23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

FKMB Mengajar Season 3 Bawa Nuansa Kreatifitas dan Pembelajaran Menyenangkan

blokbojonegoro.com | Thursday, 15 June 2023 10:00

FKMB Mengajar Season 3 Bawa Nuansa Kreatifitas dan Pembelajaran Menyenangkan

Pengirim: Annisa Alfatturohmi

blokBojonegoro.com - Para mahasiswa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) Unesa  sukses menyelenggarakan kegiatan FKMB Mengajar Season 3 di SDN Ngringinrejo 2, Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tanggal 29 hingga 31 Mei 2023 ini bertujuan untuk menerapkan konsep ACI (Active, Creative, Innovative) dalam membantu siswa membangun transisi literasi numerasi yang lebih baik.

Ketua Pelaksana FKMB mengajar, Dinda Zalsa Bella menjelaskan, untuk hari pertama kegiatan diisi dengan sesi pembelajaran akademik yang dikaitkan dengan materi yang telah diterima siswa dari guru-guru sebelumnya.

Namun, yang membedakan kegiatan ini adalah FKMB Mengajar menerapkan berbagai metode pembelajaran inovatif yang mereka pelajari selama kuliah. Metode pembelajaran tersebut dirancang untuk menarik minat siswa agar tidak cepat merasa bosan.

"Selain itu, FKMB Mengajar juga memberikan reward sederhana kepada siswa yang aktif berpartisipasi di kelas. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar siswa lainnya termotivasi untuk ikut serta secara aktif dalam proses pembelajaran," ungkap dara yang mengambil Jurusan Pendidikan IPS.

Selama kegiatan belajar mengajar, kata Dinda, siswa juga diajak untuk melakukan ice breaking di sela-sela sesi pembelajaran agar tetap segar dan tidak merasa jenuh. Selain itu, materi yang disampaikan oleh FKMB Mengajar juga diselingi dengan bermain beberapa permainan kecil yang menekankan nilai literasi dan numerasi.

"Hal ini bertujuan agar materi yang disampaikan dapat dengan mudah diterima oleh siswa. Tidak lupa, hari pertama ditutup dengan doa bersama dan foto bersama untuk mengabadikan momen berharga tersebut," jelas Mahasiswai Semester 4 ini.

Selanjutnya pada hari kedua, FKMB Mengajar mengajak siswa untuk meningkatkan kreativitas mereka dengan membuat berbagai kerajinan tangan sederhana menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan, seperti kertas origami.

Siswa diajak untuk membuat berbagai bentuk dan desain menarik dengan menggunakan teknik origami. Hasil kerajinan mereka kemudian dipajang dengan bangga di dalam kelas masing-masing, sebagai bentuk apresiasi terhadap kreativitas dan kerja keras mereka.

Masih kata Dinda Zalsa Bella, di hari terakhir suasana semakin memanas dengan adanya kegiatan outbond yang dilaksanakan di lapangan yang berjarak sekitar 300 meter dari SDN Ngringinrejo 2.

Sebelum berangkat ke lapangan, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang dipandu oleh dua panitia yang bertugas dalam setiap kelompok. Setiap kelompok diberi tugas untuk memilih nama hewan sebagai nama kelompok mereka dan membuat jargon yang kreatif.

"Sebelum berangkat menuju lapangan, setiap kelompok dengan penuh semangat meneriakkan jargon mereka sebagai tanda persatuan dan semangat dalam kegiatan outbond. Kemudian, setiap kelompok berjalan menuju lapangan dengan arahan dari kakak pemandu," kata Dinda menceritakan kegiatan menarik FKMB Mengajar.

Menurut ketua Ketua Pelaksana FKMB mengajar, kegiatan  FKMB Mengajar Season 3 pada tahun 2023 ini diharapkan bisa memberi pengalaman berharga bagi siswa SDN Ngringinrejo 2 dalam membangun literasi numerasi mereka dengan cara yang menyenangkan dan inovatif.

Melalui pendekatan yang aktif, kreatif, dan inovatif, siswa diberikan kesempatan untuk belajar dengan cara yang lebih menarik dan bermakna. FKMB Mengajar juga turut mengapresiasi kreativitas siswa melalui pembuatan kerajinan tangan yang dipajang di kelas. "Selain itu, kegiatan outbond di hari terakhir memberikan pengalaman berharga di luar ruangan yang dapat meningkatkan semangat kerja sama dan persatuan siswa," jelasnya.

"Semoga kegiatan FKMB Mengajar ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam pembangunan literasi numerasi siswa di Bojonegoro. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus diadakan untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam bidang literasi numerasi serta memberikan pengalaman yang tak terlupakan," doa Ketua Pelaksana FKMB mengajar Dinda Zalsa Bella yang diamini teman-temannya.

Dava siswa Kelas 6 SDN Ngringinrejo 2 mengatakan rasa senangnya saat ada FKM Mengajar meski dirasa sangat singkat hal itu baginya sangat berkesan. "Seneng sih kak tiga hari ditemani belajar walaupun singkat kalau kegiatan  menyenangkan seperti ini pengen terus rasanya," ucap Dava yang ingin terus belajar.

"Baik-baik kakak-kakaknya, senang belajarnya, tapi cuman sebentar doang jadinya gimana gitu, kurang panjang waktunya," tutup Titin kelas  6. [mu]

 

 

Tag : fkmb mengajar, mahasiswa, unesa, sd, outbond



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat