12:00 . Mulai Juli Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan di 461 Sekolah Bojonegoro   |   10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |   19:00 . Serap Aspirasi, Bupati Anna Diskusi Langsung dengan BEM dan Ormawa   |   18:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Melakukan Rekayasa Lalin di Jembatan Glendeng   |   17:00 . Presiden Joko Widodo Ajak Masyarakat Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri   |   16:00 . Akses Jembatan Glendeng Sudah Ditutup, Masih Ada Pengguna Jalan yang Nyelonong   |   15:00 . Satu Data Bojonegoro Bisa Menjadi Rujukan Jurnalis dan Peneliti   |   13:00 . Channel Kisah Tanah Jawa Kuak Sejarah dan Kemistisan Jembatan Kaliketek   |   09:00 . Semua Di-handle Teknologi, Tugas Pelajar Apa?   |   07:00 . 4 Manfaat Jika Kita Peduli Terhadap Keadaan Orang Lain   |   23:00 . Diduga Ngantuk Saat Hujan Deras, Sopir Truk Tabrak Portal Jalan   |  
Sun, 22 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Optimalkan Sektor Pertanian Desa, Mahasiswa KKN UNUGIRI Gandeng Disperta

blokbojonegoro.com | Thursday, 17 February 2022 08:00

Optimalkan Sektor Pertanian Desa, Mahasiswa KKN UNUGIRI Gandeng Disperta

Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 14 Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) yang ada di Desa Kemamang, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, mengadakan Dialog dan Workshop Pertanian dengan mengusung tema 'Praktik Pemanfaatan Limbah Sekam untuk Pupuk Organik dan Optimalisasi Sektor Pertanian', Rabu (16/2/2022).

Pelatihan yang diselenggarakan di Balai Desa Kemamang itu dihadiri Kepala Desa Kemamang dan jajarannya serta Perwakilan Dinas Pertanian (Disperta) Bojonegoro.

Kepala Desa Kemamang, Husnul Khotimah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa KKN dalam upaya membantu mengembangkan sektor pertanian desa dalam bidang pupuk.

"Saya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para Mahasiswa KKN UNUGIRI yang bisa mengadakan workshop pertanian tentang pemanfaatan limbah sekam menjadi pupuk organik. InsyaAllah hal ini akan bermanfaat untuk Warga Desa Kemamang khususnya para petani." ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KKN kelompok 14 UNUGIRI, Khanif Ibrahim berterimakasih kepada perangkat desa dan Dinas Pertanian Bojonegoro atas dukungan sehingga terselenggara workshop pemanfaatan limbah sekam.

"Saya dan teman-teman mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Ibu Kepala Desa dan jajarannya serta Dinas Pertanian yang telah mendukung terselenggaranya acara ini," ucap khanif.

Adapun tujuan mengadakan workshop dan dialog pertanian ini tidak lain untuk membantu optimalisasi pertanian khususnya warga Desa Kemamang melalui pemanfaatan limbah sekam menjadi pupuk organik dengan tujuan menjadi jalan keluar di tengah melambungnya harga pupuk saat ini.

Pembuatan pupuk organik dari sekam bakar merupakan inovasi terkini yang dikembangkan oleh mahasiswa KKN kelompok 14.

Adapun cara pembuatan pupuk organik dari sekam bakar disampaikan oleh pemateri yaitu Abdul Mukarom yang merupakan petani terbaik se Bojonegoro. Kemudian untuk dialog pertanian dipandu oleh Qomarudin yang merupakan aktivis pertanian dan yang kedua diisi oleh Iskak Riyanto, yang merupakan penyuluh pertanian Kecamatan Balen. [riz/mu]

Tag : kkn, mahasiswa, unugiri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat