18:00 . Nasdem Bojonegoro Buka Penjaringan Bacabup Pilkada 2024   |   17:00 . 40 Panwascam Pemilu di Bojonegoro Kembali Melenggang di Pilkada 2024   |   16:00 . Dorong Lansia Makin Sehat dan Aktif Pemkab Bojonegoro Launching ILP   |   15:00 . Asyik, Menikmati Secangkir Kopi dari Vespa Tua di Pinggir Sawah   |   19:00 . Taklukan Tri Brata Raflesia FC, Persibo Kembali Raih 3 Poin   |   17:00 . 592 Orang Daftar PPK Pilkada Bojonegoro 2024, Kebutuhan Hanya 140 Petugas   |   15:00 . Diperebutkan Ratusan Warga, Segini Gaji PPK Pilkada Bojonegoro 2024!   |   10:00 . Belajar, Pesan Penting Hardiknas Kini   |   20:00 . PKS Kantongi 3 Nama Bakal Calon Bupati, Satu Diantaranya Mantan Bupati Bojonegoro   |   18:00 . May Day, AJI Bojonegoro: Buruh Media Harus Berserikat   |   14:00 . EMCL Gandeng Ademos Kembangkan BUMDesMart di Desa Gayam   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Taklukan QDR Makassar 2-0 di Laga Perdana   |   16:00 . Pj Bupati Bojonegoro Luncurkan Layanan Primer (ILP) dan Lansia Sembada   |   14:00 . Terlanjur Hamil, Remaja di Bojonegoro Terpaksa Ajukan Diska.   |   12:00 . Begini Cerita Mahasiswa Unigoro Olah Pisang Ulin Lolos Pemuda Pelopor   |  
Fri, 03 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mahasiswa KKN -T Kelompok 16 Unigoro Berperan Aktif Bantu Kegiatan Posyandu Remaja

blokbojonegoro.com | Wednesday, 19 July 2023 21:00

Mahasiswa KKN -T Kelompok 16 Unigoro Berperan Aktif Bantu Kegiatan Posyandu Remaja

Pengirim: Siti Izza

blokBojonegoro.com – Sebagai bagian dari kegiatan pengabdian, tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) kelompok 16 Universitas Bojonegoro ikut serta dalam membantu kegiatan posyandu remeja sekaligus memberikan sosialisasi yang bertempat di Aula Balai Desa Tambakmerak, Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (19/7/2023). 

Posyandu remaja merupakan kegiatan berbasis kesehatan masyarakat khusus remaja, untuk memantau dan melibatkan mereka demi peningkatan kesehatan dan keterampilan hidup sehat secara berkesinambungan guna memberdayakan masyarakat sehingga mereka mendapatkan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

Kegiatan ini ditunjukan kepada remaja berusia 10 – 18 tahun ini bertujuan untuk menurunkan angka stunting yang masih tinggi di desa tambakmerak, tujuan posyandu ini untuk memeriksa atau memantau kesehatan secara berkala dan juga mengedukasi remaja untuk hidup sehat. Di awal kegiatan, peserta diberikan edukasi terkait dengan media sosial dan bullying yang disampaikan oleh Rio Candra Pratama, S.Psi., M.Psi..  

Sosialisasi ini penting bagi remaja sekarang karena bullying merupakan tindakan agresif yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang yang mentalnya lebih rendah atau down dengan tujuan untuk menyakiti secara fisik ataupun psikologisnya. Masa remaja juga merupakan masa dimana kondisi psikologis individu tidak stabil dan cenderung memiliki tingkat ego yang tinggi sehingga mereka rentan melakukan tindakan yang menyimpang untuk memenuhi keingginananya. 

Sunarti And.keb selaku bidan di puskesmas tambakmerak berharap agar remaja ini minimal terkontrol kesehatannya, sebenarnya walaupun mungkin sekedar BB, TB dan Lila itu untuk mengetahui tingkat gizi mereka. 

"Untuk anak-anak perempuan yang nanti nya menikah itu lilanya minimal harus 23,5 ini untuk memutuskan rantai stunting,” ungkapnya. 

Sedangkan Indonesia no 1 terpendek di dunia, itu di sebabkan nilai gizi yg rendah dan ibu yg kekurangan ( Lila nya kurang dari 23,5 ) berpotensi punya anak yg berat badan kurang dan pendek, sehingga yang pendek / kerdil / stunting bisa menyebabkan perkembangan otaknya kurang.

Kemudian peserta melakukan penimbangan berat badan, tinggi badan dan lingkar lengan atas (LILA). Posyandu remaja sudah dilakukan secara rutin tiap bulannya. Pelaksanaan posyandu berjalan dengan baik, para remaja yang ikut dalam posyandu ini sangat antuasias terlihat dari banyaknya peserta yang hadir. [ito]

 

 

 

 

 

 

 

 

Tag : Kkn t, Unigoro, Bojonegoro, tambakmerak, Kasiman



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat