11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Siapkan Peserta Didik-Guru Cakap Menulis, MTs Ulul Albab Plesungan Gelar Pelatihan Menulis

blokbojonegoro.com | Wednesday, 11 January 2023 20:00

Siapkan Peserta Didik-Guru Cakap Menulis, MTs Ulul Albab Plesungan Gelar Pelatihan Menulis

Peliput: Putri Eka NS *

blokBojonegoro.com - “Dengan membaca surat Al-Fatihan, acara pelatihan menulis artikel untuk peserta didik dan guru ini resmi dibuka.” Itulah petikan sambutan Kepala MTs Ulul Albab Moch. Alimi, saat membuka pelatihan menulis di sekolah, Selasa (10/1/23).

Alimi, Kepala MTs Ulul Albab yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 353 Plesungan, Kapas, Bojonegoro dalam sambutannya menyampaikan, tujuan diadakan pelatihan penulisan artikel kepada peserta didik dan guru sebagai upaya mendukung program pemerintah dibidang literasi menulis.

“Agar anak dan guru cakap menulis, maka pelatihan ini diadakan guna mendukung program literasi baca tulis dari pemerintah,” ungkapnya.

Ia juga menambah, bila pada pelatihan tersebut dikuti oleh 70 peserta didik dan 36 guru dari MTs, MI, dan KB-TK Ulul Albab dan dibagi dua sesi. Pukul 08.30 WIB untuk siswa dan pukul 10.30 WIB untuk dewan guru.

“Siswa yang ikut dipelatihan ini ada 70. Adapun guru ada 36 dari jenjang MTs, MI, dan KB-TK Ulul Albab yang terbagi dalam dua sesi,” imbuhnya.

Di akhir sambutan, Alimi juga mengingatkan kepada peserta didik untuk bersungguh-sungguh mengikuti acara pelatihan menulis artikel. Terlebih, kegiatan tersebut kategori baru bagi anak-anak. Terlebih pasca pelatihan, mereka diminta mengamalkan dengan menulis agar bisa dipetik buahnya.

“Tolong setelah pelatihan, amalkan dengan menulis. Sebab, al-'Ilmu bila ‘amalin kassyajari bila tsamarin. Ilmu yang tidak diamalkan itu bagai pohon yang tidak berbuah” pungkasnya.

Selaku pemateri, Usman Roin yang merupakan Dosen Prodi PAI Unugiri dan penulis produktif 91 artikel publis di media cetak sejak 2012-2022, serta 63 artikel publis di media online sejak 2017-2022 memaparkan bila menulis baginya adalah seni mengomunikasikan apa yang ada di pikiran berwujud tulisan.

“Menulis itu mengalirkan apa yang ada di otak dengan menulis,” paparnya.

Secara detail, Usman yang dibantu M. Ainun Najib dan Putri Eka NS yang merupakan mahasiswa Prodi PAI menyampaikan mulai dari sistematika pengertian artikel, lalu alasan kenapa peserta didik dan guru perlu menulis artikel, ragam aplikasi gadget yang mudah digunakan menulis, strategi menulis artikel, hingga anatomi tulisan artikel dari awal hingga akhir.

Pasca pelatihan, peserta didik diminta untuk praktek menulis. Adapun, guru membuat tema tulisan artikel yang kemudian mendapat masukan dari narasumber hal apa saja yang ditulis.

*Penulis adalah Mahasiswi Prodi PAI Unugiri.

Tag : mts, ulul albab, plesungan, kapas, bojonegoro, unugiri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat