08:00 . Heboh, Polsek Kedungadem Sulap Mobil Patroli Jadi Kendaraan Baksos Sayur Gratis   |   22:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Mayat Wanita di Persawahan   |   18:00 . Lebaran 2024, BI Siapkan Rp 197,6 Triliun Uang Tunai   |   17:00 . Dokter Muda di Bojonegoro Meninggal Usai Kecelakaan dengan Pikap   |   15:00 . BUMDes Mekar Bimo Ngunut Suplai Air Bersih Bagi Ratusan KK   |   13:00 . Kurang Konsentrasi, Tiga Truk Terlibat Laka Beruntun di Bojonegoro   |   19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |   11:00 . Bhakti Masyarakat Mahasiswa FKMB UIN Sunan Ampel Surabaya   |   09:00 . Ada Polisi, Balap Liar Ngumpet di Kuburan   |  
Wed, 28 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hadirkan Ilham Sang Juara, KKN STEBI Al-Rosyid Gelar Seminar Manajemen Pemasaran dan Digital Marketing

blokbojonegoro.com | Monday, 22 August 2022 10:00

Hadirkan Ilham Sang Juara, KKN STEBI Al-Rosyid Gelar Seminar Manajemen Pemasaran dan Digital Marketing

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Dalam mengembangkan manajemen pemasaran dan digital marketing pada usaha mikro kecil menengah (UMKM), mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Islam (STEBI) Al-Rosyid Bojonegoro mengadakan seminar, Minggu (21/8/2022) di balai Desa Miyono, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro.

Acara yang diikuti oleh pelaku usaha di 3 desa, baik yang ada di Desa Miyono, Desa Sekar dan Desa Bareng ini dikemas sederhana, dengan menghadirkan Moh. Ilham,  yang biasa dikenal 'Ilham Sang Juara' Founder Komunitas Sang Juara dan salah satu Dosen di Fakultas Dakwah UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ketua pelaksana, M. Farih Rohman Hadi, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja dari teman-teman mahasiswa KKN STEBI Al-Rosyid Bojonegoro, setelah mengidentifikasi potensi yang ada di beberapa desa di Kecamatan Sekar.

"Banyak usaha kecil menengah di wilayah kecamatan Sekar, tapi pemasarannya belum tembus ke luar kecamatan atau kabupaten lainnya. Maka dari itu, kami membantu untuk membranding setiap produk lokal dalam pemasarannya," katanya.

Sedangkan, Yasdi selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) menyampaikan, dalam KKN mahasiswa harus belajar berprilaku pada warga sekitar, karena KKN adalah bentuk pengabdian. Dengan demikian mahasiswa harus bisa berbaur dengan warga serta mengidentifikasi potensi apa yang ada di wilayah tersebut.

"Apalagi kampus STEBI Al-Rosyid Bojonegoro ini konsentrasinya di ekonomi. Harus ada produk UMKM di wilayah Kecamatan Sekar yang dikenal dan pemasaran kalau bisa harus sudah nasional," ujarnya.

Ia juga menambahkan, manajemen pemasaran dari setelah identifikasi para pelaku ekonomi ini. Produk yang tidak dikenal di luar kecamatan, biarkan teman-teman mahasiswa KKN STEBI Al-Rosyid ini membantu mengenalkan secara luas, apalagi sekarang sudah di era digitalisasi.

Sementara itu, Moh. Ilham, selaku narasumber menyampaikan beberapa trik, agar usaha atau bisnis yang kita jalani biasa sukses. Salah satunya adalah harus berani gila, mencotoh semangat guru-guru kita, serta berani percaya diri dengan bisnisnya sendiri.

"Memang, kita harus gila, gila produktif dalam ber-inovasi. UMKM biasanya dikenal dengan usaha mikro kecil menengah, kita harus berani mengubahnya menjadi usaha mikro kecil miliaran," tandasnya. [lin/mu]

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

 

Tag : kuliah kerja nyata (KKN), Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Islam (STEBI) Al-Rosyid Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat