17:00 . Begini Proses Pembuatan Lagunya Sheva Berjudul Kecewa   |   16:00 . Lagu Karya Anak Bojonegoro ini Bisa Dibeli dan Didengarkan di Toko Online Seluruh Dunia   |   10:00 . Berikan Kejutan, PWI Bojonegoro Ucapkan Selamat Ulang Tahun Bupati Anna   |   08:00 . PWI Bojonegoro Gowes Bersama Forkopimda dan Mitra   |   19:00 . Baru Sebulan 42 Remaja di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   18:00 . Setahun, 527 ABG di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   17:00 . Paman: Korban Tiap Main, Selalu Mandi di Sungai   |   16:00 . Jenazah Mrs. X Ditemukan Mengapung di Bengawan Solo   |   15:00 . Mahasiswa Kampus Ungu Hasilkan Ratusan Media Penyuluhan Edukatif, ini Kuncinya...   |   14:30 . EMCL Raih 4 Penghargaan dari Kemendes RI   |   14:00 . Aliran Sungai Pacal Semakin Deras, Pencarian Hari Kedua Terhambat   |   13:00 . Abdullah Umar: Gedung Baru DPRD Upaya Optimalisasi Pelaksanaan Tugas   |   12:00 . Bupati Anna Mu'awanah Resmikan Gedung DPRD Bojonegoro   |   08:00 . Sediakan TPS Khusus untuk Sampah Pasar, Malah Dirusuhi Warga Luar   |   21:00 . Khidmat Kiai, Pagar Nusa Bojonegoro Doa Bersama Jelang 1 Abad NU   |  
Fri, 03 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mahasiswa PMM UMM Memberikan Edukasi Mengenai Digital Marketing untuk UMKM Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Wednesday, 07 September 2022 19:00

Mahasiswa PMM UMM Memberikan Edukasi Mengenai Digital Marketing untuk UMKM Bojonegoro

Reporter: Rizki Nurdiansyah

blokBojonegoro.com - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Gelombang 7 Kelompok 81, Kelompok yang dibimbing oleh Luqman Dzul Hilmi, S.E., M.BA, melaksanakan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Kabupaten Bojonegoro.

Dalam kegiatan ini, Asmaul Kollifah salah anggota dari kelompok 81 memberikan edukasi tentang digital marketing kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) guna meningkatkan penghasilan melalui penjualan online.

Tedapat 3 UMKM yaitu warung tepi sawah selaku pemilik usaha gorengan, warung pojok selaku pemilik usaha miniman kopi, serta Es Tebu Segar selaku pemilik usaha minuman es tebu yang diberikan pelatihan tentang bagaimana penggunaan media sosial sebagai media promosi yang menarik. Hal ini, dikarenakan diantara ketiganya masih belum memanfaatkan media sosial sebagai sarana penjualan online, tidak hanya memberikan edukasi tentang digital marketing akan tetapi serta ikut membantu untuk memberikan logo dan banner sebagai identitas UMKM tersebut.

Menurut Asmaul Kollifah sendiri tujuan dari adanya kegiatan mengedukasi tentang digital marketing untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan cara menggunakan teknologi digital dalam rangka memasarkan produknya dalam rangka meningkatkan penjualan.

"Sehingga produk dapat dikenal dan dijangkau masyarakat luas. Dan juga menjadi Inovasi dan Motivasi bagi Usaha berskala Kecil dan Menengah yang ada di Bojonegoro. Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan sektor perekonomian masyarakat setempat," ungkapnya.

Dengan memanfaatkan media social para pelaku UMKM dapat memberikan informasi kepada konsumen dengan lebih mudah, sebagai alat dalam berkomunikasi serta dapat meningkatkan brand awareness konsumen.

“Sebelumnya belum ada kepikiran untuk melakukan penjualan di sosial media, tapi setelah banyak sharing tentang digital marketing ini akhirnya saya menyadari, ternyata harus bisa memanfaatkan media sosial, karena memang zaman sekarang kan apa apa menggunakan sosmed” kata Sungkono selaku pemilik UMKM Es Tebu Seger

Pelaksanaan PMM kelompok 81 atau tim Conus Project 81 ini tidak hanya berada di bojonegoro (Jawa Timur) melainkan ada dibeberapa tempat yaitu di Sangatta (Kalimantan Timur), Palu ( Sulawesi Tengah, Sampi dan Buntok (Kalimantan Tengah), kegiatan PMM ini dilaksanakan dari tanggal 22 Agustus dan mendaptkan antusiasme para pelaku UMKM, serangkaian kegiatan ini dilakukan sendiri oleh tim Conus Project 81 mulai dari edukasi kepada pemilik UMKM sampai dari pembuatan design logo dan banner.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM)  ini adalah untuk menngaplikasikan Hilirisasi Hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Tag : umm, malang, umkm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more