manusia yang lebih baik, kalian harus semangat di dalam belajar semangat di dalam beribadah semangat dalam menimba ilmu semangat dalam memperbaiki diri nanti," urai Ustadzah Ratih, Kepala SMP IT Insan Permata Boarding School Bojonegoro.

Sekedar diketahui, dalam MPLS, MPLP, dan Matrikulasi SMP IT Insan Permata Bojonegoro, para siswa mulai kelas VII, VIII, dan IX mengikuti sejumlah agenda. Mulai dari Profil SMP IT kelas VII, wawasan keislaman (masa baligh), wawasan keislaman (adab), wawasan keislaman (Fadillah Sholat Sunnah dan Baca Al Qur'an), Matrikulasi tuntas matematika dasar, Matrikulasi tuntas Bahasa Inggris dasar, Kesamaptaan, PBB dan wawasan kebangsaan, ketrampilan keasramaan, Thoharah dan praktek wudhu, Rukyah syar'iyah, Pelatihan sholat khusuk, dan Puncak Character Building Training (CBT) 1. [feb/mu]

 

Tag : mpls, pentas seni



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat