16:00 . BMKG Juanda: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang   |   15:00 . BPBD Jatim Beberkan Potensi Daerah Rawan Bencana, Termasuk Bojonegoro   |   13:00 . Jalan Darurat Jembatan Kedungjati Kembali Dibuka   |   12:00 . Bupati Bojonegoro Bersama Sekretaris Utama BMKG Tandatangani MoU Mitigasi Bencana   |   07:00 . Tak Perlu Tunggu Tua, Begini Cara Cegah Nyeri Sendi Sejak Muda   |   19:00 . Tren Hijab Segi Empat dan Pashmina Warna Pastel Jadi Idola   |   18:00 . Peringati Hari AIDS, STIKes Rajekwesi Edukasi Masyarakat   |   17:00 . Siapkan Atlet Muda, Igornas Jatim Gelar Balap Sepeda di Bojonegoro   |   15:00 . Damisda Buat Program Pemkab Lebih Terukur   |   14:00 . Berikut Para Juara Lomba pada Gebyar PAI SMA   |   13:00 . MGMP PAI Bojonegoro Gali Minat dan Bakat Siswa Melalui Lomba   |   11:00 . SMP Negeri 1 Kapas Terapkan Program Desasari   |   08:00 . Efek Kepak Sayap Kupu-Kupu   |   17:00 . Akibat Luapan Kali Pacal, Jembatan Penghubung di Sidobandung Ambruk   |   16:00 . BKC Bersama Pemuda Tlogohaji, dan Babinsa Sinergi Perbaiki Rumah Mbah Urip   |  
Tue, 06 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hadirkan Ilham Sang Juara, KKN STEBI Al-Rosyid Gelar Seminar Manajemen Pemasaran dan Digital Marketing

blokbojonegoro.com | Monday, 22 August 2022 10:00

Hadirkan Ilham Sang Juara, KKN STEBI Al-Rosyid Gelar Seminar Manajemen Pemasaran dan Digital Marketing

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Dalam mengembangkan manajemen pemasaran dan digital marketing pada usaha mikro kecil menengah (UMKM), mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Islam (STEBI) Al-Rosyid Bojonegoro mengadakan seminar, Minggu (21/8/2022) di balai Desa Miyono, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro.

Acara yang diikuti oleh pelaku usaha di 3 desa, baik yang ada di Desa Miyono, Desa Sekar dan Desa Bareng ini dikemas sederhana, dengan menghadirkan Moh. Ilham,  yang biasa dikenal 'Ilham Sang Juara' Founder Komunitas Sang Juara dan salah satu Dosen di Fakultas Dakwah UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ketua pelaksana, M. Farih Rohman Hadi, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja dari teman-teman mahasiswa KKN STEBI Al-Rosyid Bojonegoro, setelah mengidentifikasi potensi yang ada di beberapa desa di Kecamatan Sekar.

"Banyak usaha kecil menengah di wilayah kecamatan Sekar, tapi pemasarannya belum tembus ke luar kecamatan atau kabupaten lainnya. Maka dari itu, kami membantu untuk membranding setiap produk lokal dalam pemasarannya," katanya.

Sedangkan, Yasdi selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) menyampaikan, dalam KKN mahasiswa harus belajar berprilaku pada warga sekitar, karena KKN adalah bentuk pengabdian. Dengan demikian mahasiswa harus bisa berbaur dengan warga serta mengidentifikasi potensi apa yang ada di wilayah tersebut.

"Apalagi kampus STEBI Al-Rosyid Bojonegoro ini konsentrasinya di ekonomi. Harus ada produk UMKM di wilayah Kecamatan Sekar yang dikenal dan pemasaran kalau bisa harus sudah nasional," ujarnya.

Ia juga menambahkan, manajemen pemasaran dari setelah identifikasi para pelaku ekonomi ini. Produk yang tidak dikenal di luar kecamatan, biarkan teman-teman mahasiswa KKN STEBI Al-Rosyid ini membantu mengenalkan secara luas, apalagi sekarang sudah di era digitalisasi.

Sementara itu, Moh. Ilham, selaku narasumber menyampaikan beberapa trik, agar usaha atau bisnis yang kita jalani biasa sukses. Salah satunya adalah harus berani gila, mencotoh semangat guru-guru kita, serta berani percaya diri dengan bisnisnya sendiri.

"Memang, kita harus gila, gila produktif dalam ber-inovasi. UMKM biasanya dikenal dengan usaha mikro kecil menengah, kita harus berani mengubahnya menjadi usaha mikro kecil miliaran," tandasnya. [lin/mu]

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

 

Tag : kuliah kerja nyata (KKN), Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Islam (STEBI) Al-Rosyid Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat