20:00 . Pengurus Perkumpulan Jamaah Tahlil Perempuan di Bojonegoro Resmi Dilantik   |   19:00 . Gandeng Lakpesdam NU, Kominfo Dorong Masyarakat Cakap Literasi Digital   |   18:00 . Buruh Aksi di Gubernuran, Ini Hasil Audiensi RTMM SPSI dengan Para Stakeholder Pemprov Jatim   |   17:00 . Makam Diduga untuk Ritual Pesugihan Dibongkar, Isinya Mengejutkan   |   16:00 . 295 WBP Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan, 6 Napi Langsung Bebas   |   15:00 . DWP Kemenag Bojonegoro Gelar Deteksi Dini IVA Test dan Sadanis Gratis   |   13:00 . 49 SMA di Bojonegoro Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka   |   09:00 . Penemuan Makam di Tengah Hutan   |   08:00 . Hilang STNK NoPol S-3124-DG   |   07:00 . Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak   |   20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kolaborasi KKN Unigoro Dengan Unirow Tingkatan Kualitas SDM UMKM Melati 

blokbojonegoro.com | Friday, 05 August 2022 11:00

Kolaborasi KKN Unigoro Dengan Unirow Tingkatan Kualitas SDM UMKM Melati 

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, Universitas Bojonegoro (Unigoro) melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan ini berlangsung selama 1 bulan, yakni pada tanggal 18 Juli hingga 18 Agustus 2022. 

Yang menarik, kali ini KKN Unigoro tak sendirian, namun bersamaan dengan KKN Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban yang sekaligus berkolaborasi.

Tujuan dari kolaborasi KKN ini yaitu untuk menjalin komunikasi dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam berkolaborasi dengan lintas perguruan tinggi di lokasi program kegiatan yang telah ditentukan. Yang mana, KKN Unigoro mengambil fokus utama mengenai pendampingan UMKM dan program tambahan mengenai pengabdian kepada masyarakat.

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan wadah bagi para pemilik usaha yang bertujuan untuk meningkatkan serta mengembangkan usaha. UMKM yang terpilih untuk mendapat pendampingan adalah UMKM Melati.

UMKM Melati merupakan UMKM yang berdiri sejak tahun 2010 dan belum memiliki izin usaha dan pemasarannya belum meluas. UMKM yang berada di Desa Wukirharjo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban ini memproduksi berbagai macam olahan keripik.

"Produk UMKM Melati adalah olahan keripik, seperti keripik singkong, tela, mbote, pisang, sukun, rempeyek dan juga kerupuk rambak," ucap Anang Bayu Wicaksono, selaku ketua kelompok 25 KKN Universitas Bojonegoro.

Dijelaskan lagi, pendampingan UMKM yang dilakukan oleh kelompok 25 KKN Universitas Bojonegoro berfokus mengenai Legalitas Usaha, Digital Marketing, Efisiensi Produksi dan yang tak kalah penting adalah Pengembangan Sumber Daya Manusia di UMKM tersebut. 

"Empat point tersebut merupakan fokus utama yang dilakukan dalam pendampingan UMKM Melati. Dan saat ini program tersebut sudah terlaksana dengan baik. Dari pembaharuan, packaging, hingga legalitas merek dagang," lengkapnya kepada blokBojonegoro.com, Jumat (5/8/2022).

Sementara itu, Bu Winarti selaku pemilik usaha mengucapkan terima kasih atas bantuan dari kelompok KKN 25 Universitas Bojonegoro karena telah membantu mendampingi usaha UMKM.

"Saya juga merasa terbantu atas program KKN ini," kata Bu Winarti. [feb/mu]

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

 

 

Tag : Kkn, mahasiswa, unirow, unigoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat